Bandung Harus Punya Layanan Penanganan Usaha Bunuh Diri

Di Indonesia setiap tiga menit satu orang bunuh diri

ARR Vaujie M
Minggu, 22 Mei 2022 | 13:47 WIB
Bandung Harus Punya Layanan Penanganan Usaha Bunuh Diri
suara.com

TANTRUM - Layanan penanganan usaha bunuh diri harus dimiliki oleh Kota Bandung, Jawa Barat. Penyebabnya adalah kerap kali terdapat usaha percobaan serupa setiap tahunnya.

Berdasarkan data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Kejiwaan Indonesia Daerah Jawa Barat, bahkan terdapat kejadian bunh diri secara beruntun pada tahun 2017.

Kejadian pertama pada Senin, 24 Juli 2017 di apartemen Gateaway, Cicadas, dua perempuan yang masih satu keluarga melompat dari lantai 5 berakibat meninggal dunia.

Sedangkan pada 27 Juli 2017 seorang pria, melompat dari flyover Pasupati yang berakibat luka - luka, namun usai dirawat di rumah sakit dinyatakan meninggal dunia.

Menurut anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Kejiwaan Indonesia Daerah Jawa Barat Teddy Hidayat, maraknya kasus bunuh diri yang terjadi dalam waktu berdekatan dianggap sebagai kondisi darurat.

"Harusnya Kota Bandung ini ada yang namanya suicide prevention center atau pusat pencegahan usaha bunuh diri. Pusat seperti ini sampai hari ini, juga belum kelihatan meski ada beberapa LSM melakukan itu tapi jangkauannya terbatas," ujar Teddy Hidayat ditulis Bandung, Minggu, 22 Mei 2022.

Teddy Hidayat mengatakan keberadaan pusat pencegahan usaha bunuh diri keberadaannya dianggap penting. Karena dapat melayani konsultasi seseorang yang berencana bunuh diri karena depresi.

Teddy menjelaskan jika orang yang terkena depresi sudah menceritakan keinginan dan masalahnya, maka resiko melakukan bunuh diri pun akan menurun.

"Jadi yang penting biasanya kalau kita bisa komunikasi dengan orang itu. Dengan upaya komunikasi itulah mengajak para korban ini untuk tidak melakukan tindakan itu (bunuh diri)," kata Teddy.

Untuk menekan percobaan bunuh diri di Kota Bandung, perkumpulannya bersama Palang Merah Indonesia dan LSM tengah merancang sistem pelayanan penanganan usaha bunuh diri.

Teknis pelaksanaannya dilapangan dilakukan sepenuhnya oleh PMI. Layanan tersebut dilengkapi juga dengan call center 119 seperti layanan kesehatan oleh Dinas kesehatan.

"Jika terjadi situasi emergency seperti itu (percobaan bunuh diri), sekitar 10 menit orang kita sudah datang ke lokasi," tambah Teddy.

Dipilihnya PMI untuk menangani langsung kejadian percobaan bunuh diri, karena dianggap telah memiliki kompetensi. Tetapi bisa juga dilakukan oleh petugas polisi yang selama ini kerap kali datang awal di lokasi kejadian.

Sayangnya, belum diketahui kompetensi kepolisian dalam menangani atau bernegosiasi dengan orang - orang yang depresi atau psikotic.

"Mereka kan kan engga pernah dilatih. Polisi itu tugas globalnya nangkep penjahat tapi nanganin yang depresi atau psikotik barangkali perlu pelatihan lagi," jelas Teddy.

Lokasi ketinggian merupakan akses termudah bagi seseorang yang dilanda depresi berat dan pasien psikotik untuk melakukan hal tersebut.

Teddy mengungkapkan bunuh diri paling banyak dilakukan adalah dengan gantung diri atau dengan minum cairan beracun.

"Tapi sebenarnya cara bunuh diri itu lebih ditentukan oleh dengan mudahnya akses untuk mendukung hal tersebut," ungkap Teddy.

Teddy mengatakan istilah terjun dengan ketinggian, sangat memudahkan pelaku percobaan bunuh diri. Apalagi kata Teddy yang tinggal di apartemen akan lebih mudah dilakukan saat memiliki ide bunuh diri.

Teddy menjelaskan agar usaha bunuh diri itu tidak terlaksana, seseorang yang memiliki resiko gangguan kejiwaan sebaiknya tidak tinggal di tempat yang tinggi.

"Kan loncat dari ketinggian itu kan paling gampang," tukas Teddy.

Dia menambahkan dari 40 persen pasien depresi, mempunyai ide bunuh diri dan 15 persen diantaranya berhasil melakukannya.

Berdasarkan data yang dimiliki perkumpulannya di Indonesia setiap tiga menit, satu orang bunuh diri. Sehingga dalam satu hari terdapat 5.500 orang yang melakukan hal serupa.

"Dalam setahun angkanya mencapai 1,5 juta orang," sebut Teddy. 

Trand

Terkini

Larangan ini akan mendorong China untuk berinvestasi lebih banyak di India

Makro | 14:26 WIB

Daihatsu Sigra berhasil terjual sebanyak 26.727 unit, atau berkontribusi 25 persen, disusul Gran Max Pick Up sebanyak 24.839 unit atau 23,2 persen, dan Xenia dengan raihan 14.124 unit atau 13,2 persen.

Korporasi | 13:10 WIB

Posisi Rusia yang berprinsip dan konsisten, tercermin dalam resolusi yang relevan dari Majelis Umum PBB

Polhukam | 12:41 WIB

Untuk jenis aset kripto di luar daftar, wajib dilakukan delisting oleh calon pedagang fisik aset kripto dengan diikuti langkah penyelesaian bagi setiap pelanggan aset kripto.

Makro | 11:37 WIB

Tato Maria Vania bikin netizen main tebak-tebakan

Trand | 10:05 WIB

Sukses dengan drama romance Crash Landing On You pada tahun 2019, Hyun Bin berperan sebagai seorang perwira tinggi dari Korea Utara.

Trand | 09:43 WIB

Motif pembunuhan Brigadir J masih misteri

Polhukam | 09:19 WIB

Pilihan sang istri ini malahan membuat suaminya puas

Trand | 09:04 WIB

Masyarakat Indonesia harus memiliki pemahaman bahwa interaksi di dunia maya atau internet harus diperlakukan sama seperti halnya masyarakat berkomunikasi di dunia nyata.

Trand | 08:41 WIB

Alasan Menko Mahfud agar Bharada E selamat dari penganiayaan, racun atau apapun

Polhukam | 08:29 WIB

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan motif penembakan terhadap Brigadir J atau Nopryansah Yosua Hutabarat nantinya bakal disampaikan oleh Polri.

Polhukam | 08:03 WIB

Kondisi cuaca itu akan berpeluang dengan angin kencang di antara waktu siang menjelang sore hingga malam hari

Polhukam | 07:46 WIB

Dalam peristiwa penembakan Brigadir J, tim khusus telah menetapkan empat orang sebagai tersangka, yakni Sambo, Bharada E, Bribka RR, dan KM.

Polhukam | 07:42 WIB

Aktivitas akan terasa mudah dan ringan apabila diawali dengan doa

Trand | 07:30 WIB

Gus Samsudin tampak sedang berada di bandara bersiap untuk naik pesawat. Ia mengaku sedang siap tempur.

Polhukam | 07:04 WIB
Tampilkan lebih banyak