Bayi Kembar Siam Sukabumi Dirawat di Ruang Inap

Bekas operasi pemisahan tidak ada infeksi

ARR Vaujie M
Selasa, 07 Juni 2022 | 18:11 WIB
Bayi Kembar Siam Sukabumi Dirawat di Ruang Inap
Humas RSHS

TANTRUM - Usai dikuranginya pendukung medis untuk  bayi kembar siam Zahira - Zaina asal Sukabumi, Jawa Barat, tim dokter penanganan bayi kembar Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) menyebutkan luka hasil operasi pemisahan bersih dari infeksi.

Keduanya kini telah dirawat di ruang inap Kenanga 2 RSHS, setelah beberapa hari berada di ruang perawatan intensif pasca operasi pemisahan tanggal 25 Mei 2022.

"Untuk luka - luka operasi diluar di mulai dada sampai perut itu ditangani oleh tim dokter bedah plastik dan bedah saraf. Kalau untuk bagian dalam liver dipegang oleh dokter anak, tetapi untuk penyembuhannya akan menyembuh dengan sendirinya. Akan menjadi daging dengan sendirinya," ujar Sekretaris tim dokter penanganan kembar siam RSHS Fiva Aprilia Kadi, Bandung, Selasa, 7 Juni 2022.

Menurut Fiva interaksi secara fisik kedua bayi secara umum dalam keadaan baik. Bahkan salah satu bayi kembar ini, dapat menghabiskan makanan yang disediakan oleh rumah sakit.

Tetapi bayi yang lainnya tengah mengalami flu, sehingga nafsu makannya agak berkurang. Fiva mengatakan akan segera memberikan obat agar nafsu makannya kembali.

"Karena usianya sudah 6 bulan jadi sudah bisa makan, minum susu. Jadi setiap hari dapat makan tiga kali komplit dengan lauk pauk. Untuk asupan gizinya sudah dihitung oleh tim gizi khusus bagian anak," kata Fiva.

Fiva menyebutkan dengan kondisi yang pesat menuju stabil, perawatan kedua bayi kembar siam ini kemungkinan pekan ini akan dipulangkan.

Namun kepastian hari kepulangan kedua bayi kembar siam asal Sukabumi ini belum dapat ditentukan.

"Jadi besok akan ada pertemuan antara tim dokter dengan psikolog dan keluarga, tim gizim tim tumbuh kembang anak, karena tetap setelah pulang harus menyiapkan keluarga untuk perawatan di rumah," ungkap Fiva.

Alasannya, akan terjadi perbedaan cara perawatan di rumah sakit dan di rumah untuk bayi kembar siam ini.

Selain itu, otoritas RSHS Bandung akan melakukan pembicaraan dengan dokter spesialis anak di Sukabumi yang dekat denngan kediaman bayi kembar siam ini.

"Sehingga kalau pun Zahira - Zaina pulang akan tetap dipantau dokter spesialis anak disana," tukas Fiva.

Zahira - Zaina merupakan bayi kembar siam ke 20 yang dirawat di RSHS. Bayi ini pula merupakan bayi kembar siam dempet ke 6 yang berhasil dipisahkan oleh tim dokter.

Sejak tahun 2010, RSHS telah merawat sebanyak 20 bayi kembar siam dempat. Dari jumlah itu baru 6 bayi yang berhasil dipisahkan.

Pasalnya sisa bayi kembar siam yan tidak dilakukan operasi tindakan pemisahan karena kondisinya tidak memungkinkan, dalam penanganan perawatan kondisinya memburuk. 

Makro

Terkini

Kamaruddin menuding Patra M Zen telah ikut menyebarkan hoax atau informasi bohong mengenai pelecehan seksual yang dituduh istri Fredy Sambo kepada Brigadir J.

Polhukam | 23:57 WIB

Luis Milla menggantikan posisi pelatih Persib sebelumnya, Robert Alberts, yang mundur dari kursi kepelatihan Maung Bandung setelah mendapat desakan atas hasil buruk tim di awal musim BRI Liga 1 2022/2023.

Polhukam | 22:00 WIB

Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama wartawan mengikuti lomba tradisi 17 Agustus. Antara lain lomba bakiak, lomba makan kerupuk, baris berbaris, lomba memasukkan paku ke dalam botol.

Polhukam | 18:19 WIB

Posisi tidur miring ke kiri dianggap ideal untuk ibu hamil

Trand | 17:45 WIB

Yana Mulyana berharap, kerja sama dengan Negeri K-POP Korea Selatan ini dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat yang luas terutama untuk pelayanan terhadap masyarakat.

Polhukam | 17:05 WIB

Tim Khusus (Timsus) Polri yang dibentuk Kapolri, mengungkap kasus pembunuhan berencana Brigadir J di Rumah Dinas Kompleks Duren Tiga, Jakarta Selatan, mengaku memiliki cukup bukti.

Polhukam | 16:06 WIB

Pemerintah Jawa Barat selama tiga tahun berjuang untuk pulih dari pandemi

Polhukam | 15:42 WIB

Putri Chandrawathi adalah istri dari bekas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo

Polhukam | 15:13 WIB

Vibe Aura Kasih tetap terpancar dan kerap membuat netizen salah fokus alias salfok

Trand | 15:06 WIB

Jambore Nasional XI Tahun 2022 bertema 'Melalui Kegiatan Jamnas XI 2022, Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi'

Polhukam | 14:02 WIB

Sebagai catatan, sekarang ada empat produsen bus listrik di Indonesia, kemudian tiga produsen mobil listrik dan 31 produsen motor listrik yang punya fasilitas produksi di Indonesia

Korporasi | 13:58 WIB

Kelima lagu dibawakan ulang oleh Putih Abu-Abu dengan gayanya sendiri dan dibawakan dengan pembawaan pop easy-listening.

Trand | 12:44 WIB

Khodam leluhur yang dibawa oleh jin ini bisa menggaggu

Trand | 12:07 WIB

Salah satu artis Bollywood ini adalah Ameesha Patel

Trand | 11:36 WIB

Polri berjanji akan terus mengusut tuntas kasus itu tanpa ada yang ditutup-tutupi sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Polhukam | 11:03 WIB
Tampilkan lebih banyak