4 Fokus Pemerintah Kejar Digitalisasi Nasional

Komitmen pemerintah adalah menyediakan konektivitas digital yang bisa diakses semua lapisan masyarakat.

ARR Vaujie M
Kamis, 09 Juni 2022 | 13:19 WIB
4 Fokus Pemerintah Kejar Digitalisasi Nasional
suara.com

TANTRUM - Pemerintah Indonesia berupaya mempercepat agenda transformasi digital nasional untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang benar-benar digital dengan membina ekosistem digital agar lebih inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi, Mira Tayyiba memapatkan, ada empat sektor strategis yang tengah dikebut dalam program digitalisasi ini. Empat sektor strategis yang dimaksud adalah infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

Pemerintah membangun infrastruktur telekomunikasi digital mulai dari backbone, middle-mile dan last mile. Komitmen pemerintah adalah menyediakan konektivitas digital yang bisa diakses semua lapisan masyarakat. Pemerintah mengupayakan jaringan 4G bisa mencakup 83.218 desa pada tahun 2022.

"Ini adalah visi transformasi digital yang merangkul semua yang akan menghubungkan yang tidak terhubung dan tidak membiarkan siapapun tertinggal," kata Mira.

Kementerian juga menaruh perhatian pada kemampuan talenta digital, dengan mengadakan program Gerakan Literasi Digital dan Digital Talent Scholarship kepada 15 juta masyarakat sampai 2024.

Pemerintah memberikan pelatihan kepada 300.000 peserta program Digital Talent Scholarship untuk memenuhi kebutuhan 9 juta talenta digital Indonesia.

"Dengan program-program tersebut, masyarakat diharapkan bisa mengadopsi dan mengembangkan teknologi digital secara produktif, aman dan bertanggung jawab," katanya.

Makro

Terkini

Ini merupakan penampilan perdana group asal Korea Selatan ini, di Amerika Serikat untuk membawakan "PINK VENOM".

Trand | 10:02 WIB

Kedatangan Jokowi langsung disambut oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD RI LaNyalla Mattaliti.

Polhukam | 09:53 WIB

Film ini adalah upaya terbaru Depp untuk memulai kembali karirnya setelah persidangan pencemaran nama baik terhadap mantan istrinya Amber Heard.

Trand | 09:45 WIB

JO1 batal tampil dalam gelaran KCON 2022 LA pada 21 Agustus 2022. Keputusan ini diambil demi memastikan keselamatan tak hanya artis tetapi juga staf dan semua pihak yang terlibat.

Trand | 08:35 WIB

Nathalie Holscher melakukannya usai resmi cerai dengan Sule

Trand | 08:07 WIB

Seperti kemarin, hujan akan turun disertai kilat atau petir

Polhukam | 07:58 WIB

Pengukuhan 68 Anggota Paskibraka 2022 tersebut digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta

Polhukam | 07:16 WIB

Sidang pada tahun ini digelar secara langsung setelah dalam dua tahun dilakukan secara terbatas dan singkat.

Polhukam | 07:12 WIB

Menurut pengakuan korban, pelecehan seksual di dalam bus TransJakarta itu terjadi hari Jumat (12/8) pekan lalu.

Polhukam | 06:06 WIB

Serupa dengan Mariana, kuasa hukumnya Haji Amir melayangkan permintaan maaf

Polhukam | 05:47 WIB

Pernyataan Gus Samsudin muncul terkait rencana master Limbad untuk mempertemukan Gus Samsudin dengan Marcel Radhival alias Pesulap Merah. Limbad bersama Denny Darko mau mengajak mereka menyelesaikan masalah.

Polhukam | 05:04 WIB

Program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha ditargetkan terpenuhi dalam tiga tahun dari sekarang.

Korporasi | 04:03 WIB

Dara mengaku sudah dari jauh hari berlatihan bersama anggota paskibraka lainnya menjelang HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Balai Kota Bandung nantinya.

Polhukam | 02:02 WIB

Hadirnya para seniman lukisan di Jalan Braga berdampak pada munculnya bentuk ekonomi kreatif lain di sana, seperti fotografi dan kuliner.Selain itu, ia mengatakan, Abah Ropih ingin menjadikan Braga sebagai tempat pembelajaran seni.

Trand | 00:58 WIB

Paskibraka lahir bersamaan dengan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dikumandangkan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta, pada Jumat, 17 Agustus 1945 tepat pukul 10.00 WIB.

Polhukam | 23:59 WIB
Tampilkan lebih banyak