Di Surabaya, Le Minerale Melanjutkan Kampanye Ekonomi Sirkular The Rising Tide

Direktur Sustainability Mayora Group, Ronald Atmadja mengungkapkan edukasi masyarakat tentang sampah adalah salah satu poin penting dalam penyelamatan lingkungan.

ARR Vaujie M
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 23:59 WIB
Di Surabaya, Le Minerale Melanjutkan Kampanye Ekonomi Sirkular The Rising Tide
Le Minerale Melanjutkan Kampanye Ekonomi Sirkular The Rising Tide di Surabaya. (Mulung Parahita)

TANTRUM - Sampah plastik di Indonesia perlu mendapatkan penanganan serius. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut total sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 juta ton. Dari jumlah itu, sebanyak 17 persen, atau sekitar 11,6 juta ton, disumbang oleh sampah plastik.

Menghadapi pencemaran sampah plastik ini, dapat diatasi dengan cara Pengelolaan Sampah yang Berkelanjutan. Sirkulasi Ekonomi yang mendepankan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan dapat menjadi jawaban atas Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijkan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Dengan semangat yang sama dan bersamaan dengan program Kampung Bahari Nusantara TNI Angkatan Laut, Puri Ageng Blahbatuh Bali melalui program Mulung Parahita berkolaborasi dengan TNI AL RI dengan dukungan penuh Le Minerale berinovasi menciptakan Ekosistem Penanganan Lingkungan.

Kolaborasi tersebut menggerakkan desa-desa pesisir untuk bersama-sama menjalankan pengelolaan sampah berbasis sumber secara digital dan mewujudkan ekonomi sirkular.

Baca Juga:Habib Luthfi Menjadi Warga Kehormatan TNI Angkatan Darat

Hadirlah kegiatan “The Rising Tide” sebagai gerakan lingkungan yang berfokus untuk mendorong aksi kerja sama berbagai pihak dalam menciptakan ekosistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan dari sumbernya (rumah tangga). Ini merupakan Solo Triathlon sepanjang 1293 km dalam 30 hari dari Bali menuju Jakarta dari tanggal 18 Juli 2022 sampai 17 Agustus 2022.

Direktur Sustainability Mayora Group, Ronald Atmadja mengungkapkan edukasi masyarakat tentang sampah adalah salah satu poin penting dalam penyelamatan lingkungan.

"Edukasi ini adalah vital untuk membuat negara Indonesia bebas sampah. Ini menjadi bagian dari ekonomi sirkular," ungkapnya di Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL (Mako Lantamal) V, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/8/2022).

Le Minerale yang merupakan bagian dari Mayora Group, sambung Ronald, melakukan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional. Lewat aksi ini, mereka berkomitmen untuk menciptakan produk yang sehat, aman serta berperan menjaga lingkungan.

The Rising Tide resmi dimulai setelah dibuka di Puri Ageng Blahbatuh, Gianyar, Bali, Senin (18/7/2022). Mako Lantamal V Surabaya merupakan titik perhentian kedua, dan kemudian berlanjut ke arah Barat.

Baca Juga:Romantis! Kisah Putri Presiden NPC Indonesia Senny Marbun Dilamar di Arena Para Renang APG 2022

"Lewat gerakan ini kami mau menarik perhatian bahwa ada gerakan akar rumput dari Bali secara khusus dan Indonesia secara umum. Bahwa kita tidak mau mewariskan sampah ke generasi berikutnya," ujar atlet triathlonist Muryansyah.

Solo Triathlon ini dilaksanakan oleh Peserta utama Triathlon, Muryansyah dan pengiring peserta. Triathlon ini terdiri dari bersepeda 135 Km (Puri Ageng Blahbatuh – Pelabuhan Gilimanuk); renang

5 Km (Pura Segara Rupek – Pantai Watudodol); dan lari 1153 Km (Pangkalan AL Banyuwangi – Monumen Nasional, Jakarta).

"Setelah hari ini, rombongan akan menuju ke tujuan berikutnya. Kami juga akan menyertakan beberapa prajurit TNI dari Lantamal V di 5 km pertama. Ini bukan sekedar lari, tapi kampanye itu adalah masalah lingkungan," tegas Komandan Lantamal V, Laksamana Pertama TNI Supardi, S.E, M.B.A. CHRMP.

