Tes PCR Gratis, Cara Pemerintah Sayangi Jemaah Haji Jabar

Program ini berupa tes PCR gratis kepada calon jemaah haji

ARR Vaujie M
Kamis, 26 Mei 2022 | 15:55 WIB
Tes PCR Gratis, Cara Pemerintah Sayangi Jemaah Haji Jabar
suara.com

TANTRUM - Program 'Jabar Nyaah ka Jamaah' salah satu bentuk kasih sayang Pemprov Jawa Barat agar seluruh calon haji dapat bertolak ke tanah suci Mekkah.  

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Ryan Bayusantika Ristandi, program ini berupa tes PCR gratis kepada calon jemaah haji 10 -14 hari sebelum keberangkatan.

"Pemerintah Arab Saudi mensyaratkan 3x24 jam hasil negatif, usia di bawah 65 tahun dan minimal dua kali vaksin COVID-19," ujar Ryan, Bandung, Kamis, 26 Mei 2022.

Ryan mengatakan sedangkan Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan mensyaratkan hasil negatif satu hari sebelum keberangkatan.

Ryan menjelaskan tes PCR gratis tersebut dapat dilakukan di daerah masing - masing calon jemaah haji.

"Untuk mencegah gagal berangkatnya calon haji yang dinyatakan positif pada satu hari sebelum keberangkatan tersebut," kata Ryan.

Untuk memastikan para calon haji asal Jawa Barat terbebas dari virus Corona, maka harus menjalani tes PCR dari 10 - 14 hari sebelum keberangkatan.

Ryan mengaku kebijakan tersebut diambil untuk mengantisipasi jika ada calon haji yang dinyatakan positif pada 10 - 14 hari sebelum keberangkatan, maka masih ada waktu untuk isolasi dan penyembuhan. 

"Jadi ini adalah bentuk antisipasi jauh hari sebelumnya. Ketika dilakukan tes PCR lagi satu hari sebelum keberangkatan, diharapkan hasilnya sudah negatif," ucap Ryan. 

Ryan menegaskan, calon haji yang telah melakukan tes PCR baik hasilnya negatif ataupun positif jauh hari, disarankan tidak melakukan kontak dengan orang lain selama 14 hari sebelum keberangkatan.

Tujuannya agar terhindar dari kemungkinan penularan COVID-19.

"Makanya diimbau calon haji tidak melakukan walimah safar, bepergian atau interaksi yang lainnya," ungkap Ryan.

Kebijakan tersebut sudah disambut baik oleh Pemerintah kabupaten dan kota. Adapun pelaksanaan tes PCR tersebut tidak dikenakan biaya tambahan. 

Ryan menambahkan, terobosan tes PCR 10 - 14 hari sebelum keberangkatan itu diapresiasi oleh daerah lain, dan Provinsi Jawa Barat yang pertama kali melakukannya. 

"Kita kan mempunyai forum P2P se-Indonesia, mereka mengapresiasi kebijakan ini dan akan mencontoh," katanya. 

Calon jemaah haji asal Jabar tahun 2022 sebanyak 17.566 jemaah dibagi ke dalam 44 kloter. Kloter pertama dari Depok, rencananya diberangkatkan pada 4 Juni 2022. 

Makro

Terkini

Tidak ada peringatan dini soal cuaca buruk

Polhukam | 07:06 WIB

Rute long march Gerindra-PKB muali dari Masjid Sunda Kelapa dan berakhir di kantor KPU

Polhukam | 06:30 WIB

Aksi Gus Samsudin itu membuat netizen emosi

Polhukam | 06:11 WIB

Ajudan istri Ferdy Sambo disangkakan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Polhukam | 05:54 WIB

Salah satunya adalah arsenik

Trand | 04:43 WIB

Orang tua pun harus paham penyebab atau alasan anak tidak betah di rumah. Ada beberapa alasan mengapa anak jadi tidak betah di rumah sehingga lebih sering keluyuran di luar.

Trand | 23:59 WIB

Fitur baru WhatsApp ini akan diberi nama sebagai login approval dan pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo.

Korporasi | 22:03 WIB

Selain sebagai bahan tepung untuk membuat aneka kue, seperti tepung terigu dan sebangsanya, tanaman sorgum juga memiliki banyak manfaat. Daunnya bisa sebagai pakan ternak, batangnya untuk bahan meubel.

Korporasi | 21:01 WIB

AFC menyatakan tidak ada yang salah dalam laga Vietnam dan Thailand. Karena itu, Indonesia harus berlapang dada.

Polhukam | 20:04 WIB

Tasya Farasya memang terlahir dari keluarga yang tajir melintir.

Trand | 19:07 WIB

Pengacara Bharada E, Muhammad Boerhanuddin mengatakan bahwa kliennya terlihat sangat lega saat memberikan nama-nama polisi yang diduga terlibat dalam kasus kematian Brigadir J.

Polhukam | 18:06 WIB

Posisi menyusui yang benar dan nyaman bagi kedua pihak adalah salah satu cara untuk memastikan kalori bayi tercukupi lewat ASI.

Trand | 17:09 WIB

Mimpi melihat ular hitam isyaratkan adanya ancaman tersembunyi

Trand | 16:09 WIB

Pelatih Persib Robert Albert mengaku sangat mewaspadai motivasi tambahan pemain Borneo FC pada pertandingan ini.

Polhukam | 15:01 WIB

Setelah dipermalukan Madura United di Bandung, 1-3 dan ditahan imbang 2-2 oleh Bhayangkara FC, Persib sedang berjuang meraih 3 poin pertamanya di Liga 1 dengan lawan Borneo FC.

Polhukam | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak