Kemendag Diminta Ekspor CPO dan Bahan Baku Minyak Goreng

Percepatan ekspor CPO dan bahan baku minyak goreng ini guna memperbaiki harga TBS

ARR Vaujie M
Minggu, 03 Juli 2022 | 13:17 WIB
Kemendag Diminta Ekspor CPO dan Bahan Baku Minyak Goreng
suara.com

TANTRUM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) diminta mempercepat ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan bahan baku minyak goreng.

Tujuannya percepatan ekspor CPO dan bahan baku minyak goreng ini guna memperbaiki harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit petani.

Percepatan ekspor diminta dilakukan dengan menaikkan rasio angka pengali ekspor CPO dan bahan baku minyak goreng menjadi tujuh kali lipat dari kewajiban pasar domestik (DMO).

"Saya minta Kemendag untuk dapat meningkatkan pengali ekspor menjadi tujuh kali untuk ekspor sejak 1 Juli ini dengan tujuan utama untuk menaikkan harga TBS di petani secara signifikan," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan resminya diberitakan Antara dicuplik dari Suara, ditulis Minggu, 3 Juli 2022.

Baca Juga:Di Bukti Siguntang, 2 Juli Ditetapkan Hari Adat Melayu Jambi

Luhut memerintahkan hal itu dalam rapat evaluasi kebijakan pengendalian minyak goreng, Jumat (1/7/2022). 

Sebelumnya pemerintah memberikan insentif kuota ekspor sebesar lima kali lipat kepada produsen dari realisasi pendistribusian DMO dan DPO (kewajiban harga domestik).

Contohnya, jika bisa menyalurkan minyak goreng curah dengan harga Rp14 ribu/liter sebanyak 1.000 ton, maka produsen tersebut diperbolehkan melakukan ekspor lima kali lipat dari 1.000 ton.

Luhut pun memastikan pemerintah saat ini tengah berupaya menemukan keseimbangan antara target dari sisi hulu hingga hilir terkait pengendalian minyak goreng.

"Saat ini harga minyak goreng telah mencapai Rp14.000/liter di Jawa-Bali, sehingga kebijakan di sisi hulu dapat kita mulai relaksasi secara hati-hati untuk mempercepat ekspor dan memperbaiki harga TBS di tingkat petani," ujarnya.

Pada bulan Juni, pemerintah telah memberikan alokasi ekspor sebesar 3,41 juta ton melalui program transisi dan percepatan guna memberi kepastian kepada dunia usaha untuk ekspor dan khusus untuk program transisi dapat dipergunakan selama beberapa bulan ke depan.

Hingga akhir Juni, total minyak goreng curah yang disalurkan sebagai bagian DMO produsen minyak goreng telah mencapai lebih dari 270 ribu ton.

Alokasi ekspor dari program DMO juga dapat dipergunakan selama 6 bulan dan sebagian telah dikonversi menjadi hak ekspor.

Pemerintah juga akan melakukan langkah percepatan realisasi ekspor karena kapasitas tangki-tangki dalam waktu dekat akan kembali penuh. Selain itu hal ini juga dilakukan karena harga TBS petani masih rendah.

Di sisi lain, salah satu langkah untuk meningkatkan harga CPO pada semester II adalah dengan menaikkan B30 menjadi B35/B40 dan diterapkan secara fleksibel tergantung pasokan dan harga CPO.

Luhut pun meminta Kementerian ESDM, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Pertamina untuk dapat segera mengkaji terkait rencana tersebut.

"Saya harap seluruh kementerian dan lembaga yang terkait dapat segera menindaklanjuti pekerjaan terkait isu ini, agar harga minyak goreng dapat segera terkendali dan menguntungkan bagi masyarakat, petani, maupun para pengusaha," sebut Luhut.

Makro

Terkini

Satu per satu, sejumlah keterangan baru yang melingkupi misteri kasus pembunuhan Brigadir J terungkap. Antara lain, keterangan mengenai tidak adanya baku tembak.

Polhukam | 07:04 WIB

Hujan angin itu akan disertai kilat atau petir

Polhukam | 06:54 WIB

Persib Bandung kalah lagi dan meneruskan puasa kemenangan di awal musim Liga 1 2022

Polhukam | 06:27 WIB

Wakil Wali Kota Petaling Jaya, Sharipah Marhaini menyatakan, bakal bekerja sama dengan Pemkot Bandung untuk mengembangkan program Smart City di Petaling Jaya.

Korporasi | 05:09 WIB

Ridwan Kamil mengaku, kedatangannya ke rumah Ikhsan Maulana karena ia merasakan kesedihan yang sama, yakni kehilangan anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz.

Polhukam | 00:58 WIB

Menurut Atalia Ridwan Kamil, para atlet harus bisa mengelola dengan bijak hadiah atau bonus yang dihasilkan dari setiap pertandingan.

Polhukam | 23:59 WIB

Pemanasan Global menyebabkan kurang lebih 700 hektare lahan di pantai utara jabar ditelah lautan, khususnya di wilayah utara Subang dan Bekasi.

Polhukam | 23:01 WIB

Pada babak final, harga tiketnya dijual lebih mahal dari babak play-off. Harga tiket final mencapai SGD 498 atau sekitar Rp 5,3 juta.

Trand | 21:22 WIB

BPS mencatat perekonomian Indonesia 2021 berdasarkan PDB mencapai Rp16.970,8 atau tumbuh sebesar 3,69 persen, dengan rincian PDB per kapita senilai Rp62,2 juta atau 4.349,5 dolar AS.

Makro | 20:42 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga momentum kinerja positif yang berhasil diraih di sektor transportasi pada tahun 2022.

Makro | 20:20 WIB

Inspektorat Khusus (Irsus) Timsus Polri memeriksa 25 orang personel Polri yang melanggar prosedur tidak profesional dalam menangani olah tempat kejadian perkara (TKP) Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Polhukam | 19:40 WIB

SNSD comeback setelah 5 tahun hiatus

Trand | 19:05 WIB

Masifnya pengeboran tersebut, otomatis meningkatkan jumlah rig pengeboran aktif menjadi lebih dua kali lipat dari yang awalnya sembilan menjadi 21 rig dan akan terus meningkat menjadi 27 rig.

Korporasi | 18:43 WIB

Suami Polwan di Pontianak berprofesi sopir truk ini banjir pujian dari netizen

Trand | 18:07 WIB

Harga minyak dunia ini Senin, 8 Agustus 2022 per pukul 06.59 WIB

Polhukam | 17:47 WIB
Tampilkan lebih banyak