Enak dan Lezat Hidangan Kue Sushi

Kue sushi cocok untuk dibagikan ke tamu pesta dan disantap bersama

ARR Vaujie M
Kamis, 07 Juli 2022 | 13:06 WIB
Enak dan Lezat Hidangan Kue Sushi
www3.nhk.or.jp

TANTRUM - Oshi zushi adalah jenis sushi di Jepang yang mana nasi cuka dan ikan dikemas dalam cetakan dan ditekan menjadi satu. 

Oshi zushi memiliki sejarah yang lebih lama dari nigiri zushi (nasi sushi yang dikepal dengan ukuran sekali santap dengan selembar daging ikan mentah) atau maki zushi (sushi gulung). 

Diberitakan Kantor Berita NHK World, beragam daerah di Jepang memiliki sendiri oshi zushi yang unik yang menggambarkan karakteristik setiap tempat.

Namun siapa sangka sushi yang satu ini jauh dari yang biasanya. Yup ! Kue sushi. Kue sushi yang cocok untuk pesta di mana para tamu membawa sendiri makanan untuk dibagi-bagi dan disantap bersama. 

Baca Juga:Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Curhatan Putri Delina ke Bunda Maia Diduga Jadi Pemicu Awal

Bagaimana cara mengolahnya dan apa saja bahannya ? Simak resep masakan Akiko Watanabe, pakar juliner Jepang dibawah ini. 

Bahan-bahan untuk 4 Porsi : 

300g beras (jenis bulir pendek atau short grain)

400ml air

Bahan untuk menanak nasi :

Baca Juga:Meminta Penggemar Mie dan Roti Waspada, Jokowi: Harganya Bisa Naik Gara-Gara Perang

3 sendok makan cuka beras

2 sendok makan gula

1 sendok teh garam

4 jamur shiitake kering

1 sendok makan gula

1 1/3 sendok makan (atau 20ml) shoyu

1/2 (atau 70g) wortel

1 sendok makan gula

1/4 sendok teh garam

1 butir telur

4 okra

4 iris salmon asap

2 sendok teh wijen putih

mayones secukupnya

garam secukupnya

minyak sayur secukupnya

Persiapan : 

1. Masukkan nasi ke dalam mangkuk besar. Campur cuka beras, gula dan garam lalu dituangkan ke atas nasi dengan gerakan memutar dan aduk rata. Dinginkan nasi dengan dikipas sampai uapnya menghilang. Sisihkan 1/3 nasi sushi dan campur dengan wijen.

2. Peras jamur shiitake, potong dan buang bagian batangnya dan iris-iris tipis bagian payung jamurnya. Rebus 300ml air beserta irisan jamur shiitake sambil ditutup pancinya. Saat mendidih, kecilkan api dan rebus lagi selama 15 menit. Kemudian tambahkan shoyu dan gula sambil aduk rata, lanjutkan rebusan dengan panci terbuka sampai tidak ada cairan.

3. Iris strip wortel seperti korek api dengan ukuran panjang 3cm lebar 2mm. Rebus wortel di dalam 200ml air dengan api kecil selama 5 menit. Untuk irisan shiitake dan wortel, diamkan di dalam panci untuk proses pendinginan agar bisa menyerap rasa.

4. Taburi sejumput garam ke atas okra sambil digosok dengan tangan untuk membuang bulu halusnya. Berikutnya rebus selama 1 menit. Setelah itu dinginkan dengan air es. Potong dan buang batangnya, lalu iris-iris tipis okranya.

5. Pecahkan telur di dalam mangkuk, tambahkan sejumput garam dan kocok. Panaskan penggorengan dan lumuri penggorengan dengan sedikit minyak sayur. Tuang kocokan telur untuk membuat telur dadar dengan api kecil.

6. Potong strip telur dadarnya dengan ukuran lebar sekitar 4cm. Tumpuk semua potongan dan kemudian iris-iris tipis sepanjang 4cm.

7. Siapkan loyang kue dengan diameter 16 kali 18 cm serta karton yang dipotong dalam bentuk lingkaran yang pas dengan ukuran cetakan kue. Lapisi loyang dengan plastik. 