The Rising Tide sendiri adalah gerakan Peduli Lingkungan Solo Triathlon yang dihelat Mulung Parahita. Muryansyah Founder Mulung Parahita dan seorang Solo Triathlon melakukan lari dari Bali ke Jakarta sepanjang 1.293 km selama 30 Hari, dan ditambah dengan berenang menyeberangi Selat Bali.

Aksi Peduli Lingkungan yang didukung Le Minerale ini diselenggarakan dalam memerangi polusi sampah di Indonesia. Langkah tidak akan mudah dan penuh tantangan, dengan segala rintangan yang membentang dalam penyelamatan lingkungan. Kegiatan strategis ini juga dalam rangka mengisi rangkaian kegiatan Presidensi G20 dan menunjukan komitmen Indonesia untuk mengelolah sampah, khususnya sampah plastik melalui pendekatan Ekonomi Sirkular yang berbasiskan platform digital.

Korporasi

Terkini

Jika Pokok-Pokok Haluan Negara disepakati oleh seluruh komponen bangsa, maka calon Presiden dan calon Wakil Presiden, calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur, calon Bupati/Walikota dan calon Wakil Bupati/Walikota, tidak perlu menetapkan visi dan misinya masing-masing.

Polhukam | 11:11 WIB

Clade virus adalah nama baru monkeypox atau cacar monyet

Polhukam | 10:48 WIB

Ini merupakan penampilan perdana group asal Korea Selatan ini, di Amerika Serikat untuk membawakan "PINK VENOM".

Trand | 10:02 WIB

Kedatangan Jokowi langsung disambut oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD RI LaNyalla Mattaliti.

Polhukam | 09:53 WIB

Film ini adalah upaya terbaru Depp untuk memulai kembali karirnya setelah persidangan pencemaran nama baik terhadap mantan istrinya Amber Heard.

Trand | 09:45 WIB

Token ASIX pada tahap penilaian Analytical Hierarchy Process (AHP) tidak masuk kriteria

Makro | 09:03 WIB

JO1 batal tampil dalam gelaran KCON 2022 LA pada 21 Agustus 2022. Keputusan ini diambil demi memastikan keselamatan tak hanya artis tetapi juga staf dan semua pihak yang terlibat.

Trand | 08:35 WIB

Nathalie Holscher melakukannya usai resmi cerai dengan Sule

Trand | 08:07 WIB

Seperti kemarin, hujan akan turun disertai kilat atau petir

Polhukam | 07:58 WIB

Pengukuhan 68 Anggota Paskibraka 2022 tersebut digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta

Polhukam | 07:16 WIB

Sidang pada tahun ini digelar secara langsung setelah dalam dua tahun dilakukan secara terbatas dan singkat.

Polhukam | 07:12 WIB

Harga jual Pertalite ini tengah dihitung pihak berwenang

Makro | 06:51 WIB

Menurut pengakuan korban, pelecehan seksual di dalam bus TransJakarta itu terjadi hari Jumat (12/8) pekan lalu.

Polhukam | 06:06 WIB

Serupa dengan Mariana, kuasa hukumnya Haji Amir melayangkan permintaan maaf

Polhukam | 05:47 WIB

Pernyataan Gus Samsudin muncul terkait rencana master Limbad untuk mempertemukan Gus Samsudin dengan Marcel Radhival alias Pesulap Merah. Limbad bersama Denny Darko mau mengajak mereka menyelesaikan masalah.

Polhukam | 05:04 WIB
Tampilkan lebih banyak