Kurangi Pengangguran, Pemkot Cimahi Kirim Tenaga Kerja Magang ke Jepang

Melalui program magang ini diharapkan lebih memudahkan tenaga kerja Cimahi bekerja di Jepang.

ARR Vaujie M
Jum'at, 17 Juni 2022 | 19:03 WIB
Kurangi Pengangguran, Pemkot Cimahi Kirim Tenaga Kerja Magang ke Jepang
(Dok. Pemkot Cimahi)

TANRTUM - Untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Cimahi, Pemkot Cimahi saat ini sedang gencar memberangkatkan tenaga kerjanya ke Jepang. Baru-baru ini, Pemkot Cimahi mengirimkan 20 orang peserta pelatihan Bahasa Jepang ke luar negeri. Mereka akan mengikuti magang di sejumlah perusahaan di Jepang.

"Alhamdilillah dari Disnaker bekerjasama dengan LPK Cimahi Media Internusa melaksanakan pelatihan bahasa jepang, lalu diberangkatkan ke sana. Insya Allah kita berkolaborasi untuk mencarikan pekerjaan bagi anak-anak kita," ujar Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, dikutip Jumat (17/6/2022).

Kepala Disnaker Kota Cimahi, Yanuar Taufik menambahkan, peserta magang ini sebelumnya mengikuti pelatihan bahasa Jepang selama 4 bulan.

"Setelah mengikuti pelatihan, mereka akan magang disana (Jepang) selama 1 hingga 3 tahun. Nah ujian level-level berikutnya bisa disana, jadi kesempatan lebih luas sehingga akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan di Jepang," terangnya.

Para peserta ini akan magang dengan beragam bidang. "Ada yang di las robotik, pertanian, dan ada yang jadi perawat. Mereka ini adalah peserta pelatihan yang kami adakan di tahun 2021," sebut Yanuar.

Selain di luar negeri, Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan pihaknya juga sudah memperkerjakan ratusan orang untuk bekerja di perusahan dalam negeri. Tercatat sejauh ini sudah ada sekitar 193 orang hasil pelatihan dan pemagangan yang sudah bekerja di salah satu perusahaan.

"Dan sebentar lagi kita juga akan melaksanskan pelatihan lagi untuk sekitar 300 orang yg akan dipekerjakan di perusahaan di dalam negeri khusunya di Kota Cimahi," ungkapnya.

Ngatiyana mengatakan, pihaknya melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi akan terus beruapay untuk membuka peluang kerja bagi warga Kota Cimahi agar angka pengangguran semakin berkurang.

Pemkot Cimahi dalam hal ini Disnaker Cimahi akan tetap bekerja keras untuk mencarikan anak-anak kita kerja, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri," ujar Ngatiyana.

Ia pun berharap dengan adanya pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi bagi masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kerjanya menjadi lebih besar.

"Pemkor Cimahi melalui Disnaker pada tahun 2021 melakukan inovasi baru dengan mengadakan pelatihan bahasa jepang, untuk mempersiapkan calon tenaga kerja yang siap bekerja di luar negeri, khususnya jepang," katanya.

Makro

Terkini

Ibu-ibu Kota Bandung yang memiliki anak agar segera melengkapi imunisasinya.

Polhukam | 23:01 WIB

Dampak buruk dari hilangnya politik identitas adalah akan banyak yang umat yang meninggalkan partai.

Polhukam | 22:03 WIB

Disebutkan bahwa pembunuhan berencana itu dilakukan setelah Irjen Pol Ferdy Sambo mengaku emosi lantaran istrinya dilecehkan di Magelang, Jawa Tengah.

Polhukam | 21:59 WIB

Bunga Citra Lestari pun terlihat memperhatikan Ariel saat sedang diukur. Tidak dijelaskan untuk keperluan apa baju tersebut dibuat oleh desainer yang kerap membuatkan baju pengantin para artis tanah air.

Trand | 21:06 WIB

Lucinta Luna berpose seksi sambil duduk di tangga. Lucinta Luna sudah tak lagi mengenakan perban di wajahnya.

Trand | 20:05 WIB

Imelda Manggaimu mengikuti lomba maraton perempuan pada nomor 5 kilometer. Imelda berhasil mengalahkan 91 pelari putri lainnya.

Polhukam | 19:04 WIB

Joy Red Velvet jadi polisi yang ceria dan suka menolong sesama

Trand | 18:17 WIB

Asteroid itu diberi nama 2015FF

Polhukam | 17:03 WIB

Biaya perawatan kapal pesiar sangat tinggi

Trand | 16:07 WIB

Harga mi instan yang akan naik 3 kali lipat cukup menghebohkan karena banyak orang ketagihan mengonsumsinya

Trand | 15:12 WIB

Foto lawas diduga pernikahan AKP Rita Yuliana beredar di medsos

Polhukam | 14:51 WIB

Kemarin, harga batu kontrak September di pasar ICE Newcastle ditutup di US$ 401 per ton

Polhukam | 14:09 WIB

Utamakan kenyamanan sebelum memesan hotel

Trand | 13:53 WIB

Menkopolhukam menyebutkan motif kasus Brigadir J berbeda dari spekulasi

Polhukam | 13:10 WIB

Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G keduanya diklaim akan menjadi ponsel lipat paling inovatif di pasarnya saat ini dengan tampilan yang bisa dikustomisasi.

Trand | 12:40 WIB
Tampilkan lebih banyak