Jutaan Orang di Jerman Jatuh Miskin

Kemiskinan itu akibat lonjakan inflasi

ARR Vaujie M
Selasa, 05 Juli 2022 | 09:36 WIB
Jutaan Orang di Jerman Jatuh Miskin
suara.com

TANTRUM - Kemiskinan di Jerman telah mencapai rekor tertinggi, situasi yang sebagian diperburuk oleh pandemi Covid-19.

Menurut sebuah laporan oleh organisasi kesejahteraan Jerman, dilansir TRT World belum lama ini, laporan menyebut pada 2021 tingkat kemiskinan di negara itu naik ke level tertinggi yakni 16,6 persen.

Ini adalah sebuah situasi yang dapat diperburuk oleh inflasi. Demikian kata Paritatische Gesamtverband dalam laporannya yang dirilis pada Rabu (29/6/2022). 

“Di Jerman 13,8 juta orang saat ini termasuk di antara orang miskin, 600 ribu lebih banyak dari sebelum pandemi,” kata Kepala Paritatisches Gesamtverband, Ulrich Schneider.

Baca Juga:Kenaikan Kasus Covid-19 Varian BA.4 Dan BA.5 Picu Kenaikan Status Level PPKM

Paritatische Gesamtverband mengikuti standar Uni Eropa, di mana semua orang yang pendapatannya di bawah 60 persen dari pendapatan rata-rata dianggap miskin. 

Seluruh rumah tangga bersih termasuk dalam perhitungan, termasuk upah, pensiun, pengangguran, perumahan, dan tunjangan anak.

“Temuan ini mengejutkan dan dampak ekonomi dari pandemi sekarang memiliki dampak penuh. Belum pernah ada nilai yang lebih tinggi yang diukur berdasarkan sensus mikro resmi, dan belum pernah kemiskinan menyebar secepat selama pandemi,” ujar Schneider.

Menurut laporan itu, ada peningkatan kemiskinan yang tidak biasa di antara orang-orang yang bekerja, terutama wiraswasta, yang harus mengatasi kerugian finansial dalam jumlah besar selama pandemi. 

Tingkat kemiskinan di antara mereka meningkat dari 9 menjadi 13,1 persen.

Baca Juga:Terpopuler: Gaya Cantik Lesti Kejora, Beli Rice Cooker di Olshop Harga Rp40 Ribuan

Selain itu, kenaikan tingkat kemiskinan di kalangan warga lanjut usia pada pensiun (17,9 persen) dan anak-anak dan remaja (20,8 persen) juga tercatat dalam laporan tersebut. 

“Di Jerman saya hanya melihat anak-anak dan orang dewasa yang kekurangan gizi, tidak lapar. Namun kelaparan tidak jauh dari itu," kata Wolfgang Buscher, juru bicara organisasi anak-anak dan pemuda Kristen, Die Arche, kepada media lokal. 

Organisasi bantuan itu merawat 4.500 anak di 30 fasilitas di Jerman, Swiss, dan Polandia. Lebih dari satu dari lima orang hidup dalam kemiskinan dari 5,8 juta penduduk wilayah metropolitan terbesar di Jerman.

Laporan tersebut menunjukkan lima negara bagian memiliki tingkat kemiskinan di atas rata-rata. North Rhine-Westphalia, Thuringia, Saxony-Anhalt, Berlin, dan Bremen berada di bagian bawah, tertinggal jauh di belakang dengan tingkat kemiskinan 28 persen. 

Asosiasi tersebut menggambarkan wilayah Ruhr sebagai wilayah masalah nomor satu dalam hal kebijakan kemiskinan.

“Pemerintah harus mengambil tindakan terhadap pemiskinan di negara ini,” kata pembuat kebijakan buruh kiri, Jessica Tatti. 

Jessica mendorong pajak keuntungan berlebih untuk mendanai orang dengan ‘anggaran yang ketat’.

Sosial Demokrat Jerman, Partai Hijau, dan Demokrat Bebas liberal (FDP) menyalahkan penyebab kemiskinan pada pajak pemerintah.

”Dalam situasi keuangan yang tegang ini, kita harus membiarkan orang mendapatkan lebih banyak uang hasil jerih payah mereka,” kata pakar sosial FDP, Pascal Kober.

Makro

Terkini

Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama wartawan mengikuti lomba tradisi 17 Agustus. Antara lain lomba bakiak, lomba makan kerupuk, baris berbaris, lomba memasukkan paku ke dalam botol.

Polhukam | 18:19 WIB

Posisi tidur miring ke kiri dianggap ideal untuk ibu hamil

Trand | 17:45 WIB

Yana Mulyana berharap, kerja sama dengan Negeri K-POP Korea Selatan ini dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat yang luas terutama untuk pelayanan terhadap masyarakat.

Polhukam | 17:05 WIB

Tim Khusus (Timsus) Polri yang dibentuk Kapolri, mengungkap kasus pembunuhan berencana Brigadir J di Rumah Dinas Kompleks Duren Tiga, Jakarta Selatan, mengaku memiliki cukup bukti.

Polhukam | 16:06 WIB

Pemerintah Jawa Barat selama tiga tahun berjuang untuk pulih dari pandemi

Polhukam | 15:42 WIB

Putri Chandrawathi adalah istri dari bekas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo

Polhukam | 15:13 WIB

Vibe Aura Kasih tetap terpancar dan kerap membuat netizen salah fokus alias salfok

Trand | 15:06 WIB

Jambore Nasional XI Tahun 2022 bertema 'Melalui Kegiatan Jamnas XI 2022, Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi'

Polhukam | 14:02 WIB

Sebagai catatan, sekarang ada empat produsen bus listrik di Indonesia, kemudian tiga produsen mobil listrik dan 31 produsen motor listrik yang punya fasilitas produksi di Indonesia

Korporasi | 13:58 WIB

Kelima lagu dibawakan ulang oleh Putih Abu-Abu dengan gayanya sendiri dan dibawakan dengan pembawaan pop easy-listening.

Trand | 12:44 WIB

Khodam leluhur yang dibawa oleh jin ini bisa menggaggu

Trand | 12:07 WIB

Salah satu artis Bollywood ini adalah Ameesha Patel

Trand | 11:36 WIB

Polri berjanji akan terus mengusut tuntas kasus itu tanpa ada yang ditutup-tutupi sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Polhukam | 11:03 WIB

Pemerintah Arab Saudi merencanakan pemberlakuan sistem bussines to consumer dalam penyelenggaraan umrah

Polhukam | 10:15 WIB

Walikota Busan ajukan tugas alternatif bagi BTS ke Presiden Korea

Trand | 09:41 WIB
Tampilkan lebih banyak