Scroll untuk membaca artikel
Kamis, 05 Januari 2023 | 08:06 WIB

Kemenperin Sebut 88 Startup IKM Tumbuh di 2022

ARR Vaujie M
Kemenperin Sebut 88 Startup IKM Tumbuh di 2022
IKM Tekstil di Majalaya (Ayobandung.com)

TANTRUM - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengklaim telah melatih ribuan wirausaha baru sepanjang tahun 2022 melalui berbagai program untuk meningkatkan populasi wirausaha di Indonesia.

Keberadaan wirausaha baru di sektor industri kecil dan menengah memiliki peranan yang penting dalam memperkuat perekonomian nasional, terutama dalam perluasan kesempatan berusaha dan bekerja hingga ke pelosok daerah.

"Sampai triwulan III tahun 2022, kami telah melatih sebanyak 17.763 wirausaha baru, meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 8.019 wirausaha baru," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Reni Yanita.

Kementerian Perindustrian juga memfasilitasi sebanyak 6.235 wirausaha baru untuk mendapatkan legalitas usaha. Angka itu meningkat dari tahun 2021 yang hanya sebanyak 5.330 wirausaha baru.

Baca Juga:Hati-Hati, Inilah 5 Tanda Kamu sedang Dimanipulasi oleh Pasangan

Dalam program tersebut, pemerintah memberikan bimbingan teknis serta fasilitasi mesin atau peralatan produksi.

Reni berharap fasilitas itu dapat mendorong wirausaha industri kecil dan menengah di lingkungan pondok pesantren dalam upaya menciptakan lapangan kerja baru dan turut mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Kami juga fokus mendorong wirausaha yang telah menjalankan bisnisnya agar terus tumbuh dan berkembang melalui program akselerasi bisnis teknologi," ujarnya.

Ia memaparkan, program itu sejalan dengan program Making Indonesia 4.0 melalui penumbuhan dan pengembangan industri kecil dan menengah startup berbasis teknologi, yaitu wirausaha yang mengedepankan inovasi produk dan pemanfaatan teknologi dalam proses bisnis mereka.

Sampai Desember 2022, Kementerian Perindustrian telah menumbuhkan startup industri kecil dan menengah berbasis teknologi melalui program Indonesia Food Innovation (IFI), Startup4Industry, Bali Creative Industry Center (BCIC) dengan program Creative Business Incubator (CBI), serta Inkubator Bisnis Teknologi Alas Kaki yang dilaksanakan oleh Balai Pemberdayaan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) di Sidoarjo.

Baca Juga:Sepasang Kekasih Tewas Di Apartemen Balleys City Hotel OYO Ciputat, Ditemukan Saling Berpegangan Tangan

"Tercatat sebanyak 88 startup industri kecil dan menengah tumbuh pada tahun 2022, meningkat dibandingkan tahun 2021 hanya 54 startup industri kecil dan menengah," kata Reni

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Korporasi

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda