Program Biomassa dan Batu Bara di PLTU Tingkatkan Bauran Energi Terbarukan

Kementerian ESDM memproyeksikan kebutuhan biomassa untuk co-firing sekitar 10,2 juta ton per tahun pada 2025

ARR Vaujie M
Selasa, 07 Juni 2022 | 07:55 WIB
Program Biomassa dan Batu Bara di PLTU Tingkatkan Bauran Energi Terbarukan
suara.com

TANTRUM - Program substitusi biomassa atau co-firing pada pembangkit listrik tenaga uap berbahan bakar batu bara dinilai meningkatkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 1,8 persen.

"Program co-firing ini akan meningkatkan bauran EBT sekitar 1,8 persen melalui substitusi sebagian batu bara dengan biomassa sampai dengan kurang lebih 10 persen," kata Direktur Bioenergi Kementerian ESDM Edi Wibowo di Jakarta, Selasa, 7 Juni 2022.

Pemerintah Indonesia menggunakan biomassa sebagai substitusi bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara untuk mempercepat pemanfaatan EBT menuju target 23 persen pada tahun 2025. Program co-firing sejalan dengan upaya Indonesia menuju target netralitas karbon pada tahun 2060.

Kementerian ESDM memproyeksikan kebutuhan biomassa untuk co-firing sekitar 10,2 juta ton per tahun pada 2025 dan implementasi program itu akan memberikan dampak terhadap penurunan emisi sekitar 11 juta ton karbondioksida.

Edi menyampaikan, co-firing tak hanya meningkatkan kontribusi EBT pada bauran energi nasional, tetapi juga berdampak positif kepada pengembangan ekonomi kerakyatan.

"Program co-firing merupakan bagian dari ekosistem listrik kerakyatan dan land preservation program yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam penyediaan biomassa, sehingga sekaligus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi setempat karena membuka lapangan kerja dan peluang bisnis di sektor biomassa khususnya yang berbasis sampah dan limbah," jelas Edi.

Pada 2022 target pemanfaatan biomassa sebanyak 450 ribu ton yang akan menghasilkan produksi energi hijau sebesar 334 gigawatt jam dengan pengurangan emisi sebesar 340 ribu ton karbondioksida.

Hingga April 2022 realisasi co-firing telah sebanyak 175 ribu ton biomassa dan menghasilkan produk energi hijau sebesar 185 gigawatt jam dengan pengurangan emisi sebesar 184 ribu ton karbondioksida.

Saat ini PLN telah berhasil melakukan implementasi pencampuran biomassa dengan batu bara pada 31 lokasi dari target 35 lokasi di tahun 2022. Dalam waktu dekat PLTU Air Anyir berkapasitas 2x30 megawatt sebagai unit pembangkitan utama di Pulau Bangka akan turut aktif dalam menerapkan program co-firing biomassa tersebut.

PLN sudah menjalin kontrak untuk penyediaan woodchip pada PLTU Air Anyir sebesar 15.000 ton untuk periode satu tahun dan direncanakan pengiriman perdana ke unit pada Juli 2022 mendatang.

PLTU Air Anyir telah melakukan uji bakar menggunakan woodchip 5,0 persen dengan hasil aman dan memenuhi parameter desain pada 19 April 2021. Pengujian dilakukan pada beban kotor 25 megawatt dengan menggunakan 36 ton biomassa dengan hasil secara umum kondisi semua parameter boiler dan operasi normal.

PLN juga telah mengupayakan penyediaan bahan baku dari berbagai sumber antara lain melalui pemanfaatan lahan tanaman energi, pemanfaatan limbah pertanian dan perkebunan, pemanfaatan lahan kering, serta pemanfaatan sampah.

"Mempercepat implementasi co-firing biomassa pada PLTU, Kementerian ESDM telah melakukan penyusunan Peraturan Menteri ESDM tentang pemanfaatan biomassa sebagai campuran bahan bakar pada PLTU yang telah memasuki tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM," katanya.

Makro

Terkini

Terinspirasi sarang burung, mahasiswa Desain Interior ITB membuat desain hunian hangat dan nyaman. Meraih prestasi dengan menempati posisi Bronze Winner dalam Bharatika Creative Design Festival tahun 2022.

Trand | 04:04 WIB

Kerja sama penelitian dan pengembangan ITB di bidang teknologi diesel dan bioavtur, bukti tiple helix dalam kemandirian energi untuk bangsa.

Korporasi | 02:01 WIB

Kaum ibu ataupun muslimah sebagai ibu dapat menjadi teladan dalam dalam menjaga lingkungan di keluarga maupun masyarakat.

Trand | 01:07 WIB

Saat ini ada sebanyak 450 anggota KPJ. Mereka akan diberikan kartu anggota yang juga berfungsi sebagai ATM secara bertahap.

Korporasi | 23:57 WIB

Para pengendaranya mengikuti rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI bernama 3 Menit untuk Indonesia. Para pengendara berdiri dan mengheningkan cipta untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Polhukam | 22:57 WIB

Perseteruan antara Gus Samsudin dan Pesulap Merah rupanya menginpirasi masyarakat untuk menghasilkan kreativitas pada hari kemerdekaan RI 17 Agustus.

Trand | 22:04 WIB

Ada sejarah dan makna yang mendalam di balik berbagai perlombaan 17 Agustus. Dari makan kerupuk hingga balap karung.

Polhukam | 21:06 WIB

Mahfud MD pun menaruh perhatian dan apresiasi positif atas sepak terjang Komjen Agus. Siapakah Komjen Agus?

Polhukam | 20:03 WIB

Pendapaian Indonesia Emas ditandai dengan peningkatan pendapatan perkapita yang diproyeksikan sebesar 29 30 ribu Dolar AS. Jika dikalkulasikan, pendapatan perkapita masyarakat Indonesia berkisar Rp 30 juta/bulan.

Korporasi | 19:09 WIB

Promosi bertajuk Kemilau Kemerdekaan LM itu berlangsung sejak 15-31 Agustus 2022.

Korporasi | 18:54 WIB

Kalung kucing adalah solusi untuk mencegah potensi kecelakaan antara kendaraan bermotor dan kucing jalanan pada malam hari. Demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Trand | 18:05 WIB

Kampanye The Rising Tide dan Triathlon Bali-Jakarta berbuah positif, produsen didorong perbesar kemasan plastik (upsizing) demi kurangi timbulan sampah.

Korporasi | 16:49 WIB

Dik Doank justru menemukan makna kemerdekaan yang sesungguhnya di penjara. Mereka yang ada di dalam adalah orang-orang merdeka dan tidak akan melanggar aturan hukum.

Trand | 16:02 WIB

Beda ageusia dengan dysgeusia dan anosmia

Trand | 15:07 WIB

Diabestfriends harus tahu cara cepat menurunkan gula darah

Trand | 14:07 WIB
Tampilkan lebih banyak