Tsunami Ready Program Didukung Penuh ICG/IOTWMS

ICG/IOTWMS mendukung dan berperan aktif dalam program diusung UNESCO-IOC

ARR Vaujie M
Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:11 WIB
Tsunami Ready Program Didukung Penuh ICG/IOTWMS
George Desipris/Pexels

TANTRUM - Peran aktif serta dukungan soal pelaksanaan Tsunami Ready Program yang diusung UNESCO-IOC, telah dilakukan oleh Intergovernmental Coordination Group for Indian Ocean Tsunami Warning and Mitigation System (Chair ICG/IOTWMS).

Menurut Chair ICG/IOTWMS Dwikorita Karnawati, hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan SAFE OCEAN melalui program UN Decade on Ocean Science. 

Saat ini di wilayah Indian Ocean 3 komunitas telah mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai Tsunami Ready Community, dimana diantaranya adalah komunitas Tanjung Benoa Bali

"Pengukuhan Tanjung Benoa dilaksanakan pada momen pertemuan Global Platform on Disaster Risk Reduction (GPDRR) bulan Mei 2022 lalu, sebagai promosi untuk menggencarkan kegiatan tersebut," sebut Dwikorita ditulis Sabtu, 18 Juni 2022.

Selanjutnya, Dwikorita menyebut bahwa Tsunami Ready dapat diimplementasikan di  berbagai sektor tidak hanya sektor Pariwisata saja. 

Di Indonesia, BMKG bersama Pengelola Bandara (PT. Angkasa Pura) telah menerapkan program Tsunami Ready tersebut untuk infrastruktur kritis di Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo dan di Bandara Ngurah Rai Bali, dengan melibatkan peran aktif masyarakat dan Pemerintah Daerah setempat. 

BMKG-Indonesia, sebagai Ketua dari ICG/IOTWMS,  bahkan telah berinisiasi bersama BNPB, BSN dan UGM, dalam menyusun Standard Internasional baru. 

Yaitu ISO 22328-3 tentang Community Based-Tsunami Early Warning System, sebagai guide line (panduan) bagi sektor bisnis dan pemerintah kota yang memiliki risiko tsunami.

"Agar menjadikan Program Tsunami Ready menjadi bagian dari proses bisnis atau operasional rutin mereka," ungkap Dwikorita.

Indonesia melalui BMKG juga menyampaikan dukungan atas UN Decade of Ocean Science, dan berterima kasih atas approval UNESCO terhadap  proposal BMKG untuk dua kegiatan yaitu Sekolah Lapang Cuaca Nelayan dan Pengembangan Pemodelan Tsunami Non Seismik. 

Dwikorita juga menegaskan pada forum tersebut perlunya kerjasama antara IOC dan World Meteorological Organisation (WMO), agar data kelautan yang ada dalam koordinasi dua organisasi UN tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, guna mengantisipasi potensi Multi Bencana. 

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) BMKG Nelly Florida Riama mengatakan bahwa PUSDIKLAT BMKG telah menjadi Specialist Training Center yang merupakan bagian dari Ocean Teacher Global Academy (OTGA). 

Pusdiklat BMKG telah berhasil melaksanakan training Tsunami Ready dan Ocean Forecast System pada Tahun 2021, yang akan kembali dilaksanakan pada Tahun 2022 ini. 

Dalam persidangan dunia tersebut hadir pula Prof. Dr. Ismunandar selaku Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO dan Suci Dewi Anugrah selaku Koordinator Penyiapan Tsunami Ready dari BMKG.

Makro

Terkini

Generasi muda di tengah ancaman pornografi, kekerasan, dan kecanduan gawai. Ini harus diantisipasi orang tua di era digital saat ini.

Polhukam | 18:08 WIB

Maudy Ayunda berencana makan malam di luar saat peristiwa itu terjadi

Polhukam | 17:47 WIB

Jerat pidana mengancam istri Irjen Ferdy Sambo jika terbukti laporannya palsu

Polhukam | 17:07 WIB

Saat itu Ferdy Sambo masih menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri

Polhukam | 16:10 WIB

Isu kenaikan harga mi instan akibat lonjakan harga gandum akibat perang Rusia-Ukraina

Korporasi | 15:28 WIB

Putri masih trauma atas peristiwa pembunuhan Brigadir J

Polhukam | 15:07 WIB

Ada dua girl group K-Pop fiktif yang terdeteksi 'halu'

Trand | 14:04 WIB

Sebelumnya netizen berspekulasi Cita Citata berhijab karena faktor pasangan

Trand | 13:51 WIB

Daihatsu Sigra berhasil terjual sebanyak 26.727 unit, atau berkontribusi 25 persen, disusul Gran Max Pick Up sebanyak 24.839 unit atau 23,2 persen, dan Xenia dengan raihan 14.124 unit atau 13,2 persen.

Korporasi | 13:10 WIB

Posisi Rusia yang berprinsip dan konsisten, tercermin dalam resolusi yang relevan dari Majelis Umum PBB

Polhukam | 12:41 WIB

Comeback lagu Forever 1 album ke-7 ini spesial memperingati 15 tahun debut Girls Generation

Trand | 12:05 WIB

Kepulangan Dita SECRET NUMBER ini untuk menghadiri acara pernikahan sepupunya

Trand | 11:07 WIB

Pengakuan Lucinta Luna ini sontak buat kaget media Malaysia

Trand | 10:51 WIB

Tato Maria Vania bikin netizen main tebak-tebakan

Trand | 10:05 WIB

Sukses dengan drama romance Crash Landing On You pada tahun 2019, Hyun Bin berperan sebagai seorang perwira tinggi dari Korea Utara.

Trand | 09:43 WIB
Tampilkan lebih banyak