Jutaan Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Utara Jabar

Penanam bibit mangrove mereboisasi tanah yang terkikis air laut

ARR Vaujie M
Jum'at, 01 Juli 2022 | 17:12 WIB
Jutaan Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Utara Jabar
Biro Adpim Jabar

TANTRUM - Masyarakat untuk terlibat aktif dalam gerakan menanam jutaan bibit pohon mangrove yang kini sedang digencarkan oleh Pemda Provinsi Jabar. 

Mengingat ratusan hektare tanah, khususnya di pesisir pantai utara Jabar, sudah terkikis air laut akibat pemanasan global.

"Dampak dari pemanasan global sudah hadir di halaman Jabar yang menghilangkan tanah menjadi laut. Karena itu gerakan menanam mangrove di utara Jabar harus masif," Gubernur Jabar Ridwan Kamil ditulis Jumat, 1 Juli 2022.

Ridwan Kamil mengatakan di sekitar Pantai Pondok Bali, 192 hektare daratan kini sudah menjadi laut. 

Baca Juga:Tjahjo Kumolo Pernah Mengungkap Keinginannya Wafat Dalam Bertugas

Belum lagi di pesisir Bekasi, air laut kini menggenangi 400 hektare daratan akibat proyek pembangunan dan pemanasan global.

"Di sini 192 hektare lahan yang dulunya daratan sudah jadi laut, di Kabupaten Bekasi juga 400 hektare dengan berbagai sebab seperti proyek maupun pemanasan global," ucap Ridwan Kamil.

Adapun panjang pantai di Jabar mencapai hingga 400 kilometer. Ridwan Kamil mengaku otoritasnya kini sedang memetakan pantai mana saja yang berpotensi terkikis air laut untuk segera ditanami mangrove.

Ridwan Kamil menuturkan jika panjang pantai ada sekitar 300-400 km, maka akan dipetakan paling utama untuk ditanami mangrove segera.

Berbeda dengan pesisir selatan Jabar yang kontur daratannya cenderung curam, pesisir utara lebih rendah yang memudahkan air laut naik ke darat. Itu jadi alasan penanaman mangrove gencar dilakukan di pesisir utara.

Baca Juga:Bocoran 7 Karakter Baru Sumeru Genshin Impact

"Selatan tipenya lebih curam sehingga tidak menyebabkan hilangnya tanah. Maka penanaman jutaan mangrove fokus di utara terlebih di momen hari lingkungan hidup," ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan, selain restorasi pesisir utara Jabar, pihaknya juga terus berupaya melakukan proses perlindungan. 

Desa Mayangan diharapkan menjadi percontohan bagi desa lainnya dalam upaya penyelamatan lingkungan yang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga keterlibatan seluruh pihak.

"Desa ini untuk memberikan contoh bahwa penyelamatan lingkungan bukan hanya tugas negara, tapi seluruh yang mencintai Indonesia dan masa depan," sebut Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berharap, masifnya gerakan penanaman mangrove di seluruh pesisir utara Jabar dapat mengurangi potensi hilangnya lahan dalam beberapa tahun ke depan.

Ridwan Kamil menyebutkan dalam beberapa tahun ke depan, diharapkan mengurangi hilangnya lahan.  Sehingga masyarakat bisa meneruskan masa depannya dengan lebih baik.

Polhukam

Terkini

"Kalau ngomong jujur-jujuran, dalam hati terdalam, gue belum ada pikiran ke arah sana," ungkap Boy.

Trand | 20:07 WIB

A.S. Watson berinvestasi untuk program pengembangan manusia yang menggabungkan pembelajaran di tempat kerja dengan pendidikan lanjutan.

Korporasi | 19:29 WIB

Seorang wanita menjadi viral karena mengaku tidak mandi selama 10 hari

Trand | 18:52 WIB

Berjalan setelah makan dikaitkan dengan kenaikan dan penurunan kadar gula darah secara bertahap

Trand | 17:49 WIB

Mandi merupakan salah satu aktivitas rutin masyarakat Indonesia

Trand | 17:13 WIB

Akibat harga minyak dunia, nilai tukar rupiah hingga kuota BBM sudah melesat

Makro | 16:49 WIB

Pesulap Merah hanya menyinggung para pesulap yang berpura-pura menjadi paranormal

Trand | 16:02 WIB

Sebelumnya WHO menghapus nama Wuhan untuk Covid-19

Makro | 14:51 WIB

Orang tua dapat membuat anak-anak lebih aktif dengan berbagai interaktif seperti olahraga, permainan fisik dan puzzle dapat mengurangi waktu anak-anak di depan layar.

Trand | 14:03 WIB

Pengacara nyentrik Hotman Paris Hutapea mengungkapkan bersedia menjadi pengacara pegawai Alfamart yang kasusnya tengah viral.

Polhukam | 13:26 WIB

Indonesia diharapkan akan dapat mempertahankan posisi juara satu di Karaoke World Championship 2023 di Panama.

Trand | 13:15 WIB

Polri menyetop penyidikan laporan dugaan pelecehan seksual ke Putri Candrawathi dan ancaman pembunuhan

Polhukam | 12:50 WIB

Grup yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa ini akan kembali meramaikan dunia musik.

Trand | 12:12 WIB

Setelah Jaksa menilai berkas telah lengkap, Kepolisian akan menyerahkan Roy Suryo kepada Kejaksaan untuk mengikuti persidangan.

Polhukam | 11:46 WIB

Tim inspektorat khusus telah menetapkan 31 orang personel Polri melanggar prosedur dalam menangani tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Irjen Pol. Ferdy Sambo1

Polhukam | 11:07 WIB
Tampilkan lebih banyak