Perhutani Moderenkan Pabrik Kayu Putih di Jatim

Revitalisasi ini didukung dengan melengkapi sejumlah fasilitas dan peralatan modern yang bertujuan meningkatkan kapasitas produksinya.

ARR Vaujie M
Kamis, 07 Juli 2022 | 08:03 WIB
Perhutani Moderenkan Pabrik Kayu Putih di Jatim
Perhutani

TANTRUM - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perum Perhutani Divisi Regional Jatim melakukan revitalisasi Pabrik Minyak Kayu Putih Sukun di Ponorogo, Jawa Timur.

Revitalisasi ini didukung dengan melengkapi sejumlah fasilitas dan peralatan modern yang bertujuan meningkatkan kapasitas produksinya.

Direktur Utama Perum Perhutani, Wahyu Kuncoro mengatakan, dengan revitalisasi pabrik itu akan mampu beroperasi setiap hari selama 24 jam, dengan kapasitas produksi menjadi 48 ton per hari dan kadar cineol 57,27 persen.

Wahyu menjelaskan, pabrik ini mulai direvitalisasi pada April 2021, dan selesai dibangun pada 2022 dan bisa beroperasi kembali pada 26 April 2022.

Baca Juga:Polri Didesak Segera Bentuk Direktorat Khusus Pelayanan Perempuan dan Anak

Usai direvitalisasi, pabrik itu akan didukung bahan baku daun kayu putih dari Perhutani KPH Madiun sebanyak 10.5554 ton, KPH Lawu Ds 199 ton dan KPH lain di sekitarnya.

"Keberadaan pabrik memang perlu direvitalisasi, karena pabrik yang lama kapasitas produksinya masih kurang maksimal, dan bangunan pabriknya juga sudah cukup tua," katanya.

Dengan alasan itu, dibutuhkan bangunan pabrik baru yang dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan yang modern supaya bisa meningkatkan kapasitas produksinya.

Meski direvitalisasi, kata dia, minyak kayu putih yang dihasilkan masih memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI 06-3954-2006) dan juga masuk ke dalam standar EOA yang mensyaratkan kadar cineol memiliki nilai berkisar antara 50-65 persen.

Wahyu berharap, revitalisasi pabrik ini bisa dijadikan percontohan untuk membangun pabrik di lokasi lainnya, karena didukung bahan baku daun kayu putih yang dekat dengan pabrik, sehingga bisa efisiensi angkutan dan mengurangi susut bahan baku.

Baca Juga:Perhatikan Teknis Pelaksanaan SMUP Sarjana Jalur Mandiri Unpad

Pabrik Minyak Kayu Putih Sukun terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, dan memiliki luas bangunan 1.719 meter persegi.

Pabrik berdiri di atas lahan seluas 2.497.880 meter persegi, dan merupakan kawasan hutan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun pada petak 3G Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sukun, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sukun.

PMKP Sukun Ponorogo ini di bawah pengelolaan Kesatuan Bisnis Mandiri Industri Hasil Hutan Bukan Kayu (KBM IHHBK) Perum Perhutani. 

Korporasi

Terkini

Tim inspektorat khusus telah menetapkan 31 orang personel Polri melanggar prosedur dalam menangani tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Irjen Pol. Ferdy Sambo1

Polhukam | 11:07 WIB

Pemerintah telah membangun sejumlah infrastruktur di bidang pertanian, mulai dari bendungan, embung, hingga jaringan irigasi guna mendukung peningkatan hasil produksi pertanian nasional.

Makro | 10:44 WIB

5 ramalan The Simpsons di masa lalu yang terjadi di dunia nyata

Trand | 10:04 WIB

Berperan sebagai Nani, Ariel Tatum akan menjadi istri dari anggota Densus 88 bernama Aji, yang diperankan Nicholas Saputra

Trand | 09:43 WIB

Nathalie Holscher telah resmi bercerai dengan Sule pada Rabu (10/8).

Trand | 09:09 WIB

Upacara pengukuhan 54 anggota Paskibraka Jabar ini digelar di Aula Barat Gedung Sate

Polhukam | 08:55 WIB

Aktris Anne Heche dikabarkan mengalami kecelakaan parah saat mengendarai mobil

Trand | 08:11 WIB

Kementerian Perhubungan menetapkan bahwa penyesuaian aplikator terhadap tarif dapat dilakukan paling lambat 25 hari kalender sejak KM tersebut ditetapkan, atau pada Minggu, 28 Agustus 2022.

Makro | 07:38 WIB

Hujan itu akan turun antara siang hingga dini hari

Polhukam | 07:10 WIB

IPW peroleh informasi dugaan DPR terima suap dari Ferdy Sambo

Polhukam | 06:49 WIB

Dari 40 parpol yang mendaftar, 24 parpol berkas pendaftaran dinyatakan lengkap dan 16 parpol sedang dalam proses periksaan.

Polhukam | 06:33 WIB

Kejadian di Magelang diduga asa muasal rencana pembunuhan Brigadir J

Polhukam | 05:56 WIB

Usai sebelumnya memeriksa Ferdy Sambo

Polhukam | 05:15 WIB

Caranya, Geng Sambo menyebar isu negatif terhadap personel Timsus

Polhukam | 16:42 WIB

Pasangan romantis mulai berciuman pada Zaman Perunggu

Trand | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak