RS Hasan Sadikin Hari Ini Direncanakan Kepulangan Bayi Kembar Siam Sukabumi

Sempat dirawat di ruang inap Kenanga 2 RSHS

ARR Vaujie M
Jum'at, 10 Juni 2022 | 08:53 WIB
RS Hasan Sadikin Hari Ini Direncanakan Kepulangan Bayi Kembar Siam Sukabumi
Humas RSHS

TANTRUM - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan bayi kembar kembar siam Zahira - Zaina asal Sukabumi, dinyatakan rampung perawatannya usai dilakukan operasi pemisahan.

Sebelumnya pada lebih dari sepekan lalu menjalani pemisahan karena mengalami dempet di bagian dada dan perut. Rencananya pada hari ini akan dirawat di rumah dan pulang dari rumah sakit.

Usai dikuranginya pendukung medis untuk bayi kembar siam Zahira - Zaina asal Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa, 7 Juni 2022, tim dokter penanganan bayi kembar Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) menyebutkan luka hasil operasi pemisahan bersih dari infeksi.

Keduanya kini telah dirawat di ruang inap Kenanga 2 RSHS, setelah beberapa hari berada di ruang perawatan intensif pasca operasi pemisahan tanggal 25 Mei 2022.

"Untuk luka - luka operasi di luar di mulai dada sampai perut itu ditangani oleh tim dokter bedah plastik dan bedah saraf. Kalau untuk bagian dalam liver dipegang oleh dokter anak, tetapi untuk penyembuhannya akan menyembuh dengan sendirinya. Akan menjadi daging dengan sendirinya," ujar Sekretaris tim dokter penanganan kembar siam RSHS Fiva Aprilia Kadi.

Menurut Fiva interaksi secara fisik kedua bayi secara umum dalam keadaan baik. Bahkan salah satu bayi kembar ini, dapat menghabiskan makanan yang disediakan oleh rumah sakit.

Tetapi bayi yang lainnya tengah mengalami flu, sehingga nafsu makannya agak berkurang. Fiva mengatakan akan segera memberikan obat agar nafsu makannya kembali.

"Karena usianya sudah 6 bulan jadi sudah bisa makan, minum susu. Jadi setiap hari dapat makan tiga kali komplit dengan lauk pauk. Untuk asupan gizinya sudah dihitung oleh tim gizi khusus bagian anak," kata Fiva.

Fiva menyebutkan dengan kondisi yang pesat menuju stabil, perawatan kedua bayi kembar siam ini kemungkinan pekan ini akan dipulangkan.

Namun kepastian hari kepulangan kedua bayi kembar siam asal Sukabumi ini belum dapat ditentukan.

"Jadi besok akan ada pertemuan antara tim dokter dengan psikolog dan keluarga, tim gizim tim tumbuh kembang anak, karena tetap setelah pulang harus menyiapkan keluarga untuk perawatan di rumah," ungkap Fiva.

Alasannya, akan terjadi perbedaan cara perawatan di rumah sakit dan di rumah untuk bayi kembar siam ini.

Selain itu, otoritas RSHS Bandung akan melakukan pembicaraan dengan dokter spesialis anak di Sukabumi yang dekat dengan kediaman bayi kembar siam ini.

"Sehingga kalau pun Zahira - Zaina pulang akan tetap dipantau dokter spesialis anak disana," tukas Fiva.

Zahira - Zaina merupakan bayi kembar siam ke 20 yang dirawat di RSHS. Bayi ini pula merupakan bayi kembar siam dempet ke 6 yang berhasil dipisahkan oleh tim dokter.

Sejak tahun 2010, RSHS telah merawat sebanyak 20 bayi kembar siam dempet. Dari jumlah itu baru 6 bayi yang berhasil dipisahkan.

Pasalnya sisa bayi kembar siam yan tidak dilakukan operasi tindakan pemisahan karena kondisinya tidak memungkinkan, dalam penanganan perawatan kondisinya memburuk.

Makro

Terkini

Salah satu artis Bollywood ini adalah Ameesha Patel

Trand | 11:36 WIB

Polri berjanji akan terus mengusut tuntas kasus itu tanpa ada yang ditutup-tutupi sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Polhukam | 11:03 WIB

Pemerintah Arab Saudi merencanakan pemberlakuan sistem bussines to consumer dalam penyelenggaraan umrah

Polhukam | 10:15 WIB

Walikota Busan ajukan tugas alternatif bagi BTS ke Presiden Korea

Trand | 09:41 WIB

Farel juga menginspirasi rakyat Indonesia di mana dirinya yang baru menginjak usia 12 tahun justru tidak malu mempopulerkan lagu-lagu campursari berlirik Bahasa Jawa.

Polhukam | 09:07 WIB

Padahal kripto baru muncul pada 2020 sedangkan saham sudah lama dikenal di Indonesia sebagai instrumen investasi puluhan tahun lalu.

Korporasi | 08:41 WIB

And Yet, You Are So Sweet dibintangi oleh Mei Hata, dan Kyohei Takahashi

Trand | 08:12 WIB

Metaverse memiliki potensi untuk tumbuh hingga USD 5 triliun nilanya pada tahun 2030.

Trand | 07:45 WIB

Hukum haram membunuh ini untuk kucing liar atau bahkan kucing rumahan tanpa alasan yang kuat

Trand | 07:15 WIB

Hujan ini akan disertai petir dan angin kencang

Polhukam | 06:49 WIB

Koperasi Kohippci bantu eksistensi pedagang Pasar Cikapundung. Koperasi ini dibentuk Serikat Pedagang Pasar Cikapundung.

Korporasi | 22:26 WIB

Riset Kadin menemukab perusahaan di bidang industri ekonomi digital, mayoritas perusahaan digital akan terdampak dengan ketentuan dalam aturan PDP.

Polhukam | 21:38 WIB

Dorongan mundur sebelumnya diungkapkan dari kader PPP.

Polhukam | 21:25 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, PT Telkom Indonesia (Telkom) tertarik masuk dalam dunia metaverse dengan membuat mall virtual yang diberi nama Metanesia.

Korporasi | 20:03 WIB

Peluncuran smartphone, tablet dan jam tangan terbaru merupakan bagian dari strategi realme untuk memperkuat produk Artificial Intelligence of Things (AIoT) di Indonesia.

Korporasi | 19:23 WIB
Tampilkan lebih banyak