Mengapa RAM di Tablet Harus Besar ? Simak Penjelasannya

Tablet punya spesifikasi yang berbeda dibandingkan ponsel biasa

ARR Vaujie M
Jum'at, 10 Juni 2022 | 11:22 WIB
Mengapa RAM di Tablet Harus Besar ? Simak Penjelasannya
suara.com

TANTRUM - RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang bekerja sama dengan memori internal untuk menyimpan foto, video aplikasi dan lainnya.

Ketika ingin membeli sebuah gawai, hal pertama yang harus diperhatikan adalah spesifikasi. Setiap gawai memiliki spesifikasi yang berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

Dicuplik dari advandigital.com, RAM memiliki kapasitas yang bervariasi mulai dari 1, 4, 8, 12 hingga 18 GB. Kemampuan membaca dan menulis RAM jauh lebih cepat daripada memori internal. 

RAM bertugas untuk menyimpan file sistem atau aplikasi untuk sementara waktu. Sebelum disimpan oleh RAM, file sistem atau aplikasi akan disimpan pada memori internal. 

Lalu, ketika file atau aplikasi dijalankan, maka akan termuat oleh RAM agar gawai tidak lemot atau ngadat. 

Jika aplikasi selesai dipakai, RAM akan menghapus secara otomatis supaya porsi yang terpakai bisa digunakan oleh aplikasi lain. Biasanya, data yang tersimpan pada RAM juga akan terhapus apabila gawai di-restart.

Namun, biasanya tablet punya spesifikasi yang berbeda dibandingkan ponsel biasa, terutama pada RAM.

RAM pada tablet berguna untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan. Gawai tidak akan lambat jika memiliki kapasitas RAM yang besar. 

Apalagi untuk tablet yang biasanya digunakan sebagai pengganti laptop, pastinya butuh performa yang baik supaya aktivitas tidak terhambat. 

Ketika membuka sebuah aplikasi secara bersamaan, RAM inilah yang bertugas untuk menjalankannya. Jika menunggu loading screen terlalu lama, bisa jadi berpengaruh dari kapasitas RAM tablet. 

Atau penghobi bermain game, pasti tidak ingin kan punya tablet yang lemot? Ini akan terasa tidak nyaman ketika sedang bermain. 

Apalagi jika ingin memiliki berbagai aplikasi game di tablet, maka harus punya RAM dengan kapasitas yang besar agar lebih efisien ketika dioperasikan. 

Contohnya PUBG Mobile, game ini termasuk berat karena datanya cukup besar untuk dimuat ke dalam RAM. Butuh kapasitas 1GB agar game tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Trand

Terkini

Experience Center baru ini menyediakan beragam pilihan mobil mulai dari LCGC (low cost green car) hingga segmen premium dari berbagai merek.

Korporasi | 08:45 WIB

Proses penggeledahan memakan waktu selama sembilan jam

Polhukam | 07:54 WIB

Potensi hujan itu kemungkinan akan disertai kilat atau petir

Polhukam | 07:17 WIB

Real Madrid menang 2-0 atas Eintracht Frankfurt

Polhukam | 06:10 WIB

Indonesia menang 6-5 atas karena skor pada waktu normal juga turut dihitung

Polhukam | 05:53 WIB

Kirab Nusantara Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri se-Indonesia diikuti 3.500 mahasiswa dari 68 perguruan tinggi agama.

Polhukam | 05:01 WIB

Di samping melaporkan ke kepolisian, seluruh penjualan produk palsu herbal Yacona di marketplace juga akan di-take down atau dihilangkan total.

Polhukam | 04:07 WIB

National Paralympic Community Indonesia (NPCI) berharap, NPCI Kota Bandung dan Pemkot Bandung bisa sinergi untuk mengharumkan Kota Bandung, Jawa Barat, dan Indonesia.

Polhukam | 01:02 WIB

Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto menyebutkan pengakuan Bharada E bukan karena pengacara.

Polhukam | 22:04 WIB

Banyak netizen yang berasumsi bahwa perempuan yang akhirnya muncul di media itu bukanlah Putri Candrawati aslin, namun orang lain yang menyamar.

Polhukam | 21:01 WIB

Robert Alberts resmi berpisah dengan Persib setelah menjalin kebersamaan selama tiga tahun, tepatnya bekerja sama sejak 2019.

Polhukam | 20:09 WIB

Veteran diharapkan tetap semangat menjadi pelopor teladan bagi masyarakat juga unggul mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera.

Polhukam | 19:01 WIB

Generasi muda di tengah ancaman pornografi, kekerasan, dan kecanduan gawai. Ini harus diantisipasi orang tua di era digital saat ini.

Polhukam | 18:08 WIB

Maudy Ayunda berencana makan malam di luar saat peristiwa itu terjadi

Polhukam | 17:47 WIB

Jerat pidana mengancam istri Irjen Ferdy Sambo jika terbukti laporannya palsu

Polhukam | 17:07 WIB
Tampilkan lebih banyak