BMKG Dorong Percepatan Perwujudan Tsunami Ready Community

Tsunami Ready Community adalah program peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi ancaman tsunami

ARR Vaujie M
Sabtu, 18 Juni 2022 | 17:13 WIB
BMKG Dorong Percepatan Perwujudan Tsunami Ready Community
saat bersidang di Kantor Pusat UNESCO di Paris 14-17 Juni 2022.

TANTRUM - Seluruh negara di dunia didorong mempercepat terbentuknya Tsunami Ready Community. 

Tsunami Ready Community sendiri adalah program peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi ancaman tsunami dengan berbasis pada 12 indikator yang telah ditetapkan UNESCO-IOC

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang juga Chair of Intergovernmental Coordination Group for Indian Ocean Tsunami Warning and Mitigation System (Chair ICG/IOTWMS), Dwikorita Karnawati, saat bersidang di Kantor Pusat UNESCO di Paris 14-17 Juni 2022.

"Harapannya, masyarakat senantiasa siap siaga dan tidak gagap dalam menghadapi ancaman gempa dan tsunami," ujar Dwikorita ditulis Sabtu, 18 Juni 2022.

Di Indonesia kata Dwikorita, Tanjung Benoa menjadi komunitas pertama yang mendapatkan pengakuan internasional dari UNESCO Intergovernmental Oceanographic Commission  (UNESCO-IOC) sebagai Tsunami Ready Community. 

Dwikorita menekankan bahwa predikat Tsunami Ready Community akan tercapai apabila semua pihak terlibat dengan berkolaborasi dan bersinergi. Sehingga 12 indikator yang ditetapkan dapat dipenuhi dengan baik. 

Diantaranya, telah dipetakan dan didesain zona bahaya tsunami seperti jumlah orang berisiko di dalam zona bahaya tsunami dapat terestimasi serta  sumber-sumber ekonomi, infrastruktur, dan politik teridentifikasisemisal peta evakuasi tsunami yang mudah dipahami. 

"Selain itu, informasi tsunami termasuk rambu-rambu ditampilkan di publik dengan sosialisasi, kesadaran masyarakat, dan edukasi tersedia dan terdistribusi," kata Dwikorita.

Dwikorita menjelaskan edukasi tersedia dan terdistribusi tersebut adalah sosialisasi atau kegiatan edukasi minimal diselenggarakan 3 kali dalam satu tahun.

Adanya pelatihan bagi dan oleh Komunitas Tsunami diadakan minimal 2 tahun sekali, disetujuinya rencana respons darurat komunitas tsunami, serta tersedianya kapasitas untuk pengelolaan operasional  respons darurat saat tsunami terjadi. 

Indikator lainnya, tambah Dwikorita yaitu tersedianya  sarana yang memadai dan andal untuk menerima peringatan dini tsunami dari otoritas yang berwenang (dari BPBD) selama 24 jam secara tepat waktu. 

Dan tersedianya sarana yang memadai dan andal untuk menyebarkan peringatan tsunami resmi 24 jam kepada publik setempat  secara tepat waktu. 

“Butuh keterlibatan aktif seluruh elemen masyarakat untuk mempercepat terwujudnya tsunami ready community ini. Tidak hanya pemerintah, namun juga pihak swasta, akademisi, komunitas, termasuk rekan-rekan media di dalamnya,” ungkap Dwikorita.

Makro

Terkini

Ibu-ibu Kota Bandung yang memiliki anak agar segera melengkapi imunisasinya.

Polhukam | 23:01 WIB

Dampak buruk dari hilangnya politik identitas adalah akan banyak yang umat yang meninggalkan partai.

Polhukam | 22:03 WIB

Disebutkan bahwa pembunuhan berencana itu dilakukan setelah Irjen Pol Ferdy Sambo mengaku emosi lantaran istrinya dilecehkan di Magelang, Jawa Tengah.

Polhukam | 21:59 WIB

Bunga Citra Lestari pun terlihat memperhatikan Ariel saat sedang diukur. Tidak dijelaskan untuk keperluan apa baju tersebut dibuat oleh desainer yang kerap membuatkan baju pengantin para artis tanah air.

Trand | 21:06 WIB

Lucinta Luna berpose seksi sambil duduk di tangga. Lucinta Luna sudah tak lagi mengenakan perban di wajahnya.

Trand | 20:05 WIB

Imelda Manggaimu mengikuti lomba maraton perempuan pada nomor 5 kilometer. Imelda berhasil mengalahkan 91 pelari putri lainnya.

Polhukam | 19:04 WIB

Joy Red Velvet jadi polisi yang ceria dan suka menolong sesama

Trand | 18:17 WIB

Asteroid itu diberi nama 2015FF

Polhukam | 17:03 WIB

Biaya perawatan kapal pesiar sangat tinggi

Trand | 16:07 WIB

Harga mi instan yang akan naik 3 kali lipat cukup menghebohkan karena banyak orang ketagihan mengonsumsinya

Trand | 15:12 WIB

Foto lawas diduga pernikahan AKP Rita Yuliana beredar di medsos

Polhukam | 14:51 WIB

Kemarin, harga batu kontrak September di pasar ICE Newcastle ditutup di US$ 401 per ton

Polhukam | 14:09 WIB

Utamakan kenyamanan sebelum memesan hotel

Trand | 13:53 WIB

Menkopolhukam menyebutkan motif kasus Brigadir J berbeda dari spekulasi

Polhukam | 13:10 WIB

Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G keduanya diklaim akan menjadi ponsel lipat paling inovatif di pasarnya saat ini dengan tampilan yang bisa dikustomisasi.

Trand | 12:40 WIB
Tampilkan lebih banyak