Aplikasi Mudahkan Desa Wisata Promosi dan Terkenal

Saat ini terdapat 1.407 destinasi wisata desa yang dikelola BUMDes dan BUMDesma dan telah terdaftar dalam aplikasi desa wisata nusantara.

ARR Vaujie M
Jum'at, 24 Juni 2022 | 01:08 WIB
Aplikasi Mudahkan Desa Wisata Promosi dan Terkenal
suara.com

TANTRUM - Desa-desa wisata mulai muncul diberbagai kota di Tanah Air. Kehadiran desa wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan BUMDes Bersama (BUMDesma) memberikan dampak ekonomi pada masyarakat.

Saat ini terdapat 1.407 destinasi wisata desa yang dikelola BUMDes dan BUMDesma dan telah terdaftar dalam aplikasi desa wisata nusantara. 

Selain itu, terdapat 10 destinasi wisata yang ditetapkan sebagai desa wisata yang paling banyak disukai oleh masyarakat, salah satunya desa wisata Buton di Sulawesi Utara.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendorong pengelola desa wisata untuk bergabung dengan aplikasi Desa Wisata Nusantara sebagai media promosi desa.

Dalam Aplikasi Desa Wisata Nusantara ini, menunjukkan Wisata Desa terdekat dari satu lokasi ke lokasi lain, sehingga memudahkan wisatawan mengunjungi satu atau lebih Desa Wisata dalam satu waktu. 

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar meyakini, melalui aplikasi itu wisatawan lokal maupun mancanegara dapat lebih mudah mengakses informasi destinasi di sekitarnya mencakup akses, fasilitas dan lainnya.

"Melalui aplikasi bisa mengukur bagaimana BUMDes dan BUMDesma mempromosikan desa," ujarnya.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan desa wisata merupakan wujud community based tourism yang sifatnya inklusif, baik SDM, ataupun UMKM yang telah eksis.

"Salah satu hal yang perlu di dorong adalah kemauan pemangku kepentingan untuk menarik pengunjung atau wisatawan. Dengan demikian promosi adalah kunci dari pengembangan desa wisata," katanya.

Ia berharap program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) turut mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sehingga berperan mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa.

"CSR korporasi yang bertujuan untuk pembinaan BUMDes ini diharapkan dapat mendorong upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, yang selanjutnya dapat mewujudkan struktur perekonomian nasional yang kokoh, berkembang, dan berkeadilan," kata Wapres.

Polhukam

Terkini

Arti mimpi terbang sesuai arahnya isyaratkan pertanda positif

Trand | 18:41 WIB

Ratna Listy mengurangi dunia artis dan berkonstrasi menjadi dukun

Trand | 16:52 WIB

Lyodra Ginting memposting sedikit liriknya dan disambut baik oleh para netizen, sehingga akhirnya Lyodra Ginting merilis hari ini dan menjadi tranding.

Trand | 15:46 WIB

Mobil-mobil itu akan dipamerkan, dan masyarakat dapat berfoto di depan kendaraan bersejarah itu.

Polhukam | 14:23 WIB

Kata Teten Masduki, kacang koro juga sama enaknya dengan kedelai dan cocok untuk menjadi bahan baku tempe dan tahu, kecap, dan lain sebagainya.

Makro | 14:07 WIB

Bioskop CGV Malang City Point memiliki total tiga auditorium dengan harga tiket yang dibanderol mulai Rp30.000-50.000.

Korporasi | 13:39 WIB

Hendra disebut-sebut melarang keluarga membuka peti dan melihat jenazah

Polhukam | 13:13 WIB

Megawati pernah minta alutsista ke Amerika dan Inggris. Tetapi respons positif datang dari Putin dengan memberi alutsista.

Polhukam | 12:59 WIB

Outfit yang dikenakan yaitu kemeja putih motif bunga dengan outer denim

Trand | 12:38 WIB

Unggahan video Saipul Jamil sontak jadi omongan netizen

Trand | 11:52 WIB

Bad Decisions adalah single baru kolaborasi dari BTS dan rapper Snoop Dogg

Trand | 11:21 WIB

Agensi grup itu mengatakan bahan ramah lingkungan dapat berupa kertas dengan emisi karbon rendah dan tinta yang terbuat dari minyak kedelai.

Trand | 10:25 WIB

Harga minyak goreng curah maupun kemasan di Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua masih berkisar antara Rp17.000 sampai Rp19.000 per liter.

Korporasi | 09:28 WIB

Bekas tentara marinir itu WNA pemegang dwikebangsaan, yaitu Jerman dan Rusia

Polhukam | 09:06 WIB
Tampilkan lebih banyak