Prokes Disebut Wali Kota Bandung Redam Paparan Covid-19 Varian BA4 dan BA5

Covid-19 varian BA4 dan BA5 terdeteksi menyebar usai carian Omicron

ARR Vaujie M
Jum'at, 17 Juni 2022 | 16:01 WIB
Prokes Disebut Wali Kota Bandung Redam Paparan Covid-19 Varian BA4 dan BA5
Pixabay

TANTRUM - Protokol kesehatan (prokes) menjadi terpenting dalam menghadapi Covid-19. Terlebih kini muncul varian baru Omicron, BA4 dan BA5.

Hal itu dikatakan oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Yana menegaskan dengan mejalankan prokes standar berupa memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak kemungkinan besar jauh dari paparan Covid-19.

"Dari dulu Covid-19 itu penyebarannya lewat droplet. Sebetulnya prokes minimal masker insyallah (aman)," kata Yana, Jumat 17 Juni 2022. 

Selain terus menjalankan prokes ketat dan meningkatkan kewaspadaan, Pemerintah Kota (pemkot) Bandung pun terus melaksanakan percepatan vaksinasi mulai dosisi 1 hingga dosis 3. 

Pelaksanaannya sendiri digelar tersebar di berbagai fasilitas kesehatan dan lembaga negara. Sama halnya dengan ruangan perawatan pasien Covid-19 yang telah disiagakan.

"Kita juga melengkapi vaksinnya, dosisi 1 hingga 3. Untuk rumah sakitnya tetap masih tersedia. Dari 1.700 Tempat Tidur (TT), saat ini 600 TT, yang terisi juga hanya 5 persen. Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan kita siapkan, mudah-mudahan tidak dipakai," ujar Yana. 

Menanggapai soal relaksasi, Yana mengatakan Kota Bandung masuk pada PPKM Level 1. Namun relaksasinya tidak euforia.

"Kita lihat karena saat ini masuk PPKM level 1, jadi pada saat ini relaksasinya tidak euforia. Tidak semuanya 100 persen. Saat ini rata-rata di 75 persen, kita sangat hati-hati," sebut Yana.

Peneliti dari FKKMK Universitas Gadjah Mada, dr. Gunadi, PhD, Sp.BA menjelaskan subvarian Omicron BA4 dan BA5 memiliki kemungkinan menyebar lebih cepat dibanding BA1 dan BA2. 

Subvarian baru inipun tidak ada indikasi yang menyebabkan kesakitan lebih parah dibanding varian Omicron lainnya.

Subvarian BA4 dan BA5, dinilai, memiliki penurunan kemampuan terhadap terapi beberapa jenis antibody monklonal. Ia juga memiliki kemungkinan lolos dari perlindungan kekebalan yang disebabkan oleh infeksi varian Omicron.

"Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 memiliki banyak mutasi yang sama dengan varian Omicron asli tetapi memiliki lebih banyak kesamaan dengan varian BA.2. Kedua varian mengandung substitusi asam amino L452R, F486V, dan R493Q dalam spike receptor binding domain dibandingkan dengan BA.," katanya dilansir dari ugm.ac.id.

Sebagai antisipasi, katanya, banyak pihak segera tingkatkan booster. Tetap pakai masker di dalam ruangan, kendaraan umum, kerumunan, dan bila merasa tidak enak badan. 

Selain itu, tidak terburu-buru untuk mencabut kebijakan bermasker.

“Pokoknya tetap patuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan akan selalu diperbaharui dan tetap menjadi acuan dalam kegiatan sehari-hari," imbuhnya.

Makro

Terkini

Bekas tentara marinir itu WNA pemegang dwikebangsaan, yaitu Jerman dan Rusia

Polhukam | 09:06 WIB

Perasaan malu bisa dipilah ke dalam dua ragam

Polhukam | 08:27 WIB

Startup ini sebagai sponsor resmi klub sepakbola Bali United

Korporasi | 08:03 WIB

Hanya 32 persen remaja yang disurvei mengatakan mereka menggunakan Facebook

Korporasi | 07:56 WIB

Advokasi hilangnya hutan negara di Kotabaru bersama Sawit Watch, terus diperluas dengan mengadu ke beberapa aparat penegak hukum.

Polhukam | 07:11 WIB

Ketika Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) banyak orang tua yang khawatir anaknya tidak bisa diterima di sekolah tujuan. Rupanya yang dialami SMP PGRI 6 sebaliknya.

Polhukam | 07:03 WIB

Hujan ini dapat disertai dengan angin kencang

Polhukam | 07:02 WIB

Menteri ini bertugas mencuci uang penerimaan zakat ormas Khilafahtul Muslimin

Polhukam | 06:44 WIB

Pesulap Merah dituding membuat sepi job para dukun

Polhukam | 05:36 WIB

Ibu-ibu Kota Bandung yang memiliki anak agar segera melengkapi imunisasinya.

Polhukam | 23:01 WIB

Dampak buruk dari hilangnya politik identitas adalah akan banyak yang umat yang meninggalkan partai.

Polhukam | 22:03 WIB

Disebutkan bahwa pembunuhan berencana itu dilakukan setelah Irjen Pol Ferdy Sambo mengaku emosi lantaran istrinya dilecehkan di Magelang, Jawa Tengah.

Polhukam | 21:59 WIB

Bunga Citra Lestari pun terlihat memperhatikan Ariel saat sedang diukur. Tidak dijelaskan untuk keperluan apa baju tersebut dibuat oleh desainer yang kerap membuatkan baju pengantin para artis tanah air.

Trand | 21:06 WIB

Lucinta Luna berpose seksi sambil duduk di tangga. Lucinta Luna sudah tak lagi mengenakan perban di wajahnya.

Trand | 20:05 WIB

Imelda Manggaimu mengikuti lomba maraton perempuan pada nomor 5 kilometer. Imelda berhasil mengalahkan 91 pelari putri lainnya.

Polhukam | 19:04 WIB
Tampilkan lebih banyak