Produk Nabati Kian Digemari Konsumen Indonesia

60 Persen konsumen mengharapkan produk plant-based dapat ditawarkan dengan harga yang bersaing dengan produk daging.

ARR Vaujie M
Selasa, 05 Juli 2022 | 10:19 WIB
Produk Nabati Kian Digemari Konsumen Indonesia
suara.com

TANTRUM - Konsumen di Indonesia dinilai sangat sejatinya antusias untuk mencoba produk nabati, plant based. Hal ini diketaui dari riset yang dilakukan penyedia jasa solusi inovasi makanan nabati Kerry.

Riset mencatat sebanyak 67 persen konsumen di Indonesia menyatakan minatnya pada produk plant- based, dengan 50 persen bersedia mengonsumsinya secara teratur.

Namun, 60 persen konsumen mengharapkan produk plant-based dapat ditawarkan dengan harga yang bersaing dengan produk daging.

"Rasa menjadi alasan nomor satu dalam keputusan pembelian. Konsumen menginginkan produk plant-based yang sesuai dengan rasa dan tekstur daging namun dengan nutrisi yang lebih baik, diproduksi secara berkelanjutan, dan terjangkau," kata Senior Strategic Manager Plant-based Kerry APMEA  Jie Ying Lee.

Baca Juga:Jutaan Orang di Jerman Jatuh Miskin

Ia memaparkan, banyak produk plant-based yang ada saat ini justru tidak memenuhi harapan mereka, terutama dalam hal rasa, dengan 70 persen konsumen di Asia Pasifik mengatakan bahwa rasa dan tekstur produk plant-based tidak sesuai dengan daging asli.

"Meski demikian mereka berkenan menjadikan produk plant-based sebagai bagian rutin dari diet jika cita rasa produk enak," katanya.

Ia memaparkan, flexitarian, kelompok konsumen utama yang mendorong pertumbuhan kategori makanan plant-based di seluruh dunia, secara aktif mencoba untuk mengurangi konsumsi daging dan susu.

Tetapi, kata ia, karena masih mengonsumsi daging dan produk olahan susu, ekspektasi rasa nabati konsumen menjadi terdorong oleh pengalaman ini.

"Memastikan pengalaman rasa yang luar biasa sangat kompleks dan dalam makanan plant-based tentu lebih menantang karena standar yang ditetapkan tinggi dengan adanya daging dan produk olahan susu sebagai tolak ukurnya," katanya.

Baca Juga:Penggunaan Ganja Medis Harus Berbasis Bukti Klinis

Ia mengakui, ada banyak tantangan yang terkait dengan menciptakan produk makanan plant-based, terutama seputar rasa gurih, serta menciptakan cita rasa yang lebih enak," kata Jie.

Kerry bermitra dengan industri untuk menciptakan dunia nutrisi berkelanjutan, yang dipimpin oleh keahlian perusahaan dalam hal rasa.

Radicle by Kerry mengambil pendekatan di empat pilar yakni rasa, dengan sistem rasa yang dikembangkan untuk protein nabati agar tercipta rasa gurih dan lezat. Lalu fungsionalitas yang berfokus pada tekstur, kinerja, dan kesegaran untuk pengalaman makan terbaik.

Selain itu adapula pendekatan keberlanjutan, dengan bahan utama nabati yang mengandung manfaat fungsional dan sensorik; dan tak ketinggalan nutrisi untuk diperkaya, produk plant-based yang dioptimalkan nutrisinya.

Trand

Terkini

Posisi Rusia yang berprinsip dan konsisten, tercermin dalam resolusi yang relevan dari Majelis Umum PBB

Polhukam | 12:41 WIB

Untuk jenis aset kripto di luar daftar, wajib dilakukan delisting oleh calon pedagang fisik aset kripto dengan diikuti langkah penyelesaian bagi setiap pelanggan aset kripto.

Makro | 11:37 WIB

Motif pembunuhan Brigadir J masih misteri

Polhukam | 09:19 WIB

Pilihan sang istri ini malahan membuat suaminya puas

Trand | 09:04 WIB

Masyarakat Indonesia harus memiliki pemahaman bahwa interaksi di dunia maya atau internet harus diperlakukan sama seperti halnya masyarakat berkomunikasi di dunia nyata.

Trand | 08:41 WIB

Alasan Menko Mahfud agar Bharada E selamat dari penganiayaan, racun atau apapun

Polhukam | 08:29 WIB

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan motif penembakan terhadap Brigadir J atau Nopryansah Yosua Hutabarat nantinya bakal disampaikan oleh Polri.

Polhukam | 08:03 WIB

Kondisi cuaca itu akan berpeluang dengan angin kencang di antara waktu siang menjelang sore hingga malam hari

Polhukam | 07:46 WIB

Dalam peristiwa penembakan Brigadir J, tim khusus telah menetapkan empat orang sebagai tersangka, yakni Sambo, Bharada E, Bribka RR, dan KM.

Polhukam | 07:42 WIB

Aktivitas akan terasa mudah dan ringan apabila diawali dengan doa

Trand | 07:30 WIB

Gus Samsudin tampak sedang berada di bandara bersiap untuk naik pesawat. Ia mengaku sedang siap tempur.

Polhukam | 07:04 WIB

Harapan diprosesnya dugaan pelecehan istri Ferdy Sambo dilayangkan oleh kuasa hukum

Polhukam | 06:29 WIB

Ahmad Dhani sudah beberapa kali ikut dalam kontestasi politik. Mulai dari Pilbub Bekasi 2017 hingga sebagai caleg di Pileg 2019. Lagi-lagi, tak berhasil lolos.

Polhukam | 06:07 WIB

Paku itu keluar dari mulut Pesulap Merah saat berbincang dengan Ustaz Muhammad Faizar

Trand | 05:37 WIB

Ridwan Kamil mengaku telah mendengarkan aspirasi tenaga honorer yang resah menghadapi kebijakan penghapusan tenaga honorer tahun 2023.

Makro | 05:06 WIB
Tampilkan lebih banyak