Jokowi Sebut Duit Subsidi BBM Bisa Bangun Ibu Kota Baru

Harga Pertalite di Indonesia masih Rp 7.650 per liter dan Pertamax Rp 12.500 per liter. Harga tersebut, kata Jokowi, bukan merupakan harga sebenarnya, melainkan harga subsidi.

ARR Vaujie M
Selasa, 21 Juni 2022 | 16:11 WIB
Jokowi Sebut Duit Subsidi BBM Bisa Bangun Ibu Kota Baru
suara.com

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo membuka Rapat Kerja Nasional II PDI Perjuangan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa, 21 Juni 2022.

Dalam pembukaan, Presiden Joko Widodo meminta para kader PDI Perjuangan dan rakyat, memahami jika subsidi yang diberikan Pemerintah terhadap harga bahan bakar minyak (BBM) sangat besar, yakni mencapai Rp 502 triliun. 

"Subsidi kita ke sini (BBM) bukan besar, tapi besar sekali. Bisa dipakai untuk membangun ibu kota karena angkanya sudah Rp502 triliun. Ini semua yang harus kita ngerti, sampai kapan kita bisa bertahan dengan subsidi sebesar ini," kata Presiden. 

Jokowi menyampaikan hal itu dengan membandingkan beratnya kondisi global saat ini, yang berimbas pada beragam sektor, termasuk harga bahan bakar minyak.

Harga Pertalite di Indonesia masih Rp 7.650 per liter dan Pertamax Rp 12.500 per liter. Harga tersebut, kata Jokowi, bukan merupakan harga sebenarnya, melainkan harga subsidi. 

Sementara itu di Singapura dan Jerman, lanjutnya, harga bensin sudah mencapai Rp 31.000 per liter, sedangkan di Thailand Rp 20.000 per liter.

Perlu diketahui di negara tersebut, BBM yang dijual beroktan sangat tinggi di atas 95, yang artinya di Indonesia sama dengan minimal Pertamax Turbo, bukan pertalite atau pertamax yang saat ini di pasarkan pemerintah.

"Kalau kita enggak ngerti angka-angka, kita nggak merasakan betapa sangat beratnya persoalan saat ini. Bangun ibu kota itu Rp 466 triliun, (sedangkan) ini untuk subsidi. Tapi nggak mungkin ini nggak kami subsidi, akan ramai kita juga. Hitung-hitungan sosial politiknya juga kami kalkulasi," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa rakyat harus mendapat informasi terkait kondisi global yang sangat berat saat ini. Di mana,  akan 60 negara ekonominya terancam runtuh.

"Bank Dunia menyampaikan, IMF menyampaikan, UN/PBB menyampaikan, terakhir baru kemarin, saya mendapatkan informasi 60 negara akan ambruk ekonominya, 42 dipastikan sudah menuju ke sana," katanya. 

Polhukam

Terkini

Comeback lagu Forever 1 album ke-7 ini spesial memperingati 15 tahun debut Girls Generation

Trand | 12:05 WIB

Untuk jenis aset kripto di luar daftar, wajib dilakukan delisting oleh calon pedagang fisik aset kripto dengan diikuti langkah penyelesaian bagi setiap pelanggan aset kripto.

Makro | 11:37 WIB

Kepulangan Dita SECRET NUMBER ini untuk menghadiri acara pernikahan sepupunya

Trand | 11:07 WIB

Pengakuan Lucinta Luna ini sontak buat kaget media Malaysia

Trand | 10:51 WIB

Tato Maria Vania bikin netizen main tebak-tebakan

Trand | 10:05 WIB

Sukses dengan drama romance Crash Landing On You pada tahun 2019, Hyun Bin berperan sebagai seorang perwira tinggi dari Korea Utara.

Trand | 09:43 WIB

Pilihan sang istri ini malahan membuat suaminya puas

Trand | 09:04 WIB

Masyarakat Indonesia harus memiliki pemahaman bahwa interaksi di dunia maya atau internet harus diperlakukan sama seperti halnya masyarakat berkomunikasi di dunia nyata.

Trand | 08:41 WIB

Aktivitas akan terasa mudah dan ringan apabila diawali dengan doa

Trand | 07:30 WIB

Gus Samsudin tampak sedang berada di bandara bersiap untuk naik pesawat. Ia mengaku sedang siap tempur.

Polhukam | 07:04 WIB

Harapan diprosesnya dugaan pelecehan istri Ferdy Sambo dilayangkan oleh kuasa hukum

Polhukam | 06:29 WIB

Ahmad Dhani sudah beberapa kali ikut dalam kontestasi politik. Mulai dari Pilbub Bekasi 2017 hingga sebagai caleg di Pileg 2019. Lagi-lagi, tak berhasil lolos.

Polhukam | 06:07 WIB

Paku itu keluar dari mulut Pesulap Merah saat berbincang dengan Ustaz Muhammad Faizar

Trand | 05:37 WIB

Ridwan Kamil mengaku telah mendengarkan aspirasi tenaga honorer yang resah menghadapi kebijakan penghapusan tenaga honorer tahun 2023.

Makro | 05:06 WIB

Jawa Barat mengirimkan 558 Pramuka ke Jambore Nasional di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, pada 14 - 21 Agustus 2022.

Polhukam | 04:04 WIB
Tampilkan lebih banyak