Ekonomi Sirkular Pastikan Tanggung Jawab Korporasi Pada lingkungan Hidup

Model ekonomi sirkular sesungguhnya belum sepenuhnya diterapkan di Indonesia, tapi ia yakin mau tidak mau Indonesia akan mengimplementasikan ekonomi hijau dan ekonomi sirkular.

ARR Vaujie M
Senin, 30 Mei 2022 | 10:13 WIB
Ekonomi Sirkular Pastikan Tanggung Jawab Korporasi Pada lingkungan Hidup
suara.com

TANTRUM - Ekonomi sirkular diyakini menjadi kunci melestarikan Bumi. Ekonomi sirkular ini, merupakan model industri baru yang berfokus pada pengurangan sampah (reduce), penggunaan kembali (reuse) dan daur ulang (recycle). 

"Saat ini dunia usaha menyadari pentingnya tanggung jawab yang berkelanjutan bagi keberlangsungan komunitas dan lingkungan. Sementara konsumen secara global juga mulai sadar dan khawatir dengan krisis bumi dan krisis iklim, yang membuat mereka semakin menuntut produk dan model bisnis yang ramah lingkungan," Pemerhati lingkungan Dr Alexander Sonny Keraf di Jakarta, Senin, 30 Mei 2021.

Ia menyebut model ekonomi sirkular sesungguhnya belum sepenuhnya diterapkan di Indonesia, tapi ia yakin mau tidak mau Indonesia akan mengimplementasikan ekonomi hijau dan ekonomi sirkular.

Sonny mencontohkan praktik ekonomi sirkular adalah penerapan extended producer responsibility, atau tanggung jawab produsen yang lebih luas, khususnya menyangkut sampah atau limbah.

Ia menilai, kelama ini telah terjadi salah kaprah karena menganggap sampah merupakan tanggung jawab konsumen. Sehingga masyarakat konsumen lah yang didesak untuk memilah, mengumpulkan, dan membuang sampah di tempatnya."

"Kita lupa bahwa sampah itu sumbernya dari produsen juga, khususnya sampah industri atau sampah kebutuhan konsumsi, seperti botol dan kotak minuman kemasan," ujar Sonny. 

Maka dalam ekonomi sirkular, ada kewajiban produsen untuk mengelola sampahnya sejak awal, yaitu saat mendesain atau merancang barang yang akan diproduksi.

"Kalau dia sudah merancangnya sejak awal, maka ia akan memilih bahan baku kemasan yang tidak akan menimbulkan sampah. Atau mereka akan bertanggung jawab untuk mengumpulkan kembali sampah plastik atau kardus yang menjadi sisa-sisa dari produksinya," jelas Sonny.

Langkah tersebut menurutnya juga membutuhkan kolaborasi berbagai pihak termasuk stake holder dan masyarakat khususnya konsumen, agar memiliki kesadaran untuk ikut berpartisipasi dengan cara memilah sampah sesuai dengan pengelompokannya, sehingga membantu memudahkan proses daur ulang.

Saat ini, mulai telah tumbuh kesadaran pada pelaku industri di Tanah Air untuk tidak semata memikirkan profit, tapi juga planet, salah satunya adalah inisiatif yang dilakukan oleh Danone Indonesia.

Perusahaan ini menurut Sonny memiliki nilai kepedulian mengumpulkan kemasan plastik paska konsumsi untuk kemudian diolah kembali dijadikan bahan baku kemasan mereka, atau untuk produk berbeda yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Kemasan produk berbahan plastik itu bisa diproduksi ulang untuk kebutuhan yang lain, atau dikirim ke produsen pemilik merek untuk dipakai kembali sebagai bahan baku sehingga mengurangi pengerukan sumber daya alam," katanya.

Trand

Terkini

Ruang mediasi untuk mengurangi perkara di pengadilan tersebut terletak di Jalan Tera No. 20 Bandung.

Polhukam | 23:02 WIB

Pasar Kreatif Kota Bandung tersebut baru dilaksanakan pada 5 mal, target sudah mencapai Rp 6,5 miliar. Sisanya 1 mal yakni di Paskal 23 dengan target Rp 2 miliar.

Korporasi | 22:03 WIB

Timsus Polri menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah penembakan terhadap saudara Brigadir J atas perintah FS. Tidak ada baku tembak.

Polhukam | 21:04 WIB

Ferdy Sambo, RR, dan KM dijerat dengan Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana Subsider Pasal 338 Juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Polhukam | 20:04 WIB

Bharada E menulis dari awal bahwa yang melakukan adalah yang bersangkutan dan dengan dilengkapi dengan cap jempol dan materai.

Polhukam | 19:54 WIB

Pada saat pendalaman dan olah TKP ditemukan ada hal-hal yang menghambat proses penyidikan , sehingga muncul dugaan hal-hal yang ditutup dan direkaysa.

Polhukam | 19:10 WIB

Terminal Kijing adalah pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan dengan kapasitas hingga 1,95 juta TEUs kontainer dan 28 juta ton barang.

Makro | 18:03 WIB

Jangan ada pihak yang mencoba-coba mengaburkan atau bahkan menutup-nutupi kasus yang sudah menjadi perhatian publik tersebut.

Polhukam | 17:27 WIB

Sebelum jadwal pemeriksaan Ferdy Sambo, Komnas HAM mengagendakan permintaan keterangan terkait uji balistik dengan Tim Khusus (Timsus) Polri pada Rabu (10/8).

Polhukam | 15:46 WIB

Home Clinic merupakan platform digital penyedia jasa layanan kesehatan. Didukung oleh tenaga kesehatan yang mumpuni, Home Clinic cepat menghampiri pasien.

Korporasi | 15:06 WIB

Tindakan warga Yahudi itu 'pelanggaran serius terhadap hukum internasional.'

Polhukam | 14:47 WIB

Sebelumnya, batasan fitur hapus pesan hanya 1 jam 8 menit

Korporasi | 13:47 WIB

Pesulap Merah menghuni rumah sederhana namun nyaman

Trand | 12:52 WIB

"Sejak awal saya sampaikan usut tuntas. Jangan ragu-ragu. Jangan ada yang ditutup-tutupi, ungkap kebenaran apa adanya," tegas Presiden.

Polhukam | 12:04 WIB

Kiyoshi Kobayashi adalah pengisi suara Daisuke Jigen Lupin III

Polhukam | 11:48 WIB
Tampilkan lebih banyak