Generasi Kreatif yang Rentan Terluka, 5 Karakter Strawberry Generation

Strawberry terlihat cantik dan menyegarkan dari luar, tetapi lunak dan mudah hancur jika mendapat tekanan.

ARR Vaujie M
Jum'at, 23 September 2022 | 08:03 WIB
Generasi Kreatif yang Rentan Terluka, 5 Karakter Strawberry Generation
Ilustrasi buah strawberry (pixels)

TANTRUM - Sudah pernah dengar tentang strawberry generation? Belakangan ini, istilah tersebut sedang banyak diperbincangkan, terutama di media sosial. 

Istilah strawberry generation awalnya muncul di Taiwan untuk menggambarkan karakteristik anak-anak yang lahir di tahun 2000-an.

Saat pertama mendengar tentang strawberry generation Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa analoginya menggunakan buah strawberry? Alasannya, karena buah strawberry terlihat cantik dan menyegarkan dari luar, tetapi lunak dan mudah hancur jika mendapat tekanan.

Nah, berbagai sifat dari buah strawberry tersebut dianggap mirip dengan karakteristik anak-anak muda saat ini. 

Baca Juga:Belanda Berpesta di Kandang Tuan Rumah Polandia

Menurut dr. Merry Dame Cristy Pane dari laman Alodokter, dicuplik Jumat, 23 September 2022, generasi ini punya gagasan kreatif tetapi cenderung mudah menyerah dan lebih mudah sakit hati.

Karakteristik Strawberry Generation

Supaya lebih jelas, yuk simak beberapa karakteristik yang disebut-sebut mencerminkan strawberry generation:

1. Melek teknologi

Sebagai generasi yang dibesarkan pada era digitalisasi, anak-anak strawberry generation umumnya sangat melek teknologi, sekaligus pandai dalam memanfaatkannya.

Baca Juga:Kaki agar Cantik dan Cerah, Coba 10 Cara Mudah Ini

Hal tersebut membentuk generasi ini menjadi pribadi-pribadi yang berpikiran terbuka dan up to date terhadap perkembangan berita.

2. Kreatif

Rata-rata, anak-anak generasi stroberi sangat kreatif dan mampu berpikir out of the box. Kreativitas ini bisa dilihat dari banyaknya gagasan atau inovasi baru yang dilahirkan oleh anak-anak muda.

Punya kreativitas yang tinggi membuat anak-anak strawberry generation juga cenderung bersikap entrepreneurial dan tidak terlalu terpaku pada gaji tetap, jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.

3. Memiliki jaringan sosial yang luas

Lagi-lagi, berkat kemajuan teknologi, kini kita sudah lebih mudah terhubung dengan orang lain, misalnya lewat pesan teks, sambungan telepon, videocall, atau media sosial.

Itulah mengapa strawberry generation, yang umumnya sudah dibekali dengan kemajuan teknologi sejak kecil, bisa memiliki jaringan sosial yang lebih luas.

4. Mudah menyerah

Mudah menyerah dan lebih mudah sakit hati juga merupakan salah satu karakteristik utama strawberry generation. 

Ini karena strawberry generation jarang mendapat masalah atau tantangan yang bisa membuat mereka menjadi pribadi tangguh, mengingat generasi ini tumbuh besar di zaman serba mudah.

Selain itu, kebanyakan anak-anak generasi strawberry juga sering kali dimanja dan diberi perlindungan berlebih dari orang tuanya. 

Hal inilah yang membuat mereka tidak memiliki banyak kesempatan untuk mencari jalan keluar sendiri bagi masalah yang mereka temukan dalam hidup.

5. Rentan stres

Akses yang mudah terhadap informasi tak jarang juga membuat strawberry generation sering overthinking bahkan stres. 

Sebagai contoh, media sosial yang saat ini kerap menjadi tempat pamer, bisa memicu anak muda untuk membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain.

Selain itu, mudahnya akses informasi juga sering membuat anak-anak muda melakukan self-diagnosis dengan mencocok-cocokkan apa yang mereka lihat di internet dengan hal yang terjadi dalam hidupnya. Padahal, tidak semua yang terjadi oleh orang lain akan sama dengan kondisi yang kita alami.

Nah, itu dia beberapa karakteristik yang menonjol dari strawberry generation. Kalau Anda merasa termasuk ke dalam generasi tersebut, jangan khawatir, ya. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik di generasi ini.

