Waspada Jika Ada Darah Dalam Urine

Darah dalam urine adalah gejala kanker prostat

ARR Vaujie M
Minggu, 03 Juli 2022 | 14:11 WIB
Waspada Jika Ada Darah Dalam Urine
suara.com

TANTRUM - Salah satu jenis kanker yang paling umum dialami pria adalah kanker prostat. Kanker prostat umumnya tumbuh lambat dan tetap terbatas pada kelenjar prostat. 

Prostat sendiri adalah kelenjar kecil pada pria yang menghasilkan cairan mani yang memberi nutrisi dan mengangkut sperma.

Namun demikian, ada beberapa jenis kanker prostat bersifat agresif dan dapat menyebar dengan cepat.

Meskipun tidak ada gejala penyakit yang jelas karena pertumbuhannya yang lambat, ada beberapa perubahan kebiasaan buang air kecil yang dapat mengindikasikan adanya kanker prostat. 

Baca Juga:Samsung Siapkan Prosesor 3nm untuk Penambangan Bitcoin

Walau tidak menutup kemungkinan beberapa tanda merupakan masalah sementara yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti pola makan dan gaya hidup.

Diberitakan himedik.com melansir dari Times of India, beberapa tanda bahaya paling umum yang tidak boleh diabaikan seperti kebutuhan mendesak untuk buang air kecil, lebih sering ke toilet, aliran urine yang lambat atau terputus, dan perasaan ingin buang air kecil bahkan ketika baru saja kencing.

Gejala lain dari kanker prostat termasuk darah dalam urine, darah dalam air mani, nyeri tulang, penurunan berat badan, dan disfungsi ereksi. Jika mengalami salah satu dari gejala berikut, maka harus berkonsultasi dengan dokter.

Sementara penyebab di balik kanker prostat tidak begitu jelas, ada faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat. 

Seperti usia yang semakin tua (50 tahun) dan memiliki keluarga dengan riwayat kanker prostat.

Baca Juga:Pesan Megawati untuk Kader PDIP Sumbar: Anda Tak Sendiri, Kita Menyatu di Bawah Panji-panji Nasionalis Soekarnois

Orang yang mengalami obesitas juga berisiko lebih tinggi terkena kanker prostat dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan ideal. 

Studi juga menemukan bahwa pada orang gemuk, kanker prostat lebih cenderung menjadi agresif dan lebih mungkin untuk kembali setelah perawatan awal.

Trand

Terkini

Akibat harga minyak dunia, nilai tukar rupiah hingga kuota BBM sudah melesat

Makro | 16:49 WIB

Terdapat sekitar 2.500 pemeluk agama Islam di Meksiko

Polhukam | 15:49 WIB

Perusahaan mendukung karyawannya yang telah melakukan investigasi awal dalam menjalankan tugasnya sesuai prosedur yang dibuat.

Polhukam | 15:21 WIB

Pemkot Bandung akan menggelar pameran produk koperasi dan UMKM. Acara ini rangkaian peringatan ke-75 Hari Koperasi (Harkop) tingkat Kota Bandung Tahun 2022.

Polhukam | 15:01 WIB

Sebelumnya WHO menghapus nama Wuhan untuk Covid-19

Makro | 14:51 WIB

KIB yang digawangi Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terbuka dengan persamaan gagasan dan pemikiran untuk kemajuan Indonesia.

Polhukam | 13:46 WIB

Pengacara nyentrik Hotman Paris Hutapea mengungkapkan bersedia menjadi pengacara pegawai Alfamart yang kasusnya tengah viral.

Polhukam | 13:26 WIB

Polri menyetop penyidikan laporan dugaan pelecehan seksual ke Putri Candrawathi dan ancaman pembunuhan

Polhukam | 12:50 WIB

Setelah Jaksa menilai berkas telah lengkap, Kepolisian akan menyerahkan Roy Suryo kepada Kejaksaan untuk mengikuti persidangan.

Polhukam | 11:46 WIB

Tim inspektorat khusus telah menetapkan 31 orang personel Polri melanggar prosedur dalam menangani tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Irjen Pol. Ferdy Sambo1

Polhukam | 11:07 WIB

Pemerintah telah membangun sejumlah infrastruktur di bidang pertanian, mulai dari bendungan, embung, hingga jaringan irigasi guna mendukung peningkatan hasil produksi pertanian nasional.

Makro | 10:44 WIB

5 ramalan The Simpsons di masa lalu yang terjadi di dunia nyata

Trand | 10:04 WIB

Berperan sebagai Nani, Ariel Tatum akan menjadi istri dari anggota Densus 88 bernama Aji, yang diperankan Nicholas Saputra

Trand | 09:43 WIB

Nathalie Holscher telah resmi bercerai dengan Sule pada Rabu (10/8).

Trand | 09:09 WIB

Upacara pengukuhan 54 anggota Paskibraka Jabar ini digelar di Aula Barat Gedung Sate

Polhukam | 08:55 WIB
Tampilkan lebih banyak