Pengguna Smartphone Diminta Kembali ke Dunia Nyata

Pengguna menghabiskan terlalu banyak waktunya di perangkat smartphone

ARR Vaujie M
Minggu, 03 Juli 2022 | 12:57 WIB
Pengguna Smartphone Diminta Kembali ke Dunia Nyata
suara.com

TANTRUM - Martin Cooper, seorang insinyur Amerika berusia 93 tahun penemu ponsel, menyarankan orang - orang untuk mengurangi penggunaan ponsel pintar (smartphone) mereka dan kembali ke kehidupan nyata. 

Cooper pernah memimpin tim di Motorola, yang bertanggung jawab untuk pengembangan ponsel pertama di tahun 1970-an. 

Pada tahun 1973, ia menjadi orang pertama dalam sejarah yang melakukan panggilan telepon genggam di depan umum.

Herannya, dia sebenarnya tidak terlalu sering menggunakan perangkat ponsel, diberitakan Viva mengutip laman Metro, ditulis Minggu, 3 Juli 2022.

Baca Juga:20 Tahun Kota Palopo, Iqbal Suhaeb Harap Palopo Tangguh dan Ekonomi Tumbuh

Cooper menjelaskan, dia hanya menghabiskan kurang dari 5 persen waktunya di telepon. Dalam sebuah wawancara dia tidak percaya ada orang yang bisa menghabiskan waktunya hingga lima jam. 

"Anda benar-benar menghabiskan lima jam sehari? Saya akan mengatakan kembali ke kehidupan nyata!" ujarnya. 

Sebuah studi oleh WhistleOut menyurvei 1.000 pengguna smartphone Amerika, untuk melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan di ponsel dan hasilnya begitu mengejutkan.

Survei tersebut menemukan bahwa kaum milenial menghabiskan hampir seperempat dari kehidupan nyata mereka di ponsel mereka, sekitar 23,1 persen dari hari mereka. 

Angka itu turun menjadi 16,5 persen untuk Generasi X, bahkan lebih rendah untuk Baby Boomers dengan persentase hanya 9,9 persen. 

Dalam studi tersebut, para peneliti juga menghitung jumlah rata-rata jam yang kita habiskan di ponsel kita selama satu hari, yang juga sangat bervariasi antar generasi.

Rata-rata screentime per hari untuk milenial adalah 3,7 jam, Gen X menghabiskan rata-rata 3 jam dan Boomer hanya 2,5 jam. 

Dengan perhitungan tersebut, WhistleOut memperkirakan bahwa rata-rata pengguna telepon selama hidup mereka akan menghabiskan 8,74 tahun.

Terlebih untuk generasi milenial, merupakan orang pertama yang tumbuh dengan teknologi. Banyak dari mereka yang menggunakan telepon karena pekerjaan yang berfokus pada teknologi yang mereka jalani.

Trand

Terkini

Saat bertemu Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Ridwan Kamil mengatakan pandemi COVID-19 telah mengguncang dan mengubah kehidupan.

Makro | 01:57 WIB

Ridwan Kamil mengaku, kedatangannya ke rumah Ikhsan Maulana karena ia merasakan kesedihan yang sama, yakni kehilangan anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz.

Polhukam | 00:58 WIB

Menurut Atalia Ridwan Kamil, para atlet harus bisa mengelola dengan bijak hadiah atau bonus yang dihasilkan dari setiap pertandingan.

Polhukam | 23:59 WIB

Pemanasan Global menyebabkan kurang lebih 700 hektare lahan di pantai utara jabar ditelah lautan, khususnya di wilayah utara Subang dan Bekasi.

Polhukam | 23:01 WIB

BPS mencatat perekonomian Indonesia 2021 berdasarkan PDB mencapai Rp16.970,8 atau tumbuh sebesar 3,69 persen, dengan rincian PDB per kapita senilai Rp62,2 juta atau 4.349,5 dolar AS.

Makro | 20:42 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga momentum kinerja positif yang berhasil diraih di sektor transportasi pada tahun 2022.

Makro | 20:20 WIB

Inspektorat Khusus (Irsus) Timsus Polri memeriksa 25 orang personel Polri yang melanggar prosedur tidak profesional dalam menangani olah tempat kejadian perkara (TKP) Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Polhukam | 19:40 WIB

Masifnya pengeboran tersebut, otomatis meningkatkan jumlah rig pengeboran aktif menjadi lebih dua kali lipat dari yang awalnya sembilan menjadi 21 rig dan akan terus meningkat menjadi 27 rig.

Korporasi | 18:43 WIB

Harga minyak dunia ini Senin, 8 Agustus 2022 per pukul 06.59 WIB

Polhukam | 17:47 WIB

Rumah sakit Indonesia yang terletak di Bayt Lahiya, sebagai rumah sakit terbesar di Gaza bagian utara, turut membantu menangani hingga puluhan korban serangan Israel.

Polhukam | 16:33 WIB

Rencana regulasi BPOM untuk melabeli galon isi ulang plastik BPA dibanjiri opini dari segelintir pendukung industri plastik BPA di Indonesia yang menutup mata melihat fakta bahaya BPA terhadap kesehatan.

Korporasi | 16:03 WIB

Letusan yang dikeluarkan gunung api tersebut eksplosif maupun efusif

Makro | 15:47 WIB

PT KAI juga terus membukukan kinerja EBITDA yang positif yakni sebesar Rp 2,078 triliun atau tumbuh signifikan jika dibandingkan periode semester I 2021 sebesar Rp548 miliar.

Korporasi | 14:42 WIB

Warganet kerap menyimpan dan berkomentar aneh di Instagramnya

Trand | 14:05 WIB

UMKM yang menyumbangkan 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional memiliki peran penting dalam peta ekonomi digital Indonesia.

Korporasi | 13:50 WIB
Tampilkan lebih banyak