Masukkan sebagian nasi sushi putih ke dalam loyang kue, tekan dan ratakan dengan karton yang juga sudah dilapisi plastik. 

Kemudian di atas nasi letakkan potongan jamur shiitake, kemudian masukkan lagi nasi sushi putih yang tersisa, ratakan nasinya dan kemudian susun irisan wortel. T

Terakhir, masukkan nasi sushi yang sudah dicampur dengan biji wijen putih, tekan dan ratakan dengan karton.

8. Penting untuk meratakan setiap lapisan nasi sushi dengan karton berbentuk lingkaran yang sudah dilapisi plastik.

9. Potong 4 irisan salmon asap memanjang dan lilit setiap lembar irisan di sebatang sumpit untuk dibentuk seperti bunga mawar. Tarik sumpitnya saat bentuk bunganya sudah pas. Masukkan 2 hingga 3 sendok makan mayones ke dalam plastik kecil dan ikat plastiknya.

10. Biarkan kue sushi berada di dalam loyang saat dibawa ke tempat pesta. Sementara irisan okra, telur dadar dan salmon dengan bentuk bunga disimpan dan dibawa dengan wadah yang berbeda.

11. Saat berada di tempat pesta, keluarkan kue sushi dari loyang dan diletakkan di atas piring. Taburi irisan telur dadar di bagian atas kue. 

Potong sekitar 5mm salah satu bagian ujung plastik berisi mayones dan remas untuk mengeluarkan mayones dari plastik ke bagian pinggir atas kue sushi. 

Atur potongan okra di atas mayones dan terakhir hias kue sushi dengan salmon bentuk bunga mawar. Selamat mencoba!

Trand

Terkini

Clade virus adalah nama baru monkeypox atau cacar monyet

Polhukam | 10:48 WIB

Kedatangan Jokowi langsung disambut oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD RI LaNyalla Mattaliti.

Polhukam | 09:53 WIB

Token ASIX pada tahap penilaian Analytical Hierarchy Process (AHP) tidak masuk kriteria

Makro | 09:03 WIB

Seperti kemarin, hujan akan turun disertai kilat atau petir

Polhukam | 07:58 WIB

Pengukuhan 68 Anggota Paskibraka 2022 tersebut digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta

Polhukam | 07:16 WIB

Sidang pada tahun ini digelar secara langsung setelah dalam dua tahun dilakukan secara terbatas dan singkat.

Polhukam | 07:12 WIB

Harga jual Pertalite ini tengah dihitung pihak berwenang

Makro | 06:51 WIB

Menurut pengakuan korban, pelecehan seksual di dalam bus TransJakarta itu terjadi hari Jumat (12/8) pekan lalu.

Polhukam | 06:06 WIB

Serupa dengan Mariana, kuasa hukumnya Haji Amir melayangkan permintaan maaf

Polhukam | 05:47 WIB

Pernyataan Gus Samsudin muncul terkait rencana master Limbad untuk mempertemukan Gus Samsudin dengan Marcel Radhival alias Pesulap Merah. Limbad bersama Denny Darko mau mengajak mereka menyelesaikan masalah.

Polhukam | 05:04 WIB

Program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha ditargetkan terpenuhi dalam tiga tahun dari sekarang.

Korporasi | 04:03 WIB

Dara mengaku sudah dari jauh hari berlatihan bersama anggota paskibraka lainnya menjelang HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Balai Kota Bandung nantinya.

Polhukam | 02:02 WIB

Paskibraka lahir bersamaan dengan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dikumandangkan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta, pada Jumat, 17 Agustus 1945 tepat pukul 10.00 WIB.

Polhukam | 23:59 WIB

Karyawan Alfamart melihat ibu-ibu mengutil cokelat. Karyawan lalu merekam kejadian tersebut dan mengunggahnya ke media sosial. Ibu-ibu tidak terima.

Polhukam | 22:50 WIB

Kini, koperasi kebal sudah memiliki 660 orang yang bergabung menjadi anggota, saling berbagi dan meringankan beban satu sama lain.

Korporasi | 22:01 WIB
Tampilkan lebih banyak