Pasien RSHS Meninggal, Wali Kota Minta Seluruh Faskes Sigap

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengunjungi keluarga pasien meninggal di RSHS yang videonya viral di media sosial.

ARR Vaujie M
Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:27 WIB
Pasien RSHS Meninggal, Wali Kota Minta Seluruh Faskes Sigap
Humas Bandung

TANTRUM - Seluruh fasilitas kesehatan atau rumah sakit di Bandung diingatkan agar sigap melayani semua pasiennya. Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengingatkan fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Bandung terus memberi pelayanan terbaik pada masyarakat, tanpa membeda-bedakan jenis fasilitas kesehatan yang dimiliki pasien.

Hal itu ditegaskan Yana Mulyana usai mengunjungi kediaman Arif Susanto (36) di Gang Laksana, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Sabtu (21/5/2022). Kunjungan Yana bertujuan menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya Asih Sekarningsih (34) di saat dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Senin (16/5).

“Kami datang ke sini bukan mencari siapa yang salah atau siapa yang benar. Ini bentuk simpati kami, dan kami berharap ini jadi pelajaran bagi kita semua,” kata Yana Mulyana.

“Pemerintah Kota Bandung menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Ibu Asih. Ini Qadarullah. Semoga pak Arif dan keluarga bisa menerimanya dengan sabar. Kita doakan Ibu Asih diterima iman Islamnya, diwafatkan dalam keadaan khusnul khatimah,” ucap Yana.

Yana berharap, kejadian wafatnya Asih menjadi yang terakhir dan tidak sampai terulang lagi.

Meninggalnya Asih di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung sempat viral di media sosial. Video ini menyatakan bahwa Asih tidak mendapatkan pelayanan yang semestinya. Oksigen medis dibiarkan habis, meskipun sudah dimintakan kepada petugas.

RSHS telah membenarkan bahwa pasien tersebut memang dirawat di rumah sakit pelat merah tersebut. Tetapi Yana Akhmad, Plh Direktur Utama RSHS menegaskan bahwa RSHS telah melayani pasien sesuai standar dan prosedur pelayanan.

Yana juga menyatakan bahwa pasien tidak mengalami kehabisan oksigen medis, ini dapat dilihat dari adanya beberapa tabung oksigen yang ada di ruangan pasien.  

“Jadi sekali lagi okeigen yang diberikan kepada pasien tidak habis. Oksigen di RSHS cukup banyak tersedia malah kita punya generator oksigen,” kata Yana, saat memberikan keterangan kepada pers secara virtual, Jumat (21/5/2022).

“Selanjutnya keluarga pasien sejak datang ke IGD sudah dialukan prosedur, SOP, sudah dijelaksan diedukasi mengenai kondisi pasien sebenarnya, dan apa yANg bisa kami lakukan, terkait penyakit yang diderita pasien. Kami simpati ke keluarga degan kondisi akhir dari pasien tersebut,” katanya.

Makro

Terkini

Home Clinic merupakan platform digital penyedia jasa layanan kesehatan. Didukung oleh tenaga kesehatan yang mumpuni, Home Clinic cepat menghampiri pasien.

Korporasi | 03:06 WIB

Dekranasda Kota Bandung menjanjikan banyak keuntungan jika para pelaku usaha mau gabung.

Korporasi | 02:03 WIB

Sebagai pengingat, langkah untuk melakukan pembayaran PBB lewat layanan QRIS adalah dengan memindai kode (barcode) di laman SPPT wajib pajak. Setelah dipindai, wajib pajak bisa memastikan data secara rinci mengenai data PBB.

Korporasi | 00:59 WIB

Ruang mediasi untuk mengurangi perkara di pengadilan tersebut terletak di Jalan Tera No. 20 Bandung.

Polhukam | 23:02 WIB

Pasar Kreatif Kota Bandung tersebut baru dilaksanakan pada 5 mal, target sudah mencapai Rp 6,5 miliar. Sisanya 1 mal yakni di Paskal 23 dengan target Rp 2 miliar.

Korporasi | 22:03 WIB

Timsus Polri menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah penembakan terhadap saudara Brigadir J atas perintah FS. Tidak ada baku tembak.

Polhukam | 21:04 WIB

Ferdy Sambo, RR, dan KM dijerat dengan Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana Subsider Pasal 338 Juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Polhukam | 20:04 WIB

Bharada E menulis dari awal bahwa yang melakukan adalah yang bersangkutan dan dengan dilengkapi dengan cap jempol dan materai.

Polhukam | 19:54 WIB

Pada saat pendalaman dan olah TKP ditemukan ada hal-hal yang menghambat proses penyidikan , sehingga muncul dugaan hal-hal yang ditutup dan direkaysa.

Polhukam | 19:10 WIB

Alasannya waktu jam yang terukur tidak sama dengan waktu yang dirasakan oleh pikiran manusia

Trand | 17:41 WIB

Jangan ada pihak yang mencoba-coba mengaburkan atau bahkan menutup-nutupi kasus yang sudah menjadi perhatian publik tersebut.

Polhukam | 17:27 WIB

Terbaru ada Sooyoung SNSD jadi perawat di If You Wish Upon Me

Trand | 16:29 WIB

Sebelum jadwal pemeriksaan Ferdy Sambo, Komnas HAM mengagendakan permintaan keterangan terkait uji balistik dengan Tim Khusus (Timsus) Polri pada Rabu (10/8).

Polhukam | 15:46 WIB

Hasil studi menjelaskan gula darah turun usai berjalan kaki

Trand | 15:33 WIB

Tindakan warga Yahudi itu 'pelanggaran serius terhadap hukum internasional.'

Polhukam | 14:47 WIB
Tampilkan lebih banyak