Rein Vidya Banafsha, Wisudawati Termuda Unpad

Saat diterima di Unpad, Rein baru berusia 15 tahun 10 bulan. Sejak SMP dan SMA ia telah mengikuti kelas percepatan.

ARR Vaujie M
Selasa, 07 Juni 2022 | 17:56 WIB
Rein Vidya Banafsha, Wisudawati Termuda Unpad
(Humas Unpad)

TANTRUM - Konsisten, kata yang tepat untuk disematkan kepada Rein Vidya Banafsha. Ketika tahun 2018 lalu ia terdaftar sebagai mahasiwi baru termuda Universitas Padjadjaran (Unpad) yang diterima di Fakultas Kedokteran, kini ia mendapatkan predikat wisudawati termuda dengan usia 19 tahun 4 bulan.

Rein Vidya Banafsha pun mendapatkan penghargaan pada Upacara Wisuda Gelombang III Tahun Akademik 2021/2022, Selasa (7/6/2022). Ia berhasil menyelesaikan studi Sarjana dengan waktu 3,5 tahun. Ia lulus dari FK Unpad pada Februari 2022 lalu. 

Rein berkesempatan mengikuti wisuda secara luring dari Grha Sanusi Hardjadinata Unpad. “Perasaannya senang banget jadi wisudawan termuda, (mudah-mudahan) bisa menginspirasi orang,” ujar Rein.

Perempuan asal Tasikmalaya, Jawa Barat, ini berhasil diterima di FK Unpad melalui jalur SBMPTN. Ia mantap memilih program studi Kedokteran Unpad di pilihan pertama.

Saat diterima di Unpad, Rein baru berusia 15 tahun 10 bulan. Sejak duduk di bangku SMP, Rein sudah mengikuti kelas percepatan. Ia menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dalam waktu dua tahun. 

Masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya, Rein juga mengikuti kelas percepatan dan kembali lulus dalam dua tahun. 

Diterima di FK Unpad dengan usia yang cukup belia, Rein sempat berpikir bahwa kuliah di Kedokteran sangat berat. Secara perlahan, ia mencoba menikmati masa-masa kuliahnya. 

“Lumayan susah belajar di FK, tetapi kalau dinikmati prosesnya akan bisa melewati itu semua,” imbuhnya. 

Pandemi Covid-19 memaksa Rein dan mahasiswa Unpad lainnya melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring. Ada perbedaan signifikan antara kuliah tatap muka dengan kuliah daring. Tantangan terbesarnya ketika harus melakukan praktikum. 

Menurutnya, praktik online amat terbatas. Bebeda dengan praktik offline yang lebih mudah dipahami. Tantangan lainnya adalah harus rajin mengatur waktu dan mengerjakan tugas secara mandiri. 

“Kalau dulu waktu offline, biasa ketika ada tugas bisa mengerjakan bareng-bareng bersama teman. Kalau online jadi tantangan tersendiri,” kata ReinVidya Banafsha. 

Meski demikian, Rein berhasil melewati masa studi Sarjananya dengan baik. Selanjutnya, ia akan menempuh Pendidikan Profesi Kedokteran untuk mendapatkan gelar dokternya. Ia pun mantap untuk melanjutkan studinya ke pendidikan Spesialis. 

“Terima kasih Unpad sudah berjasa dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak harapan bangsa. Semoga Unpad bisa makin maju dan terjaga nama baiknya,” kata Rein. 

Trand

Terkini

Fitur baru WhatsApp ini akan diberi nama sebagai login approval dan pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo.

Korporasi | 22:03 WIB

Selain sebagai bahan tepung untuk membuat aneka kue, seperti tepung terigu dan sebangsanya, tanaman sorgum juga memiliki banyak manfaat. Daunnya bisa sebagai pakan ternak, batangnya untuk bahan meubel.

Korporasi | 21:01 WIB

AFC menyatakan tidak ada yang salah dalam laga Vietnam dan Thailand. Karena itu, Indonesia harus berlapang dada.

Polhukam | 20:04 WIB

Pengacara Bharada E, Muhammad Boerhanuddin mengatakan bahwa kliennya terlihat sangat lega saat memberikan nama-nama polisi yang diduga terlibat dalam kasus kematian Brigadir J.

Polhukam | 18:06 WIB

Pelatih Persib Robert Albert mengaku sangat mewaspadai motivasi tambahan pemain Borneo FC pada pertandingan ini.

Polhukam | 15:01 WIB

Uang pensiun itu diterima saat Prabowo menjadi purnawirawan dengan pangkat Letnan Jenderal

Makro | 14:31 WIB

Setelah dipermalukan Madura United di Bandung, 1-3 dan ditahan imbang 2-2 oleh Bhayangkara FC, Persib sedang berjuang meraih 3 poin pertamanya di Liga 1 dengan lawan Borneo FC.

Polhukam | 13:59 WIB

Masyarakat banyak yang menyapa Jokowi, Iriana dan Jan Ethes

Polhukam | 12:35 WIB

Ilmuwan Prancis itu mengunggah foto sosis babi yang disebutkan sebagai bintang diangkasa

Polhukam | 12:09 WIB

Salah satunya berbahaya jika mengosumsi kentang mentah

Trand | 11:07 WIB

UMKM menjadi salah satu indikator penting dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional melalui kontribusinya terhadap sektor esensial.

Makro | 10:22 WIB

Brigjen Pol Krishna Murti bertanya kenapa dukun delalu disebut orang pinter

Trand | 10:09 WIB

Bungkus rokok di meja Aura Kasih bikin salfok

Trand | 09:49 WIB

Konflik saudara kembar Tasyi Athasyia dan Tasya Farasya harus segera berakhir

Trand | 09:10 WIB

Lina Mukherjee menyebutkan hal itu usai Saipul Jamil mengaku hanya teman dekat dengannya

Trand | 08:26 WIB
Tampilkan lebih banyak