Perubahan yang Perlu Dilakukan Strawberry Generation

Berikut ini adalah beberapa perubahan yang bisa dilakukan oleh anak-anak strawberry generation agar bisa menjadi generasi yang lebih tangguh dan unggul:

- Menerapkan pola pikir berkembang (growth mindset). Dengan pola pikir ini, anak-anak muda bisa terus terpacu untuk mengembangkan kemampuannya dan semakin berani menghadapi tantangan.

- Memahami bahwa kegagalan adalah hal normal yang pasti dialami oleh semua orang.

- Membiasakan diri untuk tidak menyerap mentah-mentah informasi yang baru didapat agar terhindar dari kebiasaan melakukan self-diagnosis.

- Meningkatkan literasi dari sumber-sumber informasi yang terpercaya.

- Melatih diri untuk mengelola stres dengan cara yang positif, misalnya berolahraga atau melakukan teknik relaksasi.

Untuk kamu yang ada di strawberry generation, yuk teruskan kreativitasmu dan lakukan cara di atas untuk membuat generasi ini menjadi lebih baik. 

Kalau saat ini kamu merasa sangat kesulitan dalam menghadapi beragam tantangan atau masalah dalam hidup, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog, ya.

Trand

Terkini

Mantan pemain Persib dan komunitas bobotoh menggelar doa bersama untuk korban tragedi Kanjuruhan, Malang. Legenda Persib, Djajang Nurjaman, juga hadir dalam doa bersama.

Polhukam | 20:16 WIB

Dari keenam tersangka tersebut, dua diantaranya polisi yang memerintahkan penembakan gas air mata untuk ke arah suporter Arema.

Polhukam | 15:51 WIB

Apple juga meminta pengguna itu untuk menandatangani sebuah dokumen yang menyatakan bahwa ia setuju untuk bungkam tanpa menceritakan kisahnya pada siapapun

Korporasi | 13:05 WIB

Motor jenis bobber ini dinamakan RKG 5000

Korporasi | 12:45 WIB

Tercatat, hingga 2 Oktober 2022, berdasarkan data LKPP, total ada 1,34 juta produk yang tayang di katalog elektronik dengan rincian 811.466 produk di e-katalog nasional

Korporasi | 11:51 WIB

Penawaran ini disampaikan oleh Sekertaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja

Makro | 11:31 WIB

Klaim itu dikatakan oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di sela acara West Java Investment Summit 2022

Makro | 10:25 WIB

Kementerian PUPR melakukan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai yang berada di sekitar kawasan Waduk Muara Nusa Dua.

Makro | 09:20 WIB

Jaminan itu disampaikan Wagub Jabar dalam WJIS 2022

Makro | 09:17 WIB

Java tea experience digelar oleh Pemerintah Jabar di ajang WJIS 2022

Polhukam | 08:31 WIB

Idris juga mengingatkan dengan tegas lembaga ataupun perusahaan untuk selalu memperhatikan bangunan mereka agar tidak terjadi peristiwa serupa.

Metropolitan | 16:08 WIB

Kabar duka datang dari MTsN 19 Jakarta di bilangan CIlandak, Jakarta Selatan. Tiga siswa meninggal dunia akibat tertimpa tembok sekolah yang roboh karena tergerus air banjir.

Metropolitan | 15:25 WIB

Penanganan banjir menjadi salah satu pekerjaan berat yang belum selesai dikerjakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Metropolitan | 13:05 WIB

pemberitahuan tilang hanya dikirimkan melalui pesan SMS dari sistem tilang elektronik, tidak melalui pesan WhatsApp

Metropolitan | 11:12 WIB

Pengusahan asal Batam yang dikenal sebagai Haji Permata tewas ditembak saat diburu tim Bea Cukai atas dugaan penyelundupan rokok ilegal

Metropolitan | 08:58 WIB

Denise Chariesta beropini cara Nikita Mirzani agar tetap populer adalah dengan mengomentari permasalahan orang lain.

Gosip | 23:10 WIB

Hasil visum KDRT Lesti Kejora juga jadi berita pilihan hari ini.

Gosip | 22:36 WIB

Kendati begitu, Baim Wong belakangan sadar apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan.

Gosip | 21:27 WIB

Perempuan berusia 26 tahun itu menceritakan pengalamannya terjun di industri porno tersebut dan mengaku masih kerap merasa takut.

Gosip | 20:50 WIB

Di momen lamaran, Jess No Limit memberikan kalung pada Sisca Kohl.

Gosip | 20:31 WIB
Tampilkan lebih banyak