PT Pupuk Indonesia Pastikan Stok Pupuk Gudang Kabupaten Lebihi Target

Saat ini stok Urea dan NPK, masing-masing 164 persen dan 211 persen dari ketentuan minimum di lini 3 atau gudang kabupaten

ARR Vaujie M
Minggu, 26 Juni 2022 | 09:18 WIB
PT Pupuk Indonesia Pastikan Stok Pupuk Gudang Kabupaten Lebihi Target
suara.com

TANTRUM - PT Pupuk Indonesia (Persero) memperkuat proses pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi. Mulai dari pabrik (Lini I), gudang tingkat provinsi (Lini II), gudang tingkat kabupaten (Lini III), hingga ke kios-kios resmi di tingkat kios (Lini IV).

BUMN ini berjanji menyiapkan ketersediaan pupuk subsidi di lini 3 atau gudang kabupaten guna memenuhi penyaluran sesuai alokasi yang ditentukan pemerintah.

SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia Wijaya Laksana mengatakan, penyediaan ketersediaan pupuk subsidi hingga level kios terlihat dari jumlah stok pupuk subsidi di lini 3 yaitu sampai level distributor yang mencapai 438.624 ton per tanggal 23 Juni 2022.

"Pupuk Indonesia terus menyiapkan ketersediaan pupuk subsidi di lapangan, terutama di lini 3 sehingga dapat cepat disalurkan saat dibutuhkan," katanya.

Baca Juga:Bawaslu Ingin Banyak Pemantau Pemilu di 2024

Ia mengatakan, saat ini stok Urea dan NPK, masing-masing 164 persen dan 211 persen dari ketentuan minimum di lini 3. Adapun stok pupuk subsidi di lini 3 yang mencapai 438.624 ton ini terdiri dari pupuk jenis urea sebanyak 224.906 ton, pupuk NPK sebanyak 186.941 ton, pupuk SP-36 sebanyak 2.393 ton, pupuk ZA sebanyak 2.398 ton, dan pupuk organik sebanyak 21.986 ton.

Wijaya mengatakan, seluruh stok pupuk subsidi yang berada di distributor ini disalurkan hingga ke level kios sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota, sebagai aturan turunan dari Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 41 Tahun 2021 yang mengatur alokasi pupuk bersubsidi tahun 2022.

"Sebagai produsen kami menyalurkan pupuk bersubsidi sesuai dengan alokasi yang ditetapkan pemerintah," kata Wijaya.

Ia memaparkan, untuk mendapatkan pupuk subsidi, Wijaya juga menyebutkan bahwa petani wajib mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan). 

Ketentuan tersebut adalah wajib tergabung dalam kelompok tani, menggarap lahan maksimal dua hektar, dan menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) untuk selanjutnya di input pada sistem Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) oleh petugas penyuluh pertanian setempat.

Baca Juga:Indonesia akan Kedatangan TXT

Pupuk Indonesia mengimbau kepada seluruh distributor dan pemilik kios resmi untuk senantiasa mengikuti ketentuan pemerintah dalam menyalurkan pupuk bersubsidi. 

"Pupuk Indonesia tidak akan segan untuk menindak tegas distributor dan pemilik kios resmi yang kedapatan melakukan pelanggaran,"katanya. 

Korporasi

Terkini

Wali Kota Bandung telah menginstruksikan agar ducting di 12 ruas jalan bisa diselesaikan tahun ini. Sedangkan untuk pembebasan kabel di luar 12 ruas tersebut, BII tengah melakukan lelang.

Polhukam | 23:59 WIB

Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 usai menundukkan Vietnam 1-0 di partai final. Jalannya pertandingan panas.

Polhukam | 22:58 WIB

Ke-12 yang terjaring Satpol PP Bandung berasal dari latar belakang berbeda. Mulai dari terduga prostitusi online hingga pasangan bukan suami istri yang berada di hotel.

Polhukam | 19:11 WIB

Arti mimpi terbang sesuai arahnya isyaratkan pertanda positif

Trand | 18:41 WIB

Ratna Listy mengurangi dunia artis dan berkonstrasi menjadi dukun

Trand | 16:52 WIB

Penyidik Polda Metro Jaya itu berpangkat AKBP

Polhukam | 16:06 WIB

Lyodra Ginting memposting sedikit liriknya dan disambut baik oleh para netizen, sehingga akhirnya Lyodra Ginting merilis hari ini dan menjadi tranding.

Trand | 15:46 WIB

Nama kuasa hukum pengganti Deolipa dan Burhanuddin belum diumumkan

Polhukam | 15:11 WIB

Mobil-mobil itu akan dipamerkan, dan masyarakat dapat berfoto di depan kendaraan bersejarah itu.

Polhukam | 14:23 WIB

Kata Teten Masduki, kacang koro juga sama enaknya dengan kedelai dan cocok untuk menjadi bahan baku tempe dan tahu, kecap, dan lain sebagainya.

Makro | 14:07 WIB

Hendra disebut-sebut melarang keluarga membuka peti dan melihat jenazah

Polhukam | 13:13 WIB

Megawati pernah minta alutsista ke Amerika dan Inggris. Tetapi respons positif datang dari Putin dengan memberi alutsista.

Polhukam | 12:59 WIB

Outfit yang dikenakan yaitu kemeja putih motif bunga dengan outer denim

Trand | 12:38 WIB

Unggahan video Saipul Jamil sontak jadi omongan netizen

Trand | 11:52 WIB
Tampilkan lebih banyak