Posisi Indonesia di SEA Games Vietnam Sesuai Target Jokowi

Indonesia mengakhiri perjuangan di SEA Games 2021 dengan menempati posisi ketiga klasemen akhir. Tim Indonesia menuai 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

ARR Vaujie M
Senin, 23 Mei 2022 | 13:39 WIB
Posisi Indonesia di SEA Games Vietnam Sesuai Target Jokowi
NOC Indonesia

TANTRUM - Indonesia menutup pesta olahraga kawasan Asia Tenggara dengan posisi berada di atas Filipina (51-71-104) serta Singapura (47-46-73). Tuan rumah Vietnam di urutan teratas dengan 206-124-113, disusul Thailand dengan 92 emas, 101 perak, 135 perunggu. 

Indonesia mengakhiri perjuangan di SEA Games 2021 dengan menempati posisi ketiga klasemen akhir. Tim Indonesia menuai 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Tim Indonesia Berangkat dengan skuad yang sangat terseleksi, pasukan Merah Putih yang dipimpin Ferry Kono membuktikan capaian membanggakan di SEA Games 2021 Vietnam.

Secara bergelombang pejuang olahraga mulai tiba di tanah air, setelah bertarung untuk mengharumkan dan mengibarkan bendera Merah Putih di Vietnam.

Ketua National Olympic Committee) Indonesia, Raja Sapta Oktohari menyambut kepulangan para atlet yang berlaga di SEA Games 2021 Vietnam, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (23/5). 

Okto semringah melihat kalungan medali yang tersemat pada leher para atlet Indonesia dan merasa bangga dengan capaian yang diraih pada SEA Games kali ini. 

"Saya atas nama pribadi atau NOC saya berterima kasih atas perjuangan sehingga berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih di Vietnam," jelas Okto.

"Kita semua bangga akhirnya bisa mencapai apa yang diamanahkan Presiden Indonesia yakni peringkat tiga SEA Games 31 Vietnam. Ini semua tidak terlepas dari bantuan dan dukungan semua pihak," sambungnya.

Okto mengapresiasi perjuangan para atlet yang mendulang lebih dari satu medali. Ia menilai, capaian tersebut membuat masyarakat Indonesia bahagia.

"Hari ini mata saya cukup silau dengan kilauan cahaya dari medali yang ada di leher. Sekaligus, telinga saya senang mendengar gemericik dari medali yang lebih dari satu. Selain silau, kebisingan ternyata juga membahagiakan 270 juta masyarakat Indonesia.

Pada SEA Games 2013 di Nay Pyi Taw, Indonesia memberangkatkan 621 atlet dan berakhir di peringkat 4. Selanjutnya Singapura (2015-peringkat 5-525 atlet), Kuala Lumpur (2017-Peringkat 4-535 atlet), dan Manila (2019-peringkat 4-837 atlet). 

“Saya bangga bisa menjadi CdM Indonesia untuk SEA Games ke-31, saat semua orang meragukan kita. Namun dengan tim kecil ini kita dapat menunjukkan bahwa kita bisa di posisi tiga besar klasemen akhir,” kata Ferry, Senin (23/05).

Tim Indonesia, dikatakan Ferry, tidak mematok target peringkat di SEA Games Vietnam. Sebab, partisipasi di SEA Games kali ini merupakan solidaritas kepada Vietnam sebagai negara di kawasan ASEAN yang sudah lama tidak menyelenggarakan multievent ini sejak 2003.  

"Namun, mengatakan bukan berarti atlet-atlet Indonesia tidak berjuang," katanya. 

Polhukam

Terkini

Kornea mata dari kolagen babi itu dapat pula memulihkan penglihatan yang minim

Trand | 06:03 WIB

Dalam keyakinan Jawa, Khodam leluhur pada dasarnya diwariskan dari para tetua (pendahulu) kepada keturunannya.

Trand | 22:34 WIB

Produksi ini hasil kerja sama antara Erajaya Group dengan Nokia

Korporasi | 20:41 WIB

Matahari kehilangan energi bersamaan kehilangan massa

Trand | 17:37 WIB

Asbes pemicu kanker diduga ada dalam kandungan bedak bayi Johnson

Polhukam | 16:14 WIB

Buntut dari kasus pembunuhan Brigadir Yosua

Polhukam | 15:47 WIB

Kim Seokjin alias Jin menyibukan diri dengan profesi barunya sebagai karyawan

Trand | 15:04 WIB

Tea set yang hampir mirip dengan milik Raffi Ahmad dibanderol seharga sekitar Rp19 juta di situs resmi Hermes

Trand | 14:52 WIB

Salman Rushdie adalah penulis yang pernah dikecam oleh dunia Muslim karena dianggap menghina Nabi Muhammad

Polhukam | 13:32 WIB

Dittipidum Bareskrim Polri telah menggugurkan laporan dugaan pelecehan yang dilaporkan oleh Putri Candrawathi

Polhukam | 12:41 WIB

Kanker paling umum keenam yang terjadi pada wanita

Trand | 12:05 WIB

Virus polio ini menyebar diam-diam di antara orang-orang yang tidak divaksinasi

Polhukam | 11:46 WIB

"Merdeka Indonesia, Merdeka dari Jalan Rusak"

Polhukam | 11:03 WIB
Tampilkan lebih banyak