Sambut HUT Bandung, Tiang Listrik Dicat

Pengecatan tiang listrik sebagai upaya mewujudkan Kota Bandung yang tertib, bersih, dan indah serta menambah estetika kota.

ARR Vaujie M
Rabu, 21 September 2022 | 22:59 WIB
Sambut HUT Bandung, Tiang Listrik Dicat
Sambut HUT Bandung, Tiang Listrik Dicat (Humas Bandung)

TANTRUM - Bandung terus bersolek untuk menyambut hari jadinya yang ke-212. Salah satunya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama para penyelenggara jaringan telekomunikasi, operator telekomunikasi, penyedia jasa internet serta PT. PLN mengecat tiang listrik dan kencangkan kabel udara, Rabu 21 September 2022.

Hal itu dilakukan di seputar Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jalan Merdeka, Jalan Aceh dan sebagian Jalan RE Martadinata. Kegiatan ditandai dengan simbolisasi pengecatan tiang oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna.

Ema mengatakan, kegiatan pengecatan tiang dan pengencangan kabel udara sebagai upaya mewujudkan Kota Bandung yang tertib, bersih, dan indah serta menambah estetika Kota.

"Ini hanya momentum saja, sesuai arahan Wali Kota Bandung sudah saatnya bersih tertib indah dalam segala hal. Kita sudah menurunkan kabel udara ke bawah tanah 'ducting' di Dago, tidak kecuali PLN harus turun," kata Ema.

Baca Juga:Mendagri Tito: Lukas Enembe Sahabat Lama, Tapi Masalah Hukum Saya Tidak Bisa Ikut Campur

Ema menegaskan, kabel ilegal yang masih banyak ditemukan untuk segera ditertibkan.

"Kalau ada kabel ilegal dipotong saja. Hukum harus jadi panglima supaya kota ini tertib, bersih dan indah. Semua bertanggungjawab pada fungsinya masing masing," ujarnya.

Ia meminta kegiatan ini tidak sebatas seremonial semata namun dilakukan secara rutin.

"Kegiatan hari ini saya minta secara rutin setiap bulan, bahkan setiap hari," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan A. Brilyana memastikan akan melakukan operasi perapihan kabel, pengecatan tiang, dan pemotongan kabel secara berkelanjutan.

Baca Juga:Profil Luis Enrique, Pelatih Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

"Supaya kota ini tertib, rapi, yang terutama bagi kemanan masyarakat. Karena kabel yang menjuntai berbahaya bagi masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, terdapat 200 tiang yang akan dicat di sekitar Balai Kota. Selain mengecat tiang, juga akan memotong bagi kabel yang sudah tidak aktif, menarik kabel menjuntai ke jalan dan persil, dan merapikan kabel udara.

Selanjutnya memperbaiki tiang miring, pengurangan tiang serta mengecat ODC (Optical Distribution Cabinet).

"Pengguna kabel udara di Kota Bandung untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan, kebersihan, kenyamanan dan estetika dari sisi infrastruktur telekomunikasi dan informatika," kata Yayan.

Kegiatan ini didukung penuh perusahan telekomunikasi. Salah satunya Deputi General Manager Witel Bandung Telkom Indonesia, Novitasari Kusumadewi.

Ia mengatakan, Telkom Indonesia mendukung penuh program Pemkot Bandung untuk melakukan perapihan kabel udara.

"Kami sangat mendukung penuh, hari ini kita turunkan 10 petugas untuk mengencangkan kabel dan mengecat tiang. Kita juga menginventarisir tiang-tiang di sekitar balai kota," ujarnya.

Ia pun menyatakan siap mendukung kegiatan serupa yang akan rutin dilakukan oleh Pemkot Bandung.

"Intinya kami siap. Ini sudah kita lakukan setiap hari, memastikan kerapihan setiap kabel juga kita lakukan. Kita siap mendukung," katanya. 

Makro

Terkini

Mantan pemain Persib dan komunitas bobotoh menggelar doa bersama untuk korban tragedi Kanjuruhan, Malang. Legenda Persib, Djajang Nurjaman, juga hadir dalam doa bersama.

Polhukam | 20:16 WIB

Dari keenam tersangka tersebut, dua diantaranya polisi yang memerintahkan penembakan gas air mata untuk ke arah suporter Arema.

Polhukam | 15:51 WIB

Apple juga meminta pengguna itu untuk menandatangani sebuah dokumen yang menyatakan bahwa ia setuju untuk bungkam tanpa menceritakan kisahnya pada siapapun

Korporasi | 13:05 WIB

Motor jenis bobber ini dinamakan RKG 5000

Korporasi | 12:45 WIB

Tercatat, hingga 2 Oktober 2022, berdasarkan data LKPP, total ada 1,34 juta produk yang tayang di katalog elektronik dengan rincian 811.466 produk di e-katalog nasional

Korporasi | 11:51 WIB

Penetapan jadwal baru terus dilakukan secara proaktif sehubungan dengan penundaan konser Justin Bieber Justice World Tour 2022 Jakarta.

Trand | 10:52 WIB

Java tea experience digelar oleh Pemerintah Jabar di ajang WJIS 2022

Polhukam | 08:31 WIB

Pada ULDS 2022 kali ini, 12 tim akan bertanding memperebutkan gelar juara dan total prizepool Rp20 juta. Turnamen ini digelar online dan dapat disaksikan langsung melalui kanal YouTube UniPin Gaming.

Trand | 08:27 WIB

Berdasarkan laporan harian produksi sampai dengan 3 Oktober 2022 jumlah produksi gula total 280.824 ton dengan rendemen diproyeksikan di atas tujuh persen.

Korporasi | 07:44 WIB

Status kedua gunung api tersebut masih level II atau waspada

Polhukam | 07:23 WIB

Idris juga mengingatkan dengan tegas lembaga ataupun perusahaan untuk selalu memperhatikan bangunan mereka agar tidak terjadi peristiwa serupa.

Metropolitan | 16:08 WIB

Kabar duka datang dari MTsN 19 Jakarta di bilangan CIlandak, Jakarta Selatan. Tiga siswa meninggal dunia akibat tertimpa tembok sekolah yang roboh karena tergerus air banjir.

Metropolitan | 15:25 WIB

Penanganan banjir menjadi salah satu pekerjaan berat yang belum selesai dikerjakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Metropolitan | 13:05 WIB

pemberitahuan tilang hanya dikirimkan melalui pesan SMS dari sistem tilang elektronik, tidak melalui pesan WhatsApp

Metropolitan | 11:12 WIB

Pengusahan asal Batam yang dikenal sebagai Haji Permata tewas ditembak saat diburu tim Bea Cukai atas dugaan penyelundupan rokok ilegal

Metropolitan | 08:58 WIB

Denise Chariesta beropini cara Nikita Mirzani agar tetap populer adalah dengan mengomentari permasalahan orang lain.

Gosip | 23:10 WIB

Hasil visum KDRT Lesti Kejora juga jadi berita pilihan hari ini.

Gosip | 22:36 WIB

Kendati begitu, Baim Wong belakangan sadar apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan.

Gosip | 21:27 WIB

Perempuan berusia 26 tahun itu menceritakan pengalamannya terjun di industri porno tersebut dan mengaku masih kerap merasa takut.

Gosip | 20:50 WIB

Di momen lamaran, Jess No Limit memberikan kalung pada Sisca Kohl.

Gosip | 20:31 WIB
Tampilkan lebih banyak