Kiat Hasilkan Cuan Saat Festival Belanja Online

Ada berbagai langkah yang disiapkan untuk memanjakan para konsumen saat festival belanja online.

ARR Vaujie M
Minggu, 03 Juli 2022 | 10:02 WIB
Kiat Hasilkan Cuan Saat Festival Belanja Online
suara.com

TANTRUM  - Festival belanja online saat ini menjadi salah satu pilihan para UMKM atau penjulan untuk naikkan transaksi. Bahkah,  enjadi salah satu strategi pemasaran yang rutin dijalankan platform e-commerce.

SVP Seller Operations, Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro mengingatkan, ada berbagai langkah yang disiapkan untuk memanjakan para konsumen. 

"Penjual biasanya memang melakukan persiapan yang lebih ekstra, termasuk dari sisi penyediaan stok produk dan jumlah karyawan, untuk mengantisipasi banjirnya pesanan," katanya.

Bagi yang punya toko daring, kiat mempersiapkan toko agar bisa meningkatkan penjualan atau cuan yang signifikan selama festival belanja.

Baca Juga:Hore! Konser BLACKPINK Digelar di Jakarta Tahun Depan

Tampilkan produk Anda secara menarik

Kiat paling dasar adalah pastikan produk Anda nampak menonjol dengan menampilkan produk secara jelas dan rinci, baik dalam bentuk foto maupun deskripsi produk. 

Jangan lupa gunakan latar foto yang tidak terlalu ramai dan jarak foto yang tidak terlalu jauh agar detail foto terlihat jelas.

Usahakan mengambil foto dari beragam sudut pengambilan gambar, dan juga foto ketika produk tersebut dipergunakan oleh orang. Pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya tampak menarik, namun juga bisa ‘menceritakan’ fungsi, keunggulan, serta kualitas produk. Bangun nilai untuk produk dan toko Anda, dan jadikan sebagai daya jual

Konsumen sering kali memilih produk berdasarkan harga produk. Oleh sebab itu, penting untuk membangun nilai dari produk yang Anda jual agar Anda bisa "bercerita" bahwa harga yang tertera memberikan banyak nilai bagi pembeli.

Baca Juga:ID FOOD Berkomitmen Atasi Ancaman Krisis Pangan

Pahami algoritma 

E-commmerce menggunakan algoritma dan personalisasi untuk menyesuaikan antara produk dengan pencarian calon pembeli. Untuk mendorong trafik ke toko, pastikan judul produk mewakili produk dengan baik dan mengandung kata kunci yang sering dipakai calon pembeli saat mencari produk terkait.

Lengkapi juga detail produk termasuk warna, ukuran, bahan, dan lainnya. Pastikan juga produk Anda terdaftar di kategori produk yang benar. Tentunya penjelasan produk pada kolom deskripsi juga harus rinci untuk mendorong terjadinya pembelian saat calon pembeli sudah masuk ke halaman produk toko Anda.

Manfaatkan media sosial

Toko biasanya memiliki akun media sosial untuk mempromosikan produk dengan basis pengikut yang sudah terbentuk. Memanfaatkan media sosial toko atau jenama Anda, atau bahkan media sosial pribadi Anda, bisa menjadi salah menarik pengunjung ke toko Anda.

Sampaikan berbagai promosi yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial dan jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk. Cobalah untuk mengarahkan transaksi langsung dari platform lokapasar supaya terdapat catatan penjualannya di toko lokapasar Anda.

Bangun penilaian dan ulasan baik 

Penilaian dan ulasan toko yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan calon pembeli terhadap toko. Oleh karena itu, pemilik toko harus berupaya mendapatkan ulasan baik dari pembeli dengan cara memberikan layanan terbaik. Dorong pembeli agar memberikan ulasan dari setiap transaksi yang dilakukan.

Selain menyapa dan mengingatkan pembeli, memberikan voucher diskon untuk pembelian berikutnya bisa menjadi salah satu cara mendorong pembeli memberikan penilaian atas produk dan layanan toko Anda. Voucher juga bisa mendorong pembeli untuk melakukan pembelian selanjutnya.

Manfaatkan fitur dan program platform e-Commerce.

Setiap platform e-commerce memiliki berbagai fitur dan program yang bisa dimanfaatkan oleh para penjual untuk meningkatkan penjualan tokonya, seperti voucher dan gratis ongkos kirim. 

Fitur livestreaming juga bisa dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif. Jangan ragu untuk manfaatkan berbagai fitur dan program ini sesuai dengan kebutuhan toko demi menjaring pelanggan lebih luas.

Mental untuk terus belajar dan berusaha

Berjualan daring bukan hal yang mudah, dan kegagalan menjadi hal yang lumrah terjadi. Pengalaman selalu menjadi guru terbaik, di mana penjual akan dapat menemukan pendekatan dan strategi terbaik untuk bisnisnya seiring dengan perjalanan usaha, termasuk dalam persiapan menghadapi festival belanja.

Korporasi

Terkini

Generasi muda di tengah ancaman pornografi, kekerasan, dan kecanduan gawai. Ini harus diantisipasi orang tua di era digital saat ini.

Polhukam | 18:08 WIB

Maudy Ayunda berencana makan malam di luar saat peristiwa itu terjadi

Polhukam | 17:47 WIB

Jerat pidana mengancam istri Irjen Ferdy Sambo jika terbukti laporannya palsu

Polhukam | 17:07 WIB

Seluruh daftar aset kripto ini diterbitkan langsung oleh Bappebti

Makro | 16:44 WIB

Saat itu Ferdy Sambo masih menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri

Polhukam | 16:10 WIB

Putri masih trauma atas peristiwa pembunuhan Brigadir J

Polhukam | 15:07 WIB

Larangan ini akan mendorong China untuk berinvestasi lebih banyak di India

Makro | 14:26 WIB

Ada dua girl group K-Pop fiktif yang terdeteksi 'halu'

Trand | 14:04 WIB

Sebelumnya netizen berspekulasi Cita Citata berhijab karena faktor pasangan

Trand | 13:51 WIB

Posisi Rusia yang berprinsip dan konsisten, tercermin dalam resolusi yang relevan dari Majelis Umum PBB

Polhukam | 12:41 WIB

Comeback lagu Forever 1 album ke-7 ini spesial memperingati 15 tahun debut Girls Generation

Trand | 12:05 WIB

Untuk jenis aset kripto di luar daftar, wajib dilakukan delisting oleh calon pedagang fisik aset kripto dengan diikuti langkah penyelesaian bagi setiap pelanggan aset kripto.

Makro | 11:37 WIB

Kepulangan Dita SECRET NUMBER ini untuk menghadiri acara pernikahan sepupunya

Trand | 11:07 WIB

Pengakuan Lucinta Luna ini sontak buat kaget media Malaysia

Trand | 10:51 WIB

Tato Maria Vania bikin netizen main tebak-tebakan

Trand | 10:05 WIB
Tampilkan lebih banyak