Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik, Simak Penjelasannya

Konversi ke kompor listrik dapat menghemat energi sekitar Rp 8 ribu per kilogram elpiji

ARR Vaujie M
Kamis, 22 September 2022 | 14:08 WIB
Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik, Simak Penjelasannya
Ilustrasi memasak - Perbandingan Kompor Gas dan Kompor Listrik (Unplash/Stove)

TANTRUM - Rencana pemerintah untuk bekerja sama dengan PLN mengenai program transisi kompor gas LPG ke kompor listrik mendapat sambutan baik dari pihak PLN. 

Direktur PLN Darmawan Prasodjo mengatakan konversi ke kompor listrik dapat menghemat energi sekitar Rp 8 ribu per kilogram elpiji

"Tentu saja dengan adanya penghematan ini kita mengubah energi yang tadinya impor menjadi energi domestik," ujarnya dicuplik dari Tempo, Kamis, 22 September 2022.

PLN tidak sembarangan menyetujui karena mereka mengacu pada arahan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) beserta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengenai keseimbangan energi. 

Baca Juga:Gunakan Snapdragon 8+ Gen 1! Spesifikasi Xiaomi 12T Pro Bocor

Meskipun demikian, kompor listrik memiliki kelebihan dan kekurang yang dapat menjadi bahan pertimbangan, berikut penjelasannya. 

Kelebihan Kompor Listrik 

1. Masakan cepat matang 

Kompor listrik memiliki suhu panas yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kompor gas. Hal tersebut yang mengakibatkan masakan menjadi cepat matang. 

2. Suhu dapat diatur 

Baca Juga:Vaksin MVA-BN untuk Cacar Monyet, Ini Penjelasan IDI

Memasak membutuhkan trik agar hasil yang didapat sesuai dengan keinginan. Kompor listrik sendiri memiki fitur untuk mengatur suhu sehingga Anda bisa membuat kompor menjadi panas atau sedikit panas. 

3. Praktis

Berbeda dengan kompor gas yang harus mengganti tabung LPG setiap saat, kelebihan kompor listrik adalah penggunaanya yang praktis. 

4. Hemat energi 

Kompor listrik dinilai lebih hemat energi bila dibandingkan kompor gas. Pasalnya, kompor listrik tidak menggunakan gas yang diperoleh dari alam. Selain itu lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah.

Kekurangan kompor listrik 

1. Harganya mahal

Bila dibandingkan dengan kompor gas, harga kompor listrik memang lebih mahal. Harga kompor listrik pun disesuaikan dengan jumlah tungku pemasak. Semakin banyak tungku maka semakin mahal harganya. 

2. Listrik yang dikeluarkan tidak sedikit

Penggunaan kompor gas memang masih lebih murah bila dibandingkan kompor listrik. Hal ini dikarenakan kompor listrik membutuhkan daya listrik tinggi. 

Tak hanya itu, bila terjadi pemadaman listrik, kompor ini juga otomatis tidak dapat digunakan.

Trand

Terkini

Mantan pemain Persib dan komunitas bobotoh menggelar doa bersama untuk korban tragedi Kanjuruhan, Malang. Legenda Persib, Djajang Nurjaman, juga hadir dalam doa bersama.

Polhukam | 20:16 WIB

Dari keenam tersangka tersebut, dua diantaranya polisi yang memerintahkan penembakan gas air mata untuk ke arah suporter Arema.

Polhukam | 15:51 WIB

Apple juga meminta pengguna itu untuk menandatangani sebuah dokumen yang menyatakan bahwa ia setuju untuk bungkam tanpa menceritakan kisahnya pada siapapun

Korporasi | 13:05 WIB

Motor jenis bobber ini dinamakan RKG 5000

Korporasi | 12:45 WIB

Tercatat, hingga 2 Oktober 2022, berdasarkan data LKPP, total ada 1,34 juta produk yang tayang di katalog elektronik dengan rincian 811.466 produk di e-katalog nasional

Korporasi | 11:51 WIB

Penawaran ini disampaikan oleh Sekertaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja

Makro | 11:31 WIB

Klaim itu dikatakan oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di sela acara West Java Investment Summit 2022

Makro | 10:25 WIB

Kementerian PUPR melakukan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai yang berada di sekitar kawasan Waduk Muara Nusa Dua.

Makro | 09:20 WIB

Jaminan itu disampaikan Wagub Jabar dalam WJIS 2022

Makro | 09:17 WIB

Java tea experience digelar oleh Pemerintah Jabar di ajang WJIS 2022

Polhukam | 08:31 WIB

Idris juga mengingatkan dengan tegas lembaga ataupun perusahaan untuk selalu memperhatikan bangunan mereka agar tidak terjadi peristiwa serupa.

Metropolitan | 16:08 WIB

Kabar duka datang dari MTsN 19 Jakarta di bilangan CIlandak, Jakarta Selatan. Tiga siswa meninggal dunia akibat tertimpa tembok sekolah yang roboh karena tergerus air banjir.

Metropolitan | 15:25 WIB

Penanganan banjir menjadi salah satu pekerjaan berat yang belum selesai dikerjakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Metropolitan | 13:05 WIB

pemberitahuan tilang hanya dikirimkan melalui pesan SMS dari sistem tilang elektronik, tidak melalui pesan WhatsApp

Metropolitan | 11:12 WIB

Pengusahan asal Batam yang dikenal sebagai Haji Permata tewas ditembak saat diburu tim Bea Cukai atas dugaan penyelundupan rokok ilegal

Metropolitan | 08:58 WIB

Denise Chariesta beropini cara Nikita Mirzani agar tetap populer adalah dengan mengomentari permasalahan orang lain.

Gosip | 23:10 WIB

Hasil visum KDRT Lesti Kejora juga jadi berita pilihan hari ini.

Gosip | 22:36 WIB

Kendati begitu, Baim Wong belakangan sadar apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan.

Gosip | 21:27 WIB

Perempuan berusia 26 tahun itu menceritakan pengalamannya terjun di industri porno tersebut dan mengaku masih kerap merasa takut.

Gosip | 20:50 WIB

Di momen lamaran, Jess No Limit memberikan kalung pada Sisca Kohl.

Gosip | 20:31 WIB
Tampilkan lebih banyak