3 Rekomendasi Soal Cuaca Jawa Barat Diterbitkan BMKG

Rekomendasi itu terkait prakiraan cuaca selama sepekan mendatang

ARR Vaujie M
Senin, 20 Juni 2022 | 08:09 WIB
3 Rekomendasi Soal Cuaca Jawa Barat Diterbitkan BMKG
suara.com

TANTRUM - Tiga rekomendasi prakiraan cuaca selama sepekan mendatang diterbitkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiiska (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat.

Rekomendasi yang pertama, berdasarkan kondisi perkembangan musim hingga akhir Mei 2022, wilayah Jawa Barat bagian utara telah memasuki musim kemarau. 

Sedangkan wilayah Jawa Barat bagian tengah ada insikasi masuk musim kemarau sedangkan bagian selatan masih mengalami musim hujan.

"Potensi kejadian curah hujan dengan intensitas sangat lebat – ekstrem disertai angin kencang  masih tinggi khususnya di wilayah Jawa Barat bagian tengah dan selatan," ujar Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat BMKG Indra Gustari ditulis, Senin, 20 Juni 2022.

Rekomendasi yang kedua kata Indra, mengimbau kepada seluruh kelompok masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya angin puting beliung dan hujan es pada siang hingga sore hari. 

Kondisi tersebut ditandai dengan pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif dengan dasar awan yang gelap, puncak awan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya (awan jenis Cumulonimbus).

"Terakhir, bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, dapat langsung mengakses  website www.bmkg.go.id dengan memilih kanal cuaca, diteruskan ke sub kanal cuaca berbasis dampak di wilayah Jawa Barat," kata Indra.

Selain melihat informasi langsung ke website resmi BMKG, Indra menerangkan masyarakat juga dapat memperoleh informasi serupa dengan mengikuti akun media sosial di Twitter @infobmkg, aplikasi iOS dan android 'Info BMKG' atau langsung menghubungi FoD Stasiun Klimatologi Bogor di nomor whatsapp 0818-0794-621.

Sementara itu Forecaster Koordinator NDF dan MEWS Provinsi Jawa Barat BMKG Rossian Nursiddiq Islamiard menjelaskan pada pertengahan bulan Juni 2022, NINO 3.4 diprakirakan menunjukkan nilai normal.

Sehingga kurang signifikan terhadap peningkatan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. MJO saat ini berada pada kuadran 1, hal ini mengindikasikan bahwan MJO dalam kondisi tidak signifikan di Indonesia.

"Angin di wilayah Jawa Barat secara umum diprakirakan bertiup dari arah timur hingga tenggara," ungkap Rossian. 

Kondisi labilitas atmosfer di wilayah Jawa Barat sepekan ke depan diprakirakan berada pada kategori labil lemah hingga sedang. 

Sehingga ucap Rossian, masih terdapat potensi pertumbuhan awan konvektif di sebagian wilayah Jawa Barat. 

"Labilitas lokal sedang hingga kuat diprakirakan masih mendukung proses konvektif pada skala lokal di wilayah Jawa Barat," sebut Rossian.

Berdasarkan perkembangan kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terdapat di sebagian kabupaten dan kota di wilayah Jawa Barat untuk sepekan ke depan. 

Potensi angin kencang terdapat di wilayah Jawa Barat bagian selatan pada sepekan ke depan. 

"Sedangkan potensi hujan sangat lebat hingga ekstrem yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di berbagai wilayah di Jawa Barat," ungkap Rossian.

Polhukam

Terkini

Salah satu artis Bollywood ini adalah Ameesha Patel

Trand | 11:36 WIB

Pajak transaksi perdagangan aset kripto yang disetorkan perusahaan crypto exchange Indodax lebih dari Rp 58 miliar.

Makro | 10:43 WIB

Walikota Busan ajukan tugas alternatif bagi BTS ke Presiden Korea

Trand | 09:41 WIB

Rencananya, bandara ini akan melayani penumpang tujuan Arab Saudi pada November 2022.

Makro | 09:25 WIB

Padahal kripto baru muncul pada 2020 sedangkan saham sudah lama dikenal di Indonesia sebagai instrumen investasi puluhan tahun lalu.

Korporasi | 08:41 WIB

And Yet, You Are So Sweet dibintangi oleh Mei Hata, dan Kyohei Takahashi

Trand | 08:12 WIB

Metaverse memiliki potensi untuk tumbuh hingga USD 5 triliun nilanya pada tahun 2030.

Trand | 07:45 WIB

Hukum haram membunuh ini untuk kucing liar atau bahkan kucing rumahan tanpa alasan yang kuat

Trand | 07:15 WIB

Koperasi Kohippci bantu eksistensi pedagang Pasar Cikapundung. Koperasi ini dibentuk Serikat Pedagang Pasar Cikapundung.

Korporasi | 22:26 WIB

Dorongan mundur sebelumnya diungkapkan dari kader PPP.

Polhukam | 21:25 WIB

Fungsi utama terminal itu sendiri sebagai hub atau penghubung, juga fungsi ekonomi atau komersial, serta fungsi layanan masyarakat.

Makro | 20:49 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, PT Telkom Indonesia (Telkom) tertarik masuk dalam dunia metaverse dengan membuat mall virtual yang diberi nama Metanesia.

Korporasi | 20:03 WIB

Peluncuran smartphone, tablet dan jam tangan terbaru merupakan bagian dari strategi realme untuk memperkuat produk Artificial Intelligence of Things (AIoT) di Indonesia.

Korporasi | 19:23 WIB

Pemerintah bakal terapkan kebijakan pengenaan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp.0,- (nol rupiah)

Makro | 18:40 WIB

Selain koneksi yang sudah 5G, Vivo Y75 5G tampil dengan desain apik. Seri 5G Vivo ini dirancang dengan desain Dynamic Design yang memadukan dua warna.

Korporasi | 18:03 WIB
Tampilkan lebih banyak