Gunung Ili Lewotolok Meletus Disertai Dentuman Sedang

Kemarin letusan Gunung Ili Lewotolok disertai gemuruh kuat

ARR Vaujie M
Sabtu, 02 Juli 2022 | 07:38 WIB
Gunung Ili Lewotolok Meletus Disertai Dentuman Sedang
magma.esdm.go.id

TANTRUM - Gunung Ili Lewotolok, Nusa Tenggara Timur kembali meletus pada pukul 05.46 WITA. Letusan kali ini disertai dentuman sedang.

Material vulkanik yang dikeluarkan Gunung Ili Lewotolok berupa abu dengan ketinggian kurang lebih 700 meter dari atas puncak gunung atau 2.123 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono, warna kolom abu yang dihembuskan berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 20.8 mm dan durasi kurang lebih  40 detik," ujar Eko dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Sabtu, 2 Juli 2022.

Baca Juga:Indonesia Tak Bisa Gunakan GBK Saat FIFA Matchday, Main di Stadion Segiri?

Sebelumnya kemarin (1/7/2022), Gunung Ili Lewotolok mengalami hal serupa, namun letusannya disertai gemuruh kuat.

Peristiwa itu terjadi pukul 16.29 WITA dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.300 meter di atas puncak atau 2.723 mdpl. 

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," kata Eko.

Dengan adanya dua hari berturut - turut mengalami aktivitas vulkanik skala besar, belum ada peningkatan status Gunung Ili Lewotolok.

Gunung Ili Lewotolok berada pada Status Level III (Siaga) sejak 29 November 2020. Rekomendasi yang diterbitkan oleh Badan Geologi Kementerian ESDM adalah tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer dari puncak atau kawah Gunung Ili Lewotolok, radius 3.5 kilometer untuk sektor tenggara, radius 4 kilometer untuk sektor timur dan timurlaut.

Baca Juga:5 Terobosan Tjahjo Kumolo Selama Menjabat Sebagai Menpan RB, Bela Hak Honorer

"Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman guguran lava pijar dan awan panas dari bagian timur puncak atau kawah Gunung Ili Lewotolok," ujar Eko.

Tak hanya Gunung Ili Lewotolok, 4 gunung lainnya berstatus Level III (Siaga). Diantaranya adalah Gunung Awu sejak 11 Mei 2022, Gunung Anak Krakatau dari 24 April 2022, Gunung Semeru     ditetapkan 16 Desember 2021 dan Gunung Merapi pada 5 November 2020. 

Polhukam

Terkini

Koperasi Kohippci bantu eksistensi pedagang Pasar Cikapundung. Koperasi ini dibentuk Serikat Pedagang Pasar Cikapundung.

Korporasi | 22:26 WIB

Fungsi utama terminal itu sendiri sebagai hub atau penghubung, juga fungsi ekonomi atau komersial, serta fungsi layanan masyarakat.

Makro | 20:49 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, PT Telkom Indonesia (Telkom) tertarik masuk dalam dunia metaverse dengan membuat mall virtual yang diberi nama Metanesia.

Korporasi | 20:03 WIB

Peluncuran smartphone, tablet dan jam tangan terbaru merupakan bagian dari strategi realme untuk memperkuat produk Artificial Intelligence of Things (AIoT) di Indonesia.

Korporasi | 19:23 WIB

Pemerintah bakal terapkan kebijakan pengenaan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp.0,- (nol rupiah)

Makro | 18:40 WIB

Selain koneksi yang sudah 5G, Vivo Y75 5G tampil dengan desain apik. Seri 5G Vivo ini dirancang dengan desain Dynamic Design yang memadukan dua warna.

Korporasi | 18:03 WIB

Menurut penjelasan dalam Primbon Jawa, Khodam leluhur pada dasarnya diwariskan dari para tetua (pendahulu) kepada keturunannya.

Trand | 17:40 WIB

Dengan belanja subsidi dan juga kompensasi, pemerintah berharap daya beli masyarakat terjaga dan laju inflasi nasional terus terkendali.

Makro | 17:36 WIB

Doa ini harus dibaca dengan benar agar mendapatkan keturunan yang baik

Trand | 17:11 WIB

Presiden Joko Widodo, mengungkapkan tingginya harga tiket pesawat dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022.

Makro | 16:02 WIB

Terdapat pula hadist tentang larangan menyiksa kucing

Trand | 15:05 WIB

Cokelat beberapa kali sempat berganti-ganti personel. Setelah kepergian Kikan dari band itu, posisi vokalis sempat diisi oleh Sarah Hadju, Jackline Rossy, dan Aiu Ratna.

Trand | 14:38 WIB

Berhubungan seks usai bangun tidur membantu meningkatkan daya ingat

Trand | 14:03 WIB

Memelihara kucing dapat mendatangkan manfaat kesehatan secara fisik dan emosional

Trand | 13:42 WIB

BI menegaskan, seluruh uang rupiah kertas maupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran sah

Makro | 13:42 WIB
Tampilkan lebih banyak