3 Proyek PGN Bisa Tekan Emisi Karbon Hingga 5 Juta Ton CO2 Per Tahun

Proyek-proyek unggulan tersebut akan mengakselerasi proses transisi bahan bakar fosil ke energi bersih gas bumi.

ARR Vaujie M
Jum'at, 10 Juni 2022 | 17:24 WIB
3 Proyek PGN Bisa Tekan Emisi Karbon Hingga 5 Juta Ton CO2 Per Tahun
suara.com

TANTRUM - Penguatan pasokan gas dan perluasan infrastruktur gas bumi diyakini bisa jadi sebagai transisi energi berkelanjutan. Sebanyak tiga proyek strategis Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT PGN Tbk diyakini bisa menekan emisi karbon hingga lima juta ton CO2 per tahun.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Azis mengatakan perusahaan mengutamakan pembangunan rendah emisi untuk mendukung program pemerintah mencapai netral karbon pada 2060. 

Ia menyebut, ketiga proyek strategis PGN tersebut adalah regasifikasi pembangkit listrik, gasifikasi kilang, dan jaringan gas rumah tangga (jargas).

"Ketiga proyek itu bisa menekan emisi sekitar lima juta ton CO2 tiap tahunnya," ujarnya.

Proyek-proyek unggulan tersebut akan mengakselerasi proses transisi bahan bakar fosil ke energi bersih gas bumi.

Faris merinci, proyek regasifikasi pembangkit listrik sebagian besar berada di wilayah timur Indonesia. Berdasarkan Kepmen ESDM No 2 Tahun 2022, regasifikasi pembangkit dilakukan di 33 lokasi dengan total kapasitas 1.198 MW dan penggunaan gas bumi 83,74 BBTUD. 

Melalui proyek regasifikasi yaitu mengonversi penggunaan BBM dan batu bara menggunakan gas bumi pada penggunaan listrik, maka PGN optimistis mencapai net zero emission. Apabila regasifikasi ini bisa dilakukan secara penuh akan menekan emisi 650.000 ton CO2 tiap tahunnya. 

Ia mengatakan, untuk proyek gasifikasi kilang, berjalan di Dumai, Plaju, Balongan, Cilacap, TPPI, Tuban, dan Balikpapan. Dengan total 560 BBTUD untuk gasifikasi refinery dapat menekan emisi karbon sampai 4,3 juta ton CO2 per tahun," ujar Faris.

Proyek strategis ketiga PGN adalah pemanfaatan gas bumi di sektor rumah tangga. Hingga kini, PGN telah menghadirkan solusi energi yang berkelanjutan, bersih, dan mudah di akses 24 jam penuh pada 750 ribu sambungan jargas di 17 provinsi dan 67 kota dan kabupaten.

Target melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) adalah empat juta sambungan rumah tangga pada 2024. Satu juta jaringan gas untuk sektor rumah tangga, dapat menekan emisi karbon hingga 60.000 CO2 tiap tahunnya.

"Program ini juga dapat membantu pemerintah menurunkan impor elpiji dan menekan biaya subsidi energi. Gas bumi merupakan energi fosil paling bersih dan sangat tepat untuk dimanfaatkan di proses transisi energi," katanya.

Korporasi

Terkini

Arti mimpi punya rambut gondrong yang ternyata menyimpan makna yang cukup buruk tentang kebohongan

Trand | 10:48 WIB

Dalam kasus ini, Tim Penyidik Tim Khusus Bareskrim Polri telah menetapkan dua orang tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Polhukam | 10:02 WIB

Permintaan kepada malaikat Jibril itu dilakukan untuk membiayai pembangunan rumah ibadah

Trand | 09:11 WIB

Kekuatan militer Iran berada diatas Israel yang berperingkat lebih rendah

Polhukam | 08:49 WIB

Jabatan baru Syahar Diantono ini menggantikan Ferdy Sambo yang tengah berkasus

Polhukam | 08:26 WIB

Rencananya pada hari ini LPSK ke Bareskrim Polri

Polhukam | 08:07 WIB

Dalam peraturan tersebut Komponen Biaya pembentuk tarif terdiri dari Biaya Langsung dan Tidak Langsung,

Makro | 07:48 WIB

Pada 2023, pemerintah masih akan berupaya untuk menstabilisasi harga barang di pasar, terutama yang terdampak ketidakpastian ekonomi global

Makro | 07:13 WIB

Satu per satu, sejumlah keterangan baru yang melingkupi misteri kasus pembunuhan Brigadir J terungkap. Antara lain, keterangan mengenai tidak adanya baku tembak.

Polhukam | 07:04 WIB

Hujan angin itu akan disertai kilat atau petir

Polhukam | 06:54 WIB

Persib Bandung kalah lagi dan meneruskan puasa kemenangan di awal musim Liga 1 2022

Polhukam | 06:27 WIB

Bazar Bayar dengan sampah meriahkan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Kota Bandung. Rangkaian kegiatan diusung dalam Great Bandung.

Makro | 06:06 WIB

Rumah Susun Cisaranten Bina Harapan akan dibangun di atas lahan sekitar 3,2 hektare milik Kementerian PUPR.

Makro | 04:03 WIB

Ridwan Kamil meninjau pembangunan underpass Dewi Sartika, Depok. Warga tidak usah ada lagi menunggu kereta lewat karena ada jalan underpass.

Makro | 03:01 WIB

Saat bertemu Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Ridwan Kamil mengatakan pandemi COVID-19 telah mengguncang dan mengubah kehidupan.

Makro | 01:57 WIB
Tampilkan lebih banyak