Jepang Memang Tiada Dua, 9 Penemuan Hebat Negeri Sakura

Penemuan ini mengejutkan karena berupa barang yang biasa digunakan sehari - hari

ARR Vaujie M
Minggu, 28 Agustus 2022 | 19:05 WIB
Jepang Memang Tiada Dua, 9 Penemuan Hebat Negeri Sakura
Ilustrasi tongkat selfie. (Pexels-Rene Asmussen)

TANTRUM - Semua orang tahu bahwa kita harus berterima kasih kepada Jepang atas kontribusinya pada dunia seperti sushi, origami, Nintendo, dan Pokémon. 

Tetapi, masih ada banyak sekali ide, penemuan hebat, dan gadget yang berasal dari Jepang yang mungkin tidak banyak orang ketahui. 

Beberapa adalah terobosan, beberapa sangat konyol, tetapi hampir semuanya telah sangat mengubah dunia. Inilah 9 daftar penemuan hebat yang tidak kamu ketahui berasal dari Jepang diberitakan Timeout, dicuplik dari Japanesestation, Minggu, 28 Agustus 2022!

1. Emoji

Baca Juga:Hotman Paris Ungkap Ferdy Sambo Bisa Tak Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana, Begini Penjelasannya

Tidak mengherankan bahwa negara penuh maskot dengan budaya kawaii juga merupakan rumah bagi emoji. 

Faktanya, 'emoji' sebenarnya adalah kata dalam bahasa Jepang, menggabungkan kata untuk 'gambar' ('e') dan 'huruf' atau 'karakter' ('moji'). 

Pertama kali diperkenalkan pada ponsel buatan Jepang pada tahun 1990-an yang pada awalnya tidak dimaksudkan untuk mengirim pesan teks (yang pada saat itu belum ada), tetapi untuk laporan cuaca atau info bisnis. Emoji telah berkembang jauh sejak saat itu.

2. Walkman

Siapapun yang lahir setelah tahun 2000 mungkin tidak tahu apa perangkat aneh ini, tapi pada 1979, Sony benar-benar mengubah cara kita mendengarkan musik dengan pemutar kaset portabelnya yang dijuluki 'Sony Walkman'. 

Baca Juga:Kejuaraan Dunia 2022: Kalah dari Wakil Malaysia, The Daddies Raih Medali Perak

Perangkat ini sangat populer di seluruh dunia sehingga 'Walkman' menjadi singkatan untuk pemutar musik portabel. 

Sulit dibayangkan, tetapi sebelum Sony meluncurkan Walkman, mendengarkan musik dalam perjalanan hanyalah mimpi belaka.

3. CD, DVD, Blu-Ray, VHS

Kontribusi Sony pada musik dan media tidak hanya berakhir pada Walkman. Compact Disc (CD) diciptakan bersama oleh Sony dan Phillips (sebuah perusahaan Belanda) dan dirilis pada tahun 1982, melahirkan rekaman audio digital. 

Pada tahun 1995, kedua perusahaan bekerja sama lagi untuk merilis Digital Video Disc (DVD). 

Sebagai kelompok yang berpikiran maju, Sony meluncurkan prototipe pertama dari teknologi video terbarunya, 'Blu-Ray disc', pada tahun 2000, dan merilisnya ke masyarakat umum di Jepang pada tahun 2003.

Dan bukan untuk memberikan Sony semua penghargaan, Video Home System (VHS), yang mendahului DVD, ditemukan oleh Perusahaan Victor Jepang. 

Jadi pada dasarnya kita harus berterima kasih kepada Jepang untuk setiap bagian dari teknologi media.

4. Novel

Sejauh yang kami tahu, cerita Jepang 'The Tale of Genji', yang ditulis oleh seorang wanita yang sedang menunggu di Istana Kekaisaran bernama Murasaki Shikibu pada awal abad ke-11, adalah contoh pertama dari novel modern yang pernah ditulis. 

Ceritanya berkisar pada kehidupan Hikaru Genji, putra seorang kaisar Jepang kuno, dan selir tercinta.

5. Laptop

Pada 1980 di sebuah pameran komputer di Las Vegas, perusahaan Jepang Seiko meluncurkan notebook berukuran laptop pertama, yang disebut Epson HX-20. 

Untuk mengiklankan penemuan baru mereka, perusahaan menggambarkannya pada dua halaman yang terpisah di majalah dengan tulisan 'Ukuran sebenarnya'. 

Terlihat sangat berbeda dari laptop modern, tidak ada layar yang dapat dilipat, hanya layar kecil seperti kalkulator di atas keyboard.

6. Pencetakan 3D

Dr Hideo Kodama mematenkan teknologi pertama untuk pencetakan 3D pada tahun 1981, yang saat itu disebutnya sebagai 'pembuat prototipe cepat'. 

Sayangnya, ia tidak pernah melihat proyeknya membuahkan hasil. Proyek ini selanjutnya diambil oleh Prancis dan, pada akhir 80-an, beberapa orang Amerika, sampai kita memiliki perangkat pencetakan 3D yang kita kenal sekarang. Tapi kita masih harus berterima kasih kepada Dr Kodama berkat proyeknya.

7. Tongkat Selfie

Kontribusi yang sangat besar bagi para Instagrammer yang antusias, mempermudah untuk mengambil foto selfie dan suasana di sekitar mereka. 

