Pentingnya Etika di Ruang Digital

Dalam transaksi online ulasan pelanggan harus beretika

ARR Vaujie M
Sabtu, 02 Juli 2022 | 11:21 WIB
Pentingnya Etika di Ruang Digital
suara.com

TANTRUM - Pentingnya etika di ruang digital dalam transaksi online saat pembeli memberikan ulasan harus dikedepankan.

Contohnya ketika penjual di platform e-commerce mendapat ulasan buruk dari pembeli, maka cara meresponsnya harus tetap beretika.

Itu dikatakan oleh  Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) Kalimantan Timur Eko Junirianto.

"Dalam merespons di ruang diskusi atau membalas chat dari pelanggan, gunakan kata-kata yang sopan dan sesuai kaidah," ujar Eko dalam keterangan resminya dicuplik dari suara.com, ditulis Sabtu, 2 Juli 2022.

Baca Juga:Prediksi Arema FC vs Barito Putera di Perempat Final Piala Presiden 2022 Sore Ini

Eko menyampaikan hal tersebut dalam webinar bertema Kreatif Menjual Produk Lokal di Era Digital yang digelar secara daring baru-baru ini.

Webinar tersebut bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital di Balikpapan, Kalimantan Timur yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Eko mengatakan ulasan pelanggan merupakan salah satu hal penting yang akan menjadi pertimbangan bagi konsumen lainnya dalam membeli produk.

Untuk itu, kata dia, penjual harus bisa tetap menjaga etika meski pelanggan memberikan ulasan yang kurang baik terhadap produk yang dijual.

"Jangan sampai melihat ulasan jelek lalu berkata kasar apalagi menyinggung SARA. Kita harus menghargai pelanggan agar memiliki toko yang baik dengan rating yang baik juga,” kata Eko.

Baca Juga:11 Crazy Rich Indonesia Ikut Pengampunan Pajak Jilid II, Siapa Saja Mereka?

Sementara itu, konsultan UMKM Fianda Julyantoro menilai bahwa lokapasar merupakan tempat yang sangat potensial sebagai media berjualan, karena selain praktis, lokapasar juga bisa menjadi sarana memperluas jangkauan pasar.

Fianda lantas membagikan tips agar mendapatkan hasil maksimal dalam berjualan di lokapasar.

“Cari tahu konsumen butuhnya apa? Kalau kita tidak punya produknya, jangan buru-buru memproduksi. Mulai dengan menjadi reseller dulu, yang penting barangnya dibutuhkan pasar. Manfaatkan juga fitur-fitur promosi yang tersedia di lokapasar,” ucap Fianda.

Hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Kegiatan ini khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan komunitas cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat.

Makro

Terkini

Kepulangan Dita SECRET NUMBER ini untuk menghadiri acara pernikahan sepupunya

Trand | 11:07 WIB

Pengakuan Lucinta Luna ini sontak buat kaget media Malaysia

Trand | 10:51 WIB

Tato Maria Vania bikin netizen main tebak-tebakan

Trand | 10:05 WIB

Sukses dengan drama romance Crash Landing On You pada tahun 2019, Hyun Bin berperan sebagai seorang perwira tinggi dari Korea Utara.

Trand | 09:43 WIB

Motif pembunuhan Brigadir J masih misteri

Polhukam | 09:19 WIB

Pilihan sang istri ini malahan membuat suaminya puas

Trand | 09:04 WIB

Masyarakat Indonesia harus memiliki pemahaman bahwa interaksi di dunia maya atau internet harus diperlakukan sama seperti halnya masyarakat berkomunikasi di dunia nyata.

Trand | 08:41 WIB

Alasan Menko Mahfud agar Bharada E selamat dari penganiayaan, racun atau apapun

Polhukam | 08:29 WIB

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan motif penembakan terhadap Brigadir J atau Nopryansah Yosua Hutabarat nantinya bakal disampaikan oleh Polri.

Polhukam | 08:03 WIB

Kondisi cuaca itu akan berpeluang dengan angin kencang di antara waktu siang menjelang sore hingga malam hari

Polhukam | 07:46 WIB

Dalam peristiwa penembakan Brigadir J, tim khusus telah menetapkan empat orang sebagai tersangka, yakni Sambo, Bharada E, Bribka RR, dan KM.

Polhukam | 07:42 WIB

Aktivitas akan terasa mudah dan ringan apabila diawali dengan doa

Trand | 07:30 WIB

Gus Samsudin tampak sedang berada di bandara bersiap untuk naik pesawat. Ia mengaku sedang siap tempur.

Polhukam | 07:04 WIB

Harapan diprosesnya dugaan pelecehan istri Ferdy Sambo dilayangkan oleh kuasa hukum

Polhukam | 06:29 WIB

Ahmad Dhani sudah beberapa kali ikut dalam kontestasi politik. Mulai dari Pilbub Bekasi 2017 hingga sebagai caleg di Pileg 2019. Lagi-lagi, tak berhasil lolos.

Polhukam | 06:07 WIB
Tampilkan lebih banyak