Diketahui Makanan Zaman Dahulu dari Relief Candi Borobudur

Ada Rumbah Hadangan Prana berupa hidangan dengan bahan utama daging kerbau

ARR Vaujie M
Sabtu, 02 Juli 2022 | 13:45 WIB
Diketahui Makanan Zaman Dahulu dari Relief Candi Borobudur
suara.com

TANTRUM - Penemuan makanan pada zaman dahulu di relief Candi Borobudur akan menjadi pengetahuan sangat penting kehidupan waktu itu.

Hasil pengungkapan Komunitas Gastronomi Indonesia atau Indonesian Gastronomy Community (IDC), ditemukan sejumlah makanan dan minuman yang dihidangkan.

Hal itu disiarkan oleh Gastonomi Indonesia saat diskusi secara virtual bertemakan Gastronosia: Dari Borobudur untuk Indonesia di Museum Nasional yang digelar pada 29 Juni-2 Juli 2022 diberitakan suara.com dicuplik dari Antara.

"Kami ingin memperkenalkan gastronomi Indonesia dari mulai abad 8, yang ada di relief candi itu kita rekonstruksi untuk bisa diketahui oleh masyarakat luas," kata Ketua IDC, Ria Musiawan di Museum Nasional, Jakarta ditulis Sabtu, 2 Juli 2022.

Baca Juga:Siapa Pengganti Menpan RB usai Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia?

Ria menyebutkan beberapa makanan yang ditemukan, yaitu Twak, Kinca, dan Legen sejenis minuman dan Rumbah Hadangan Prana berupa hidangan dengan bahan utama daging kerbau.

Kemudian, Klaka Wagalan dari ikan dan Harang Harang Kyasan dari belut merupakan makanan yang disajikan pada jamuan makan para raja Mataram kuno.

Ria menuturkan penggunaan bahan utama bukan dari daging sapi karena saat itu sapi merupakan hewan sakral, sehingga untuk memenuhi kebutuhan protein digunakan daging kerbau, sementara penggunaan ikan dan belut karena Borobudur pada masa itu dikelilingi oleh danau purba.

Ria menambahkan penemuan bahan makanan dan minuman tersebut berdasarkan penelitian terhadap prasasti relief Candi Borobudur sejak 2017.

"Tidak hanya ditemukan narasi mengenai musik, tari, dan fesyen tapi yang terbaru adalah gastronomi," ujar Ria.

Baca Juga:Wabah Listeria Misterius, AS Laporkan 22 Orang Dirawat dan 1 Orang Meninggal

Pameran yang akan berlangsung pada empat kota ini merupakan upaya IDC untuk mengenalkan kepada masyarakat akan kekayaan gastronomi Indonesia yang ada sejak berabad lalu.

Selama pameran berlangsung juga diadakan gelar wicara membahas gastronomi dan bisnis makanan bersama para pelaku usaha dan pakar pada bidangnya.

Makro

Terkini

Keunggulan lain yang ditawarkan ponsel Realme adalah ukuran baterainya yang besar yaitu 5.000 mAh.

Trand | 07:04 WIB

Hujan itu berintensitas sedang hingga lebat

Polhukam | 06:55 WIB

Yang dilakukan pelapor dengan menggunakan instrumen negara atau penegak hukum jelas sebagai upaya hostile take over.

Polhukam | 06:46 WIB

Ada beragam template Twibbon HUT RI di laman Twibbonize yang bisa Anda gunakan

Trand | 06:39 WIB

Apabila kalian mengalami masalah dan membutuhkan solusi, cara yang cukup ampuh adalah dengan melakukan aktivitas mandi pagi dengan menggunakan air dingin.

Trand | 06:11 WIB

Meski sudah 77 tahun merdeka, namun kemerdekaan itu belum dirasakan puluhan murid SDN Sukagalih di Jalan Ariawiratanudatar KM 1, Desa Mekargih, Kecamatan Cikalongkulon.

Polhukam | 05:03 WIB

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI menggelar acara pencegahan hepatitis bertajuk "Mendekatkan Akses Pengobatan Hepatitis Karena Hepatitis Tidak Dapat Menunggu."

Trand | 02:55 WIB

Sampaikan HUT Kemerdekaan RI, Presiden Joe Biden Bilang "Bhineka Tunggal Ika" mirip moto negara AS "E Pluribus Unum"

Polhukam | 00:56 WIB

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengklaim berbagai kegiatan telah dilakukan untuk UMKM. Hasilnya, pelaku UMKM bisa meraih peningkatan omzet.

Polhukam | 22:59 WIB

Pengendara di Simpang Lima Asia Afrika, diminta untuk mematikan kendaraannya dan turun memberikan penghormatan selama diperdengarkan lagu Indonesia Raya.

Polhukam | 21:50 WIB

Risiko gejolak ekonomi global masih tinggi. Perlambatan ekonomi dunia tetap berpotensi memengaruhi laju pertumbuhan ekonomi domestik dalam jangka pendek.

Polhukam | 20:29 WIB

Drama Korea Unexpected Country Diary akan mulai tayang pada 5 September 2022 mendatang.

Trand | 19:10 WIB

Anjing ini hewan peliharaan pasangan gay

Polhukam | 19:02 WIB

Netizen pertanyakan anak dari pasangan yang mana

Trand | 18:49 WIB

Besok, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI)

Trand | 18:13 WIB
Tampilkan lebih banyak