'Telescopic extender' untuk kamera saku dipatenkan oleh Ueda Hiroshi dan Mima Yujiro pada tahun 1983 dan segera dianggap sebagai penemuan yang sama sekali tidak berguna.

Memasuki era smartphone abad ke-21. Penemu dan perusahaan lain datang sekitar waktu ini, membonceng penemuan Jepang, untuk mematenkan perangkat yang mampu memegang smartphone. 

Pada tahun 2014 istilah 'tongkat selfie' atau ‘tongsis’ lahir dan menduduki puncak daftar majalah Time sebagai salah satu dari 25 penemuan teratas tahun itu.

8. Ponsel Kamera

Tentu sangat masuk akal bahwa negara di balik tongkat selfie pertama juga bertanggung jawab atas ponsel kamera. 

Secara teknis, penemuan ini berasal dari konvergensi panjang berbagai teknologi yang berbeda sejak tahun 1956.

Samsung (perusahaan Korea Selatan) mengambil kredit untuk ponsel pertama dengan kemampuan kamera dengan ponsel flip SCH-V200, yang memasuki pasar pada Juni 2000. 

Namun J-Phone, yang dirilis Softbank pada November tahun yang sama, sering dianggap sebagai telepon kamera pertama yang sebenarnya, karena memungkinkan pengguna untuk mengirim foto melalui telepon, sedangkan dengan SCH-V200, kamu hanya dapat mengakses foto jika menghubungkan telepon ke komputer.

9. Memori flash

Tidak semua orang tahu ini, tetapi smartphone yang bagus tidak akan pernah bisa berfungsi tanpa memori flash, yang bertanggung jawab untuk menyimpan data ponsel yang sangat besar. 

Fujio Masuoka dari Toshiba menemukan memori flash pada tahun 1984 dan selamanya merevolusi ponsel dan ribuan barang elektronik lainnya.

Rasanya sulit juga ya hidup tanpa benda-benda di atas? Untuk Jepang berhasil menemukannya ya!

Trand

Terkini

Sebab penerbitan SP3 tetap harus mengacu pada alasan yang diatur dalam Pasal 109 (2) KUHAP

Polhukam | 20:32 WIB

New Terios hadir dengan desain baru pada bumper, grille, smoke headlamp, dan illuminating lamp yang membuatnya tampak lebih sporty.

Korporasi | 12:27 WIB

Negara-negara di Eropa sebagai wilayah manufaktur furnitur terbesar di dunia memainkan peran kunci dalam industri furnitur globa

Makro | 09:05 WIB

PT Vale Indonesia mengatakan seluruh informasi tentang perusahaan termasuk komposisi pemegang saham dilaporkan secara transparan dan berkala kepada otoritas terkait.

Korporasi | 09:00 WIB

Pertamina telah menargetkan untuk mengurangi Karbon Dioksida sebesar 81,4 juta ton pada tahun 2060 mendatang.

Korporasi | 15:25 WIB

Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hadir memenuhi panggilan sebagai saksi dalam rangka pemeriksaan ini.

Polhukam | 15:08 WIB

Pinjaman berjangka hijau diharapkan dapat mengkatalisasi visi BIRD untuk memperluas dan merevitalisasi armada taksi dan penyewaan mobilnya, dengan memperbanyak kendaraan listrik.

Korporasi | 15:01 WIB

Presiden juga meyakinkan, siapapun Presiden RI terpilih pada Pemilu 2024, investasi di IKN akan terus aman dan berlanjut.

Korporasi | 14:56 WIB

Masa jabatan pimpinan KPK selama lima tahun dinilai jauh lebih bermanfaat dan efisien jika disesuaikan dengan komisi independen lainnya.

Korporasi | 11:19 WIB

Substansi utama dari PP 26/2023 adalah untuk pengelolaan hasil sedimentasi atau pengendapan material di laut karena proses sedimentasi terjadi di hampir seluruh muara sungai

Makro | 10:24 WIB

Pembukaan blokade baru bisa dilakukan tadi malam karena harus menunggu penyelesaian administrasi.

Metropolitan | 04:09 WIB

Dua tersangka dalam kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang atau TPPO ditangkap di tempat terpisah.

Metropolitan | 21:59 WIB

Kongres pertama Majelis Amanah Persatuan Kaum Betaw atau MAPKB ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono secara virtual.

Metropolitan | 21:13 WIB

Polda Metro Jaya telah menetapkan kakak beradik kembar Rihana dan Rihani sebagai tersangka dalam kasus penipuan modus iPhone murah.

Metropolitan | 20:21 WIB

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan, pihaknya berwenang mendengar keterangan soal dugaan tersebut karena Ancol merupakan mitra Komisi B yang mengawasi BUMD.

Metropolitan | 19:27 WIB

Debi Ceper dilaporkan ke Polda Jambi karena dugaan pelecehan verbal.

Gosip | 10:34 WIB

Dalam aksinya, Ria Ricis bahkan berani mengemudikan jetski dengan membelakangi kemudi.

Gosip | 10:00 WIB

Mantan karyawan Syech Zaki curhat di media sosial.

Gosip | 09:15 WIB

Raffi Ahmad dibanding-bandingkan dengan Tasyi Athasyia yang belakangan dikabarkan bersikap buruk ke karyawannya.

Gosip | 09:00 WIB

Menurut Ashanty, Arsy Hermansyah tak biasa dimakeup.

Gosip | 08:30 WIB
Tampilkan lebih banyak