PLN Selesaikan Pengeboran Headrace Tunnel PLTA Asahan 3

Progres pembangunan PLTA Asahan 3 sudah mencapai 55,44 persen

ARR Vaujie M
Senin, 06 Juni 2022 | 06:53 WIB
PLN Selesaikan Pengeboran Headrace Tunnel PLTA Asahan 3
web.pln.co.id

TANTRUM - Operasional pembangkit berbasis energi terbarukan (EBT) terus dipacu oleh PT PLN (Persero). Itu dilakukan guna meningkatkan bauran energi dan mencapai target net zero emission pada tahun 2060. 

Salah satu EBT yang telah rampung digarap oleh perusahaan listrik negara ini adalah proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan 3 berkapasitas 2 x 87 megawatt (MW) di Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Menurut Wiluyo Kusdwiharto, Direktur Mega Proyek dan EBT, saat ini progres pembangunan PLTA Asahan 3 sudah mencapai 55,44 persen.

Salah satu capaian terpenting dalam konstruksi pembangkit ini adalah selesainya pengeboran terowongan jalur air atau lebih dikenal dengan headrace tunnel.

“Saya sangat bersyukur dalam kesempatan kali ini dapat menghadiri seremonial target milestone yang sangat dinantikan yaitu breakthrough headrace tunnel dengan total panjang 7,75 kilometer (km) yang merupakan critical path pada proyek ini,” ujar Wiluyo dicuplik dari web.pln.co.id, Senin, 6 Juni 2022.

Wiluyo berharap pembangkit ini sudah bisa beroperasi pada Maret 2024. Sehingga dapat meningkatkan keandalan pada sistem kelistrikan Sumatera bagian utara.

Wiluyo menambahkan dengan beroperasinya PLTA Asahan 3 ini akan menurunkan biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik di Sistem Sumatera.

Sehingga diproyeksikan terdapat potensi penghematan dalam kurun waktu beroperasinya PLTA Asahan 3 tersebut.

“Selain itu, dengan beroperasinya PLTA Asahan 3 yang memanfaatkan pasokan air dari Danau Toba berpotensi memberikan kenaikan kontribusi energy mix dari EBT sekitar 1,5 persen,” kata Wiluyo.

PLTA Asahan 3 mendapatkan penghargaan dari organisasi konsultan internasional FIDIC sebagai 'Highly Commended Project Of The Year 2021'.

PLTA Asahan 3 ini telah menggunakan aplikasi 'Building Information Modelling' yang diharapkan memberikan manfaat yang sangat signifikan bagi manajemen aset pengelolaan PLTA Asahan 3 nantinya.

Korporasi

Terkini

Menurut penjelasan dalam Primbon Jawa, Khodam leluhur pada dasarnya diwariskan dari para tetua (pendahulu) kepada keturunannya.

Trand | 17:40 WIB

Dengan belanja subsidi dan juga kompensasi, pemerintah berharap daya beli masyarakat terjaga dan laju inflasi nasional terus terkendali.

Makro | 17:36 WIB

Doa ini harus dibaca dengan benar agar mendapatkan keturunan yang baik

Trand | 17:11 WIB

Lima wilayah percontohan bebas buta huruf Alquran di Sukajadi antara lain, RT 03 RW 02 Kelurahan Sukagalih, RT 06 RW 07 Kelurahan Pasteur, dan RT 05 RW 03 Kelurahan Sukabungah.

Polhukam | 16:58 WIB

Dirjen terkait di Kementerian ATR/BPN sedang memeriksa dan mengkaji pengaduan yang disampaikan Sawit Watch.

Polhukam | 16:15 WIB

Presiden Joko Widodo, mengungkapkan tingginya harga tiket pesawat dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022.

Makro | 16:02 WIB

Usai salat Jumat Tim Khusus berencana mempublikasikan perkembangannya

Polhukam | 15:48 WIB

Terdapat pula hadist tentang larangan menyiksa kucing

Trand | 15:05 WIB

Cokelat beberapa kali sempat berganti-ganti personel. Setelah kepergian Kikan dari band itu, posisi vokalis sempat diisi oleh Sarah Hadju, Jackline Rossy, dan Aiu Ratna.

Trand | 14:38 WIB

Berhubungan seks usai bangun tidur membantu meningkatkan daya ingat

Trand | 14:03 WIB

Memelihara kucing dapat mendatangkan manfaat kesehatan secara fisik dan emosional

Trand | 13:42 WIB

BI menegaskan, seluruh uang rupiah kertas maupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran sah

Makro | 13:42 WIB

Salah satu manfaatnya yakni menurunkan berat badan

Trand | 13:19 WIB

TNI mengungkapkan Brigadir Jenderal NA sebagai pelaku penembak mati kucing-kucing di Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI) di Jalan RAA Martanegara, Bandung.

Polhukam | 12:34 WIB

"Harga tiket pesawat melambung, sudah saya langsung reaksi, Pak Menteri Perhubungan segera selesaikan," kata Presiden

Makro | 12:10 WIB
Tampilkan lebih banyak