Meski SDM Menyusut, Kemenag Jabar Inginkan Madrasah Tetap Berprestasi

Tidak gentar menghadapi berbagai perubahan regulasi

ARR Vaujie M
Rabu, 08 Juni 2022 | 08:52 WIB
Meski SDM Menyusut, Kemenag Jabar Inginkan Madrasah Tetap Berprestasi
suara.com

TANTRUM - Penghapusan tenaga honorer akan dilaksanakan per 28 November 2023. Itu merupakan mandat dari Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang ditandatangani Tjahjo Kumolo pada 31 Mei 2022.

Hal ini berdampak terhadap berbagai sektor. Salah satunya adalah tenaga pendidik, tak terkecuali tenaga pengajar honorer di lingkungan madrasah.

""Seleksi SDM di madrasah perlu diperketat, tenaga apapun di luar PPPK dan PNS maka harus outsourcing. Dengan hadirnya SDM yang qualified, saya yakin akan hadir madrasah mandiri berprestasi. Tidak apa-apa jumlahnya sedikit karena tenaga honorer sudah dihapuskan. SDM kecil, prestasi besar, " ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Barat Drs. H. Ajam Mustajam, M.Si dicuplik dari jabar.kemenag.go.id, Rabu, 8 Juni 2022.

Menurut Ajam, madrasah agar tidak gentar menghadapi berbagai perubahan regulasi. Karena  itu merupakan proses dalam meraih kesuksesan.

Pengelola madrasah harus mau bekerja keras demi meningkatkan kemajuan pendidikan. Pasalnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk kemajuan madrasah, dari hal-hal kecil hingga darurat.

"Pendidikan di era saat ini harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, jujur, kokoh, tahan uji, kompetifif, serta mempunyai kemampuan yang handal di bidangnya," kata Ajam.

Ajam menekankan madrasah se-Jawa Barat harus terus menata agar berprestasi. Harapannya mendatang, madrasah bukan lagi pelarian para orang tua siswa. 

Karena saat ini, banyak anak didik yang tidak masuk ke sekolah yang diinginkan masuk ke madrasah. Ajam menegaskan madrasah harus menjadi tujuan karena berprestasi.

"Optimis madrasah di Jawa Barat akan mandiri dan berprestasi. Visi madrasah mandiri berprestasi itu sangat bagus, tetapi perlu diimbangi dengan misi yang banyak dan terukur," tukas Ajam.

Salah satu contohnya lanjut Ajam, dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya seleksi penerimaan guru perlu dicermati kembali, karena status tenaga honorer resmi dihapus tahun depan.

Polhukam

Terkini

Kerja sama penelitian dan pengembangan ITB di bidang teknologi diesel dan bioavtur, bukti tiple helix dalam kemandirian energi untuk bangsa.

Korporasi | 02:01 WIB

Kaum ibu ataupun muslimah sebagai ibu dapat menjadi teladan dalam dalam menjaga lingkungan di keluarga maupun masyarakat.

Trand | 01:07 WIB

Saat ini ada sebanyak 450 anggota KPJ. Mereka akan diberikan kartu anggota yang juga berfungsi sebagai ATM secara bertahap.

Korporasi | 23:57 WIB

Perseteruan antara Gus Samsudin dan Pesulap Merah rupanya menginpirasi masyarakat untuk menghasilkan kreativitas pada hari kemerdekaan RI 17 Agustus.

Trand | 22:04 WIB

Ketersediaan stok vaksin yang mencukupi di dalam negeri mendorong pemerintah memberikan suntikan dosis keempat kepada tenaga kesehatan

Makro | 19:25 WIB

Pendapaian Indonesia Emas ditandai dengan peningkatan pendapatan perkapita yang diproyeksikan sebesar 29 30 ribu Dolar AS. Jika dikalkulasikan, pendapatan perkapita masyarakat Indonesia berkisar Rp 30 juta/bulan.

Korporasi | 19:09 WIB

Promosi bertajuk Kemilau Kemerdekaan LM itu berlangsung sejak 15-31 Agustus 2022.

Korporasi | 18:54 WIB

Kalung kucing adalah solusi untuk mencegah potensi kecelakaan antara kendaraan bermotor dan kucing jalanan pada malam hari. Demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Trand | 18:05 WIB

Kampanye The Rising Tide dan Triathlon Bali-Jakarta berbuah positif, produsen didorong perbesar kemasan plastik (upsizing) demi kurangi timbulan sampah.

Korporasi | 16:49 WIB

Dik Doank justru menemukan makna kemerdekaan yang sesungguhnya di penjara. Mereka yang ada di dalam adalah orang-orang merdeka dan tidak akan melanggar aturan hukum.

Trand | 16:02 WIB

Beda ageusia dengan dysgeusia dan anosmia

Trand | 15:07 WIB

Diabestfriends harus tahu cara cepat menurunkan gula darah

Trand | 14:07 WIB

Batu Mahpar tersebut diduga bukan dari bekas larva Gunung Galunggung

Trand | 13:09 WIB

Sebelumnya Lucinta Luna pamer selfie bareng Ruben Onsu

Trand | 11:11 WIB

Kabar Tasyi Athasyia unfollow Tasya Farasya heboh di Tiktok

Trand | 10:08 WIB
Tampilkan lebih banyak