Gubernur Ridwan Kamil Pastikan Penanganan Banjir Bogor Berjalan Optimal

Salah satu penanganan banjir Bogor yang diutamakan adalah kebutuhan pokok masyarakat

ARR Vaujie M
Senin, 27 Juni 2022 | 08:44 WIB
Gubernur Ridwan Kamil Pastikan Penanganan Banjir Bogor Berjalan Optimal
Biro Adpim Jabar

TANTRUM - Penanganan banjir bandang di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dipastikan harus berjalan optimal.

Banjir bandang tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dalam durasi yang cukup lama mengguyur wilayah tersebut. Hal itu menyebabkan sungai di sekitar lokasi meluap. 

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan semua pihak terkait untuk memastikan warga terdampak bencana tersebut mendapatkan penanganan yang baik, seperti kebutuhan pokok. 

"Jadi arahan saya yang pertama, pastikan tempat mengungsi dari para mereka yang terdampak termonitor dengan baik, baik yang di rumah saudaranya maupun di tempat pengungsian. Saya titip hajat hidupnya harus ditanggung oleh negara. Jadi, tolong didata urusan sembako, urusan apapun aman," ujar Ridwan Kamil ditulis Senin, 27 Juni 2022.

Baca Juga:Gratis Ballistic Bubbly, Cek Kode Redeem CODM 27 Juni 2022

Ridwan Kamil mengatakan musibah bencana alam dan penangananya merupakan permasalahan bersama pemegang kebijakan dan masyarakat Jawa Barat. 

Untuk itu Pemerintah Jawa Barat ucap Ridwan Kamil,  memberikan bantuan uang tunai tahap pertama untuk penanganan awal bencana banjir di Bogor.

"Oleh karena itu saya hadir membawa bantuan dari Pemda Provinsi Jawa Barat sementara di awal sebesar Rp500 juta. Dana itu fokus untuk tanggap darurat dulu bisa dicairkan secepatnya, jadi besok lusa harusnya bermanfaat untuk keperluan," kata Ridwan Kamil.

Agar kejadian tidak berulang, Ridwan Kamil mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengalihfungsikan sungai. 

Alasannya, banjir dan longsor yang kini telah terjadi harus menjadi pelajaran karena ada informasi, ada alih fungsi sungai yang harusnya natural dipakai untuk budidaya. 

Baca Juga:4 Cara Mengubah Halaman Belakang Menjadi Tempat Relaksasi

"Saya kira itu tidak boleh karena itu menghalangi yang akhirnya mengakibatkan airnya mencari jalur yang tidak semestinya, semua akan kita evaluasi, harus tegas agar bisa menjadi edukasi," ucap Ridwan Kamil.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan sebanyak 602 Kepala Keluarga (2.407 jiwa) terdampak bencana tersebut. Dari jumlah itu, ada sekitar 5 Kepala Keluarga mengungsi ke tempat kerabat terdekat.

BPBD Kabupaten Bogor  juga mencatat kurang lebih 600 unit rumah terdampak, 1 unit rumah rusak sedang, 5 unit rumah rusak berat, dan akses jalan desa penghubung terputus.

"Saya ucapkan terima kasih, tentunya, kalau ada kebencanaan memang gotong royong kita ini sangat luar biasa sehingga proses tidak perlu berlama-lama untuk mengembalikan kepada normalitas," tukas Ridwan Kamil.

Polhukam

Terkini

Didi Mahardika akhirnya buka suara usai rumor lamar Cita Citata

Trand | 18:42 WIB

Generasi muda di tengah ancaman pornografi, kekerasan, dan kecanduan gawai. Ini harus diantisipasi orang tua di era digital saat ini.

Polhukam | 18:08 WIB

Maudy Ayunda berencana makan malam di luar saat peristiwa itu terjadi

Polhukam | 17:47 WIB

Jerat pidana mengancam istri Irjen Ferdy Sambo jika terbukti laporannya palsu

Polhukam | 17:07 WIB

Seluruh daftar aset kripto ini diterbitkan langsung oleh Bappebti

Makro | 16:44 WIB

Saat itu Ferdy Sambo masih menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri

Polhukam | 16:10 WIB

Isu kenaikan harga mi instan akibat lonjakan harga gandum akibat perang Rusia-Ukraina

Korporasi | 15:28 WIB

Putri masih trauma atas peristiwa pembunuhan Brigadir J

Polhukam | 15:07 WIB

Larangan ini akan mendorong China untuk berinvestasi lebih banyak di India

Makro | 14:26 WIB

Ada dua girl group K-Pop fiktif yang terdeteksi 'halu'

Trand | 14:04 WIB

Sebelumnya netizen berspekulasi Cita Citata berhijab karena faktor pasangan

Trand | 13:51 WIB

Daihatsu Sigra berhasil terjual sebanyak 26.727 unit, atau berkontribusi 25 persen, disusul Gran Max Pick Up sebanyak 24.839 unit atau 23,2 persen, dan Xenia dengan raihan 14.124 unit atau 13,2 persen.

Korporasi | 13:10 WIB

Posisi Rusia yang berprinsip dan konsisten, tercermin dalam resolusi yang relevan dari Majelis Umum PBB

Polhukam | 12:41 WIB

Comeback lagu Forever 1 album ke-7 ini spesial memperingati 15 tahun debut Girls Generation

Trand | 12:05 WIB

Untuk jenis aset kripto di luar daftar, wajib dilakukan delisting oleh calon pedagang fisik aset kripto dengan diikuti langkah penyelesaian bagi setiap pelanggan aset kripto.

Makro | 11:37 WIB
Tampilkan lebih banyak