Vaksinasi Dosis Ke-3 Jadi Syarat Perjalanan

Jokowi memerintahkan jajaranya menggencarkan penerapan protokol kesehatan, agar penambahan kasus harian COVID-19 dapat dikendalikan.

ARR Vaujie M
Senin, 04 Juli 2022 | 14:42 WIB
Vaksinasi Dosis Ke-3 Jadi Syarat Perjalanan
suara.com

TANTRUM - Pemerintah memprediksi jika puncak kenaikan kasus COVID-19 di tanah air terjadi pada Juli 2022 ini. Saat ini, kasus COVID-19 di Indonesia 80 persen didominasi oleh varian varian BA.4 dan BA.5.

Presiden Joko Widodo memerintahkan agar vaksinasi COVID-19 booster dapat lebih digencarkan. Sebab, saat ini, capaian vaksinasi booster di Indonesia masih rendah, yaitu 24,5 persen.

Ia meminta Kapolri, Panglima TNI dan juga Kementerian Kesehatan dan BNPB untuk mendorong terus agar vaksinasi booster bisa dilakukan.

"Terutama di kota-kota yang memiliki interaksi antar masyarakatnya tinggi," lanjutnya.

Baca Juga:Harga Teranyar BBM Di Indonesia Per Juli 2022 Dari Termurah sampai Termahal

Selain itu, Jokowi memerintahkan jajaranya menggencarkan penerapan protokol kesehatan, agar penambahan kasus harian COVID-19 dapat dikendalikan.

"Ini penting karena kita tidak mau pengendalian COVID-19 ini bisa mengganggu ekonomi," katanya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, Presiden Jokowi Minta Vaksinasi Booster COVID-19 Digenjot. Selain itu, vaksinasi booster juga akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak. 

Ia menegaskan, arahan Bapak Presiden untuk airport disiapkan vaksinasi dosis ketiga.

"Tentunya dosis ketiga ini akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan juga untuk berbagai perjalanan," tuturnya. 

Baca Juga:Anggota Komisi II DPR Minta Jokowi Keluarkan Perppu Pemilu

Airlangga menegaskan, secara umum Presiden Jokowi meminta agar capaian vaksinasi dosis pertama, kedua dan booster terus ditingkatkan.

Ia juga mengakui jika pemakaian aplikasi PeduliLindungi di ruang publik seperti mal kini mulai jarang diterapkan.

"Kita lihat di beberapa mal, tidak seketat sebelumnya. Jadi saya memonitor di beberapa mal dan beberapa kegiatan, itu aplikasinya ada, tapi banyak pengunjung yang masuk tanpa scan," ujarnya.

Ia mengatakan, pemakaian aplikasi PeduliLindungi tetap ditekankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terlebih kasus positif COVID-19 varian BA.4 dan BA.5 kini marak merebak.

"Jadi tidak boleh kendor. Karena di beberapa tempat termonitor agak kendor. Jadi ini yang harus ditingkatkan lagi," tuturnya.

Ia menegaskan pandemi COVID-19 belum berakhir. Buktinya, kasus COVID-19 di sejumlah negara juga masih tinggi. Bahkan, saat ini, kasus sudah 80 persen adalah BA.4 dan BA.5. 

Pemerintah telah menyuntikkan vaksin dosis pertama COVID-19 di Indonesia sejumlah 201.565.306 dosis, dosis kedua yang sudah disuntikkan adalah sebanyak 169.117.557 dosis dan vaksinasi ke-3 mencapai 50.916.428 dosis.

Polhukam

Terkini

Ketahanan Pangan Digital Desa disebut sebagai inovasi dari Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Barat yang bertujuan menciptakan ketahanan pangan.

Makro | 02:02 WIB

Substansi RTRW Kota Bandung tahun 2022-2042 mengatur tujuan, kebijakan, strategi, rencana struktur ruang, rencana pola ruang, rencana kawasan strategis selama 20 tahun ke depan.

Makro | 23:59 WIB

Bunga Citra Lestari pun terlihat memperhatikan Ariel saat sedang diukur. Tidak dijelaskan untuk keperluan apa baju tersebut dibuat oleh desainer yang kerap membuatkan baju pengantin para artis tanah air.

Trand | 21:06 WIB

Lucinta Luna berpose seksi sambil duduk di tangga. Lucinta Luna sudah tak lagi mengenakan perban di wajahnya.

Trand | 20:05 WIB

Joy Red Velvet jadi polisi yang ceria dan suka menolong sesama

Trand | 18:17 WIB

Biaya perawatan kapal pesiar sangat tinggi

Trand | 16:07 WIB

Harga mi instan yang akan naik 3 kali lipat cukup menghebohkan karena banyak orang ketagihan mengonsumsinya

Trand | 15:12 WIB

Foto lawas diduga pernikahan AKP Rita Yuliana beredar di medsos

Polhukam | 14:51 WIB

Kemarin, harga batu kontrak September di pasar ICE Newcastle ditutup di US$ 401 per ton

Polhukam | 14:09 WIB

Utamakan kenyamanan sebelum memesan hotel

Trand | 13:53 WIB

Menkopolhukam menyebutkan motif kasus Brigadir J berbeda dari spekulasi

Polhukam | 13:10 WIB

Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G keduanya diklaim akan menjadi ponsel lipat paling inovatif di pasarnya saat ini dengan tampilan yang bisa dikustomisasi.

Trand | 12:40 WIB

Mengganti oli sepeda motor di rumah tidak sesulit yang dibayangkan

Trand | 12:04 WIB

Hal tersebut membuat Vivi berencana untuk melayangkan somasi

Trand | 11:46 WIB

Kini harga lipstik yang cukup mahal apalagi saat belum gajian

Trand | 11:10 WIB
Tampilkan lebih banyak