Jangan Takut Berhubungan Seks Saat Hamil, Tapi Ada Syaratnya

Goncangan-goncangan yang terjadi saat aktivitas seksual kala hamil tidak menyebabkan keguguran. Kejadian keguguran bukan disebabkan oleh aktivitas seks kala hamil.

ARR Vaujie M
Selasa, 05 Juli 2022 | 15:20 WIB
Jangan Takut Berhubungan Seks Saat Hamil, Tapi Ada Syaratnya
suara.com

TANTRUM - Kebutuhan biologis suami istri tidak bisa dihentikan walaupun salah satu pasangan tengah mengandung atau hamil. berhubungan seks saat hamil pada trimester berapapun sangat boleh dilakukan.

"Pada dasarnya boleh, sangat boleh, tapi hal tersebut bagi para calon ibu tanpa resiko ataupun resiko rendah, jadi tidak ada masalah," kata Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Dyah Pramita Wardhani, Selasa, 5 Juli 2022. 

Ia mengatakan, melakukan aktivitas seksual pada ibu hamil aman dilakukan tapi ada beberapa yang harus digarisbawahi terkait kondisi janin dan riwayat kehamilan sebelumnya.

"Semisal ada riwayat pernah melahirkan bayi prematur, atau pada semester ke tiga diketahui posisi ari-ari menutupi jalan lahir, atau leher rahim sedikit terbuka yang mengindikasikan akan melahirkan secara prematur atau pernah memiliki riwayat pendarahan atau memiliki radang panggul," kata dokter di RS Sari Asih Cipondoh Kota Tangerang.

Baca Juga:Gong Yoo Ungkap Kekaguman pada Kucingnya, Netizen Auto Iri!

Ia mengatakan, salah satu yang menjadi perhatian, yaitu adanya keputihan pada ibu hamil. Keputihan pada ibu hamil terbagi dua yakni normal dan tidak normal. Keputihan bisa terjadi pada ibu hamil, yang perlu diwaspadai ialah keputihan yang berubah warna, gatal, hingga nyeri.

"Untuk keputihan yang tidak biasa seperti berubah warna menjadi kuning bahkan kehijauan, gatal yang amat sangat hingga timbul rasa nyeri sebaiknya tidak melakukan aktivitas seks tapi sebaiknya diobati terlebih dahulu keputihannya," katanya.

Beberapa kekhawatiran pasangan akibat aktivitas seks pada saat hamil lebih kepada keselamatan janin. Jika tidak ada kondisi yang mengkhawatirkan aktivitas seks boleh dilakukan.

"Rahim ibu itu sangat sangat kuat. Janin dilindungi oleh otot-otot rahim, dan ada selaput ketuban yang sangat tebal untuk melindungi janin," katanya.

Ia menegaskan, goncangan-goncangan yang terjadi saat aktivitas seksual kala hamil tidak menyebabkan keguguran. Kejadian keguguran bukan disebabkan oleh aktivitas seks kala hamil.

Baca Juga:Huawei Rilis Nova 10 Series, Intip Spesifikasi dan Harga

"Hampir 80 persen keguguran itu disebabkan oleh adanya kelainan pada janin itu sendiri. Jadi aktivitas seksual saat hamil tidak menyebabkan keguguran, kecuali memang ada faktor risiko yang tadi disebutkan," ungkapnya. 

Trand

Terkini

Dekranasda Kota Bandung menjanjikan banyak keuntungan jika para pelaku usaha mau gabung.

Korporasi | 02:03 WIB

Sebagai pengingat, langkah untuk melakukan pembayaran PBB lewat layanan QRIS adalah dengan memindai kode (barcode) di laman SPPT wajib pajak. Setelah dipindai, wajib pajak bisa memastikan data secara rinci mengenai data PBB.

Korporasi | 00:59 WIB

Ruang mediasi untuk mengurangi perkara di pengadilan tersebut terletak di Jalan Tera No. 20 Bandung.

Polhukam | 23:02 WIB

Pasar Kreatif Kota Bandung tersebut baru dilaksanakan pada 5 mal, target sudah mencapai Rp 6,5 miliar. Sisanya 1 mal yakni di Paskal 23 dengan target Rp 2 miliar.

Korporasi | 22:03 WIB

Timsus Polri menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah penembakan terhadap saudara Brigadir J atas perintah FS. Tidak ada baku tembak.

Polhukam | 21:04 WIB

Ferdy Sambo, RR, dan KM dijerat dengan Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana Subsider Pasal 338 Juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Polhukam | 20:04 WIB

Bharada E menulis dari awal bahwa yang melakukan adalah yang bersangkutan dan dengan dilengkapi dengan cap jempol dan materai.

Polhukam | 19:54 WIB

Pada saat pendalaman dan olah TKP ditemukan ada hal-hal yang menghambat proses penyidikan , sehingga muncul dugaan hal-hal yang ditutup dan direkaysa.

Polhukam | 19:10 WIB

Terminal Kijing adalah pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan dengan kapasitas hingga 1,95 juta TEUs kontainer dan 28 juta ton barang.

Makro | 18:03 WIB

Jangan ada pihak yang mencoba-coba mengaburkan atau bahkan menutup-nutupi kasus yang sudah menjadi perhatian publik tersebut.

Polhukam | 17:27 WIB

Sebelum jadwal pemeriksaan Ferdy Sambo, Komnas HAM mengagendakan permintaan keterangan terkait uji balistik dengan Tim Khusus (Timsus) Polri pada Rabu (10/8).

Polhukam | 15:46 WIB

Home Clinic merupakan platform digital penyedia jasa layanan kesehatan. Didukung oleh tenaga kesehatan yang mumpuni, Home Clinic cepat menghampiri pasien.

Korporasi | 15:06 WIB

Tindakan warga Yahudi itu 'pelanggaran serius terhadap hukum internasional.'

Polhukam | 14:47 WIB

Sebelumnya, batasan fitur hapus pesan hanya 1 jam 8 menit

Korporasi | 13:47 WIB

Pesulap Merah menghuni rumah sederhana namun nyaman

Trand | 12:52 WIB
Tampilkan lebih banyak