Kriteria Bangun Rumah Sehat Versi Kementerian PUPR

Setidaknya ada sejumlah kriteria rumah sehat yang harus dipenuhi pascapandemi ini, antara lain tersedianya ventilasi atau jendela yang cukup

ARR Vaujie M
Rabu, 22 Juni 2022 | 09:33 WIB
Kriteria Bangun Rumah Sehat Versi Kementerian PUPR
suara.com

TANTRUM - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan mendorong pelaksanaan pembangunan rumah sehat di masa pascapandemi.

Rumah sehat diharapkan mampu melindungi penghuni rumah dari paparan bahaya atau gangguan kesehatan sehingga dapat beraktivitas dengan baik dan menempati hunian dengan nyaman.

Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto memaparkan sejumlah kriteria rumah sehat yang diperlukan terutama pada masa pascapandemi.

"Pembangunan rumah sehat di masa pascapandemi ini sangat diperlukan dan perlu mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat," kata Iwan Suprijanto di Jakarta, Rabu, 22 Juni 2022.

Iwan memaparkan,   setidaknya ada sejumlah kriteria rumah sehat yang harus dipenuhi pascapandemi ini, antara lain tersedianya ventilasi atau jendela yang cukup agar udara dalam ruangan dapat selalu mengalir. Menurut SNI, luas bukaan jendela dan pintu minimal 5 persen dari luas lantai.

Selanjutnya adalah kualitas udara. Udara yang masuk tidak berasal dari uap dapur ataupun kamar mandi serta menggunakan filter udara untuk mengurangi paparan virus.

Selain itu, tegas ia, diperlukan kenyamanan termal dengan menjaga suhu ruangan rata-rata 23 hingga 26 derajat celcius dan menjaga keseimbangan penghawaan antara volume udara yang masuk dan keluar.

Dari segi kelembapan,untuk mengurangi pertumbuhan lumut dan jamur akibat ruangan yang lembab dan aliran udara yang tidak baik, sebaiknya terdapat cukup pencahayaan dan menghindari perabotan yang menutupi sebagian besar luas lantai ruangan.

Hal penting lainnya, lanjut ia, adalah dengan menjaga kualitas air dengan harus tersedia sumber air bersih yang menjadi sumber air minum bagi penghuni, juga memperhatikan saluran air buangan jangan sampai tersumbat, serta harus dipastikan harus dapat mengalir lancar ke saluran air hujan lingkungan dengan kemiringan minimal dua persen.

Kriteria lainnya adalah mereduksi kebisingan dengan tata lansekap yang juga memiliki efek terhadap pergerakan udara sebagai penghantar suara juga diperlukan.

"Kami terus mengimbau masyarakat segera mengimplementasikan aspek-aspek rumah sehat untuk mendorong terciptanya hidup yang lebih baik di masa pascapandemi ini," katanya.

Trand

Terkini

Saat bertemu Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Ridwan Kamil mengatakan pandemi COVID-19 telah mengguncang dan mengubah kehidupan.

Makro | 01:57 WIB

Ridwan Kamil mengaku, kedatangannya ke rumah Ikhsan Maulana karena ia merasakan kesedihan yang sama, yakni kehilangan anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz.

Polhukam | 00:58 WIB

Menurut Atalia Ridwan Kamil, para atlet harus bisa mengelola dengan bijak hadiah atau bonus yang dihasilkan dari setiap pertandingan.

Polhukam | 23:59 WIB

Pemanasan Global menyebabkan kurang lebih 700 hektare lahan di pantai utara jabar ditelah lautan, khususnya di wilayah utara Subang dan Bekasi.

Polhukam | 23:01 WIB

BPS mencatat perekonomian Indonesia 2021 berdasarkan PDB mencapai Rp16.970,8 atau tumbuh sebesar 3,69 persen, dengan rincian PDB per kapita senilai Rp62,2 juta atau 4.349,5 dolar AS.

Makro | 20:42 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga momentum kinerja positif yang berhasil diraih di sektor transportasi pada tahun 2022.

Makro | 20:20 WIB

Inspektorat Khusus (Irsus) Timsus Polri memeriksa 25 orang personel Polri yang melanggar prosedur tidak profesional dalam menangani olah tempat kejadian perkara (TKP) Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Polhukam | 19:40 WIB

Masifnya pengeboran tersebut, otomatis meningkatkan jumlah rig pengeboran aktif menjadi lebih dua kali lipat dari yang awalnya sembilan menjadi 21 rig dan akan terus meningkat menjadi 27 rig.

Korporasi | 18:43 WIB

Harga minyak dunia ini Senin, 8 Agustus 2022 per pukul 06.59 WIB

Polhukam | 17:47 WIB

Rumah sakit Indonesia yang terletak di Bayt Lahiya, sebagai rumah sakit terbesar di Gaza bagian utara, turut membantu menangani hingga puluhan korban serangan Israel.

Polhukam | 16:33 WIB

Rencana regulasi BPOM untuk melabeli galon isi ulang plastik BPA dibanjiri opini dari segelintir pendukung industri plastik BPA di Indonesia yang menutup mata melihat fakta bahaya BPA terhadap kesehatan.

Korporasi | 16:03 WIB

Letusan yang dikeluarkan gunung api tersebut eksplosif maupun efusif

Makro | 15:47 WIB

PT KAI juga terus membukukan kinerja EBITDA yang positif yakni sebesar Rp 2,078 triliun atau tumbuh signifikan jika dibandingkan periode semester I 2021 sebesar Rp548 miliar.

Korporasi | 14:42 WIB

Warganet kerap menyimpan dan berkomentar aneh di Instagramnya

Trand | 14:05 WIB

UMKM yang menyumbangkan 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional memiliki peran penting dalam peta ekonomi digital Indonesia.

Korporasi | 13:50 WIB
Tampilkan lebih banyak