Karena Mochtar Kusumaatmadja, Unpad Disebut Pelopor Kebangkitan Lingkungan Hidup Indonesia

Mochtar Kusumaatmadja merupakan wakil Indonesia di Konferensi Stockholm 1972

ARR Vaujie M
Selasa, 14 Juni 2022 | 19:15 WIB
Karena Mochtar Kusumaatmadja, Unpad Disebut Pelopor Kebangkitan Lingkungan Hidup Indonesia
suara.com

TANTRUM - Profesor Mochtar Kusumaatmadja merupakan tokoh yang membangun landasan perkembangan hukum lingkungan di Indonesia

Almarhum merupakan perwakilan Indonesia pada Konferensi Stockholm tahun 1972 atau Konferensi Lingkungan Hidup Sedunia pertama. 

"Pemikiran beliau dalam membangun hukum lingkungan yang menjadi dasar pengembangan pengelolaan lingkungan hidup sampai kini masih selalu menjadi pertimbangan dasar dalam pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya ditulis Selasa, 14 Juni 2022.

Pada konferensi tersebut Indonesia merupakan satu dari 113 negara peserta konferensi. Sebelum konferensi, Indonesia tengah mempersiapkan laporan nasional keadaan lingkungan hidup Indonesia. 

Sebagai pendukung hal tersebut, digelar seminar lingkungan hidup pertama di Indonesia pada 15-18 Mei 1972. Unpad menjadi penggagas dan pelaksana seminar tersebut. 

"Sehingga dapat disebut bahwa universitas ini merupakan pelopor kebangkitan lingkungan hidup di Indonesia," kata Siti.

Siti memaparkan, pada seminar persiapan menuju Konferensi Stockholm tersebut, Mochtar Kusumaatmadja menyampaikan pengaturan hukum masalah lingkungan hidup manusia. 

Siti meminta agar mengenang jasa almarhum bukan hanya pada jasanya dalam unclos, tetapi juga dalam pengembangan hukum lingkungan. 

"Profesor Mochtar Kusumaatmadja merupakan tokoh yang membangun landasan perkembangan hukum lingkungan di Indonesia," jelas Siti.

Siti menegaskan dilihat dari perkembangan pengelolaan lingkungan pasca konferensi Stockholm, serta atas dukungan kerja sama semua pihak termasuk Unpad, saat ini Indonesia telah membangun berbagai regulasi lingkungan hidup yang kokoh. 

Pelaksanaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup semakin baik, tuntutan atau tekanan terhadap lingkungan pun semakin meningkat. 

“Bahkan dapat disebut oleh berbagai ahli sebagai salah satu undang-undang lingkungan hidup yang baik,” ungkap Siti. 

Meski begitu, Siti Nurbaya mengatakan perubahan iklim, keanekaragaman hayati, serta pengendalian pencemaran menjadi tantangan ke depan.
 
Harapan Siti dalam masa mendatang, Unpad sebagai penghasil ahli hukum lingkungan dapat menghasilkan peraturan yang lebih responsif.

“Saya berharap kiranya para ahli hukum lingkungan di Universitas Padjadjaran dapat bersama-sama pemerintah untuk membangun regulasi yang lebih responsif melihat perubahan kebijakan global dan nasional tersebut,” tukas Siti.

ernyataan Siti itu dikemukakan pada pemaparan kunci pada Seminar Nasional 'Stockholm + 50: Kontribusi Prof. Mochtar Kusumaatmadja dalam Perkembangan Hukum Lingkungan di Indonesia'  yang digelar secara hybrid dari Auditorium Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) pekan lalu. 

Makro

Terkini

Kamaruddin menuding Patra M Zen telah ikut menyebarkan hoax atau informasi bohong mengenai pelecehan seksual yang dituduh istri Fredy Sambo kepada Brigadir J.

Polhukam | 23:57 WIB

Luis Milla menggantikan posisi pelatih Persib sebelumnya, Robert Alberts, yang mundur dari kursi kepelatihan Maung Bandung setelah mendapat desakan atas hasil buruk tim di awal musim BRI Liga 1 2022/2023.

Polhukam | 22:00 WIB

Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama wartawan mengikuti lomba tradisi 17 Agustus. Antara lain lomba bakiak, lomba makan kerupuk, baris berbaris, lomba memasukkan paku ke dalam botol.

Polhukam | 18:19 WIB

Posisi tidur miring ke kiri dianggap ideal untuk ibu hamil

Trand | 17:45 WIB

Yana Mulyana berharap, kerja sama dengan Negeri K-POP Korea Selatan ini dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat yang luas terutama untuk pelayanan terhadap masyarakat.

Polhukam | 17:05 WIB

Tim Khusus (Timsus) Polri yang dibentuk Kapolri, mengungkap kasus pembunuhan berencana Brigadir J di Rumah Dinas Kompleks Duren Tiga, Jakarta Selatan, mengaku memiliki cukup bukti.

Polhukam | 16:06 WIB

Pemerintah Jawa Barat selama tiga tahun berjuang untuk pulih dari pandemi

Polhukam | 15:42 WIB

Putri Chandrawathi adalah istri dari bekas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo

Polhukam | 15:13 WIB

Vibe Aura Kasih tetap terpancar dan kerap membuat netizen salah fokus alias salfok

Trand | 15:06 WIB

Jambore Nasional XI Tahun 2022 bertema 'Melalui Kegiatan Jamnas XI 2022, Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi'

Polhukam | 14:02 WIB

Sebagai catatan, sekarang ada empat produsen bus listrik di Indonesia, kemudian tiga produsen mobil listrik dan 31 produsen motor listrik yang punya fasilitas produksi di Indonesia

Korporasi | 13:58 WIB

Kelima lagu dibawakan ulang oleh Putih Abu-Abu dengan gayanya sendiri dan dibawakan dengan pembawaan pop easy-listening.

Trand | 12:44 WIB

Khodam leluhur yang dibawa oleh jin ini bisa menggaggu

Trand | 12:07 WIB

Salah satu artis Bollywood ini adalah Ameesha Patel

Trand | 11:36 WIB

Polri berjanji akan terus mengusut tuntas kasus itu tanpa ada yang ditutup-tutupi sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Polhukam | 11:03 WIB
Tampilkan lebih banyak