Ada Laptop 16 Inci Teringan di Dunia! Acer Swift Edge

Acer baru saja meluncurkan laptop dengan layar OLED, salah satunya adalah Acer Swift Edge

ARR Vaujie M
Minggu, 16 Oktober 2022 | 10:15 WIB
Ada Laptop 16 Inci Teringan di Dunia! Acer Swift Edge
Acer Swift Edge (Acer)

TANTRUM - Beberapa hari yang lalu Acer telah meluncurkan laptop dengan teknologi panel layar OLED yang masuk ke dalam anggota keluarga Swift. Salah satu dari laptop berlayar OLED tersebut adalah Acer Swift Edge.

Perangkat ini diklaim sebagai laptop 16 inci yang paling ringan di dunia, karena hanya memiliki berat 1,1 kg. Dengan demikian, cocok untuk mendukung aktivitas pekerja yang mobile.

Seperti yang kita ketahui. Layar OLED memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan panel layar LCD biasa. Layar OLED memiliki warna yang lebih pekat dengan kontras yang lebih tinggi.

Berbeda dengan layar LCD, layar OLED tidak memerlukan penerangan latar tambahan, yang biasanya menggunakan lampu LED.

Baca Juga:8 Film Horor Tanpa Hantu Tapi Tetap Mengerikan

Artinya, OLED memiliki masing-masing piksel yang menyala sendiri yang berujung pada efisiensi energi yang lebih tinggi karena hanya mengaktifkan piksel yang dibutuhkan.

Bezel dari Acer Swift Edge memiliki ukuran sangat tipis, dengan demikian diberi nama Swift ‘Edge’ yang berarti layarnya memiliki bentang “dari tepi ke tepi” kata pihak Acer.

Biasanya laptop 16 inci cenderung memiliki bobot yang cukup berat dan menyasar kepada konten kreator dan gamer.

Namun, laptop flagship dari keluarga Acer Swift ini hadir untuk para pekerja bisnis mobile yang menginginkan laptop layar besar tetapi dengan dimensi yang ringan.

Meskipun layarnya memiliki ukuran yang tidak biasa (yang mana laptop kelas bisnis biasanya menawarkan ukuran 13 inci atau 14 inci), tetapi desain laptop 16 inci ini terlihat seperti ukuran laptop berlayar 14 atau 15 inci. Bahkan, laptop ini akan mudah dimasukkan ke dalam tas ransel dengan ukuran standar.

Baca Juga:Awas! Potensi Hujan di 21 Daerah Jawa Barat

Meskipun layarnya tidak menggunakan lapisan anti-glare, tetapi karena memiliki kecerahan yang cukup tinggi (500 nit) jadi tidak ada gangguan refleksi dari pencahayaan sekitar.

Tentu saja layar ini memiliki bidang pandang yang sangat lebar, sehingga warna tidak akan pudar meski dilihat dari samping.

Resolusi yang dimiliki layar ini adalah 4K (3.840 x 2.400 piksel). Dengan demikian, menurut Acer, akan memiliki kerapatan piksel yang tinggi meski layarnya besar.

Ada pula sertifikasi TÜV Rheinland Eyesafe yang berguna untuk mengurangi paparan cahaya biru demi kesehatan mata.

Acer mengatakan, berkat sertifikasi tersebut, kualitas akurasi warna tetap akan tinggi meski sinar biru pada layar dikurangi.

Berbicara seputar akurasi warna, Acer Swift Edge memiliki color gamut DCI-P3 hingga 100%. Sedangkan contrast ratio yang dimilikinya adalah 1.000.000:1 yang disebut oleh acer dengan teknologi True Black.

Tidak ketinggalan pula response time 0,2 ms agar dapat meminimalisir gangguan blur [ada konten yang bergerak cepat.

Bodi dari laptop ini terbuat dari material magnesium-aluminium. Acer menyatakan bahwa bahan ini lebih ringan 12% dan 2 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan bahan alumunium biasa.

Seperti pada laptop kebanyakan, Swift Edge memiliki pijakan yang terbuat dari karet. Namun entah kenapa pijakan kaki pada laptop terbaru dari Acer ini agak terasa licin.

Dengan bobot hanya 1,1 kg, laptop 16 inci ini sangat mudah diangkat meskipun hanya menggunakan satu tangan. Cara membuka tutup laptop ini pun sangat praktis karena hanya membutuhkan satu tangan tanpa again bawah terangkat.

Pada bagian sisi kanan laptop saya melihat port audio 3,5 mm, USB 3.2 Gen 1 Type A. Sedangkan pada sisi kiri laptop terdapat port 2 USB Type-C , USB 3.2 Gen 1 Type A, dan HDMI 2.1.

Port ini terbilang lengkap dan cocok untuk menghubungkan perangkat untuk pendukung bisnis. Touchpad Swift Edge memiliki ukuran yang cukup besar. Acer menyatakan bagian ini dilengkapi dengan fitur bacterial sehingga aman digunakan.

Prosesor laptop Acer Swift Edge adalah AMD Ryzen 5 6600U yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 16 GB Dual Channel. Saat menjalankan Cinebench R20 pada laptop tersebut, dan ia berhasil mendapatkan angka 3.132 poin.

Sebagai catatan, saat menjalankan benchmark ini ketika laptop menggunakan baterai sumber dayanya. Oleh karena itu mungkin hasilnya akan berbeda ketika laptop dihubungkan ke sumber listrik langsung.

Acer mengatakan bahwa laptop OLED Swift Edge sudah tersedia di Indonesia pada bulan Oktober ini. Harga dari perangkat tersebut dimulai dari Rp 19.999.000.

source: Tek

Korporasi

Terkini

Sebab penerbitan SP3 tetap harus mengacu pada alasan yang diatur dalam Pasal 109 (2) KUHAP

Polhukam | 20:32 WIB

Negara-negara di Eropa sebagai wilayah manufaktur furnitur terbesar di dunia memainkan peran kunci dalam industri furnitur globa

Makro | 09:05 WIB

Pertemuan para pakar antariksa di kawasan Asia-Pasifik tersebut mengambil tema Accelerating Space Economies through Regional Partnership" atau Percepatan Ekonomi Antariksa melalui Kemitraan Regional.

Trand | 15:18 WIB

Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hadir memenuhi panggilan sebagai saksi dalam rangka pemeriksaan ini.

Polhukam | 15:08 WIB

Presiden juga meyakinkan, siapapun Presiden RI terpilih pada Pemilu 2024, investasi di IKN akan terus aman dan berlanjut.

Korporasi | 14:56 WIB

Masa jabatan pimpinan KPK selama lima tahun dinilai jauh lebih bermanfaat dan efisien jika disesuaikan dengan komisi independen lainnya.

Korporasi | 11:19 WIB

Foto tampilan pertama tersebut diumumkan Netflix pada Rabu melalui akun media sosial resminya.

Trand | 10:36 WIB

Substansi utama dari PP 26/2023 adalah untuk pengelolaan hasil sedimentasi atau pengendapan material di laut karena proses sedimentasi terjadi di hampir seluruh muara sungai

Makro | 10:24 WIB

Sejak dibentuk pada pertengahan 2021, Satgas BLBI telah melakukan berbagai upaya guna mengembalikan hak tagih negara,

Makro | 17:17 WIB

Danone juga harus bertanggungjawab ikut membersihkan lingkungan di seputaran fasilitas pengelolaan sampah plastik.

Korporasi | 14:12 WIB

Pembukaan blokade baru bisa dilakukan tadi malam karena harus menunggu penyelesaian administrasi.

Metropolitan | 04:09 WIB

Dua tersangka dalam kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang atau TPPO ditangkap di tempat terpisah.

Metropolitan | 21:59 WIB

Kongres pertama Majelis Amanah Persatuan Kaum Betaw atau MAPKB ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono secara virtual.

Metropolitan | 21:13 WIB

Polda Metro Jaya telah menetapkan kakak beradik kembar Rihana dan Rihani sebagai tersangka dalam kasus penipuan modus iPhone murah.

Metropolitan | 20:21 WIB

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan, pihaknya berwenang mendengar keterangan soal dugaan tersebut karena Ancol merupakan mitra Komisi B yang mengawasi BUMD.

Metropolitan | 19:27 WIB

Syahrini dan Reino Barack kena nyinyir warganet setelah membuat video gendong-gendongan di tengah guru pasir ketika liburan ke Dubai.

Gosip | 23:30 WIB

Video menampilkan wawancara yang diambil pada tahun 2011, saat Tasyi merilis album pertama dan terakhirnya.

Gosip | 23:05 WIB

Eva Manurung, ibu Virgoun mengeluh cerita soal uang bulanan dari Inara Rusli hanya Rp 2,7 juta selama menikah.

Gosip | 22:10 WIB

Dr Richard Lee tiba-tiba membuat konten soal tips tidak memberatkan asisten pribadi ketika membawa banyak barang, yang seolah menyindir Tasyi Athasyia.

Gosip | 21:54 WIB

Vicky mengaku sudah mengagumi sosok Marshanda sejak memerankan tokoh Lala dalam sinetron Bidadari.

Gosip | 21:10 WIB
Tampilkan lebih banyak