3 Pemerintahan Baru Segera Terbentuk di Papua

Pemerintah sedang mendiskusikan mengenai bentuk hukum yang tepat untuk mengatur hal-hal tersebut,

ARR Vaujie M
Selasa, 05 Juli 2022 | 17:10 WIB
3 Pemerintahan Baru Segera Terbentuk di Papua
suara.com

TANTRUM - Tiga undang-undang daerah otonomi baru di Papua, sudah disahkan oleh DPR RI pada pekan lalu. Pulau Papua akan jadi memiliki 5 provinsi setelah sebelumnya ada Papua dan Papua Barat. 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, pemerintah segera membentuk pemerintahan serta payung hukum yang mengatur keterisian kursi wakil rakyat di tiga daerah otonomi baru (DOB) Papua.

"Tugas kami (pemerintah) yang sekarang, yang pertama dalam waktu dekat bagaimana membentuk pemerintah di sana. Yang kedua adalah membentuk payung hukum atau instrumen hukum untuk keterisian wakil rakyat di DPR RI, DPD RI, dan DPRD tingkat I provinsi," kata Mahfud, di Jakarta, Selasa, (5/7).

Saat ini, lanjut dia, pemerintah sedang mendiskusikan mengenai bentuk hukum yang tepat untuk mengatur hal-hal tersebut, yakni di antara memuatnya dalam peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu), peraturan presiden (Perpres), atau peraturan pemerintah (PP).

Baca Juga:Kemensos Akan Segera Panggil Pemimpin ACT

Mahfud menyampaikan, dalam waktu dekat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan segera mengusulkan kepada pemerintah mengenai bentuk hukum yang mengatur pembentukan pemerintahan dan keterisian wakil rakyat di tiga DOB Papua.

"Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, Kemendagri akan segera mengusulkan proposal atau bentuk hukum yang akan diajukan tentang itu kepada kami (pemerintah)," ucap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Ia menegaskan, pemerintah pusat memiliki waktu yang cukup untuk mengatur semua hal yang berkenaan dengan tiga DOB Papua, yakni Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

"Terutama tentang keterisian wakil rakyat di tengah telah dimulainya beberapa tahapan Pemilu 2024. Semuanya kita tinggal menunggu dan Insyaallah waktunya cukup," katanya.

Baca Juga:Jangan Takut Berhubungan Seks Saat Hamil, Tapi Ada Syaratnya

Polhukam

Terkini

Terinspirasi sarang burung, mahasiswa Desain Interior ITB membuat desain hunian hangat dan nyaman. Meraih prestasi dengan menempati posisi Bronze Winner dalam Bharatika Creative Design Festival tahun 2022.

Trand | 04:04 WIB

Kerja sama penelitian dan pengembangan ITB di bidang teknologi diesel dan bioavtur, bukti tiple helix dalam kemandirian energi untuk bangsa.

Korporasi | 02:01 WIB

Kaum ibu ataupun muslimah sebagai ibu dapat menjadi teladan dalam dalam menjaga lingkungan di keluarga maupun masyarakat.

Trand | 01:07 WIB

Saat ini ada sebanyak 450 anggota KPJ. Mereka akan diberikan kartu anggota yang juga berfungsi sebagai ATM secara bertahap.

Korporasi | 23:57 WIB

Perseteruan antara Gus Samsudin dan Pesulap Merah rupanya menginpirasi masyarakat untuk menghasilkan kreativitas pada hari kemerdekaan RI 17 Agustus.

Trand | 22:04 WIB

Ketersediaan stok vaksin yang mencukupi di dalam negeri mendorong pemerintah memberikan suntikan dosis keempat kepada tenaga kesehatan

Makro | 19:25 WIB

Pendapaian Indonesia Emas ditandai dengan peningkatan pendapatan perkapita yang diproyeksikan sebesar 29 30 ribu Dolar AS. Jika dikalkulasikan, pendapatan perkapita masyarakat Indonesia berkisar Rp 30 juta/bulan.

Korporasi | 19:09 WIB

Promosi bertajuk Kemilau Kemerdekaan LM itu berlangsung sejak 15-31 Agustus 2022.

Korporasi | 18:54 WIB

Kalung kucing adalah solusi untuk mencegah potensi kecelakaan antara kendaraan bermotor dan kucing jalanan pada malam hari. Demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Trand | 18:05 WIB

Kampanye The Rising Tide dan Triathlon Bali-Jakarta berbuah positif, produsen didorong perbesar kemasan plastik (upsizing) demi kurangi timbulan sampah.

Korporasi | 16:49 WIB

Dik Doank justru menemukan makna kemerdekaan yang sesungguhnya di penjara. Mereka yang ada di dalam adalah orang-orang merdeka dan tidak akan melanggar aturan hukum.

Trand | 16:02 WIB

Beda ageusia dengan dysgeusia dan anosmia

Trand | 15:07 WIB

Diabestfriends harus tahu cara cepat menurunkan gula darah

Trand | 14:07 WIB

Batu Mahpar tersebut diduga bukan dari bekas larva Gunung Galunggung

Trand | 13:09 WIB

Ibu Negara menggunakan pakaian asal Buton Sulawesi Tenggara.

Polhukam | 11:11 WIB
Tampilkan lebih